Tabungan Terbaik di Indonesia

Pilih beragam produk tabungan untuk investasi dengan cara aman dan mudah. Dapatkan suku bunga tinggi dari tabungan reguler, tabungan anak, tabungan bisnis dan tabungan haji dari bank-bank terbaik di Indonesia. Ajukan sekarang juga!

Daftar online sekarang untuk

KreditGoGo akan membantu Anda di proses aplikasi.

Dengan memberikan informasi, Anda setuju dengan persyaratan dan ketentuan kami.  Kami menghormati kerahasiaan informasi Anda dan kami akan selalu akan menjaga dan bertanggung jawab atas informasi pribadi Anda.

Anda hampir menyelesaikan formulir aplikasi untuk

Untuk dapat membantu Anda kami diharuskan mengetahui lebih tentang formulir aplikasi Anda
Ajukan

Silahkan isi semua bidang dan masukkan email yang sahih.

Terima kasih telah mendaftar ke KreditGoGo!

Kami telah mengirimkan email yang bertujuan untuk membantu Anda dalam proses aplikasi.

Jika ada pertanyaan, silakan kirim melalui tanya@kreditgogo.com, kami akan dengan senang hati membantu.

Ikuti kami dan raih kesempatan untuk mendapatkan penawaran dan promosi yang menarik.

Informasi Penting Tabungan

Definisi Tabungan

Tabungan adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut Syarat tertentu yang disepakati, tetapi tidak dapat ditarik dengan cek, bilyet giro, dan atau alat lainnya yang dipersamakan dengan itu. (Sumber : Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1998 Tentang Perbankan).

Keuntungan Memiliki Tabungan

  • Dana Tabungan Dijamin Keamanannya

Dana Tabungan Anda di Bank Peserta Penjaminan, dijamin hingga Rp 2 Milyar oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS),Kemudahan Transaksi Pembayaran

  • Kemudahan Transaksi Pembayaran

Anda dapat melakukan pembayaran melalui transfer dengan menggunakan layanan internet banking maupun mobile banking dan kemudahan saat bertransaksi belanja dengan menggunakan layanan EDC yang disediakan oleh merchant (toko offline) kesayangan Anda.

  • Layanan Autodebet

Memberikan kemudahan dalam melakukan pembayaran tagihan rutin setiap bulannya sehingga Anda terhindar dari tunggakan tagihan.

  • Layanan Automatic Fund Transfer (AFT)

Anda dapat melakukan transfer dana rutin secara otomatis baik kepada keluarga maupun partner bisnis.

  • Mendapatkan Manfaat Bunga Tabungan

Beberapa Bank memberikan suku bunga tabungan yang cukup kompetitif hampir menyamai suku bunga deposito

Suku Bunga Tabungan

Besarnya suku bunga tabungan tiap bank berbeda-beda.Namun pada dasarnya besaran bunga ini akan ditentukan langsung oleh Bank Indonesia dan sekaligus diawasi penerapannya di dalam setiap bank. Tiga jenis metode perhitungan suku bunga bank pada tabungan, yaitu :

1. Perhitungan Bunga Bank Berdasarkan Saldo Terendah

Bunga = (Jml saldo terendah x suku bunga % x jml hari pd bulan laporan) / Jml hari dalam 1 tahun

2. Perhitungan Saldo Berdasarkan Rata-Rata

Bunga = (Saldo rata-rata harian x suku bunga % x jml hari pd bulan berjalan)/Jml hari dalam 1 tahun

3. Perhitungan Bunga Bank Berdasarkan Saldo Harian

Bunga = (Saldo harian x suku bunga % x jml hari pd bulan berjalan)/Jml hari dalam 1 tahun

Jenis - Jenis Tabungan

  • Tabungan Konvensional

Tabungan basic yang banyak digunakan masyarakat Indonesia. Tabungan Konvensonal di Indonesia antara lain : Bank Mandiri TabunganMu, BCA Tabungan Tahapan Gold, Tabungan Bukopin Siaga, dan Tabungan CIMB Niaga Xtr dan Tabunganku yang diselenggarakan secara bersama oleh bank-bank di Indonesia atas himbauan Bank Indonesia untuk menumbuhkan budaya menabung,

  • Tabungan Berjangka

Tabungan yang dimana nasabah dapat memilih nilai setoran rutin setiap bulannya dengan periode tertentu sesuai dengan ketentuan dari bank. Tabungan berjangka termasuk ke dalam tabungan investasi dan memiliki suku bunga lebih tinggi dibandingkan tabungan biasa. Tabungan berjangka di Indonesia antara lain : Tabungan Rencana Mandiri, BRI Britama Rencana dan Bukopin Tabungan Rencana.

  • Tabungan Valuta Asing

Tabungan yang menggunakan mata uang asing seperti USD, GBP, EUR, SGD, JPY, HKD. Tabungan Valuta Asing memberikan suku bunga yang kompetitif dibandingkan dengan Tabungan Rupiah. Tabungan Valuta Asing di Indonesia antara lain CIMB Niaga Tabungan Xtra Valas, Maybank Super Valas, OCBC NISP Tanda Valas.

  • Tabungan Bisnis

Tabungan yang diperuntukkan untuk memudahkan kegiatan transaksi bisnis, seperti saham, giro ataupun bilyet. Contoh tabungan bisnis di antaranya adalah Bank Ekonomi Tabungan Ultra, CIMB Niaga Tabungan Usaha, Bank Mandiri Tabungan Investor.

  • Tabungan Payroll

Tabungan yang memberi kemudahan bagi perusahaan untuk melakukan pembayaran gaji karyawan setiap bulannya. Tabungan Payroll di Indonesia anatara lain : Mandiri Tabungan Payroll, Mayapada Tabungan My Payroll, BTN Tabungan Payroll.

  • Tabungan Anak

Tabungan yang diperuntukkan bagi anak-anak dengan usia maksimal 17 tahun. Tabungan ini bertujuan untuk membudayakan kegiatan menabung sejak dini. Tabungan Anak di Indonesia antara lain : BRI Britama Junio, CIMB Niaga Tabungan Junior, Bank Ekonomi Tabungan Eko Yunior.

  • Tabungan Syariah

Tabungan yang menggunakan prinsip syariah, dimana bank tidak memberikan keuntungan dalam bentuk bunga melainkan berdasarkan akad Wadiah atau titipan yang harus dijaga dan dikembalikan dan Mudharabah atau bagi hasil, (Sumber : Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998). Tabungan syariah di Indonesia antara lain : BSM Tabungan Kurban, BSM Tabungan Pensiun, Tabungan iB Hasanah BNI.

  • Tabungan Haji

Tabungan yang jenis simpanan dananya digunakan untuk persiapan ibadah haji. Departemen Agama telah bekerja sama dengan beberapa bank syariah untuk memudahkan masyarakat melakukan proses pendaftaran haji. Tabungan Haji di Indonesia antara lain : BRI Syariah Tabungan Haji iB, BNI Syariah Tabungan Haji dan CIMB Niaga Syariah Tabungan Pahala Haji.

Kemudahan Transaksi Perbankan Lainnya

Anda dapat menikmati layanan transaksi perbankan dengan menggunakan fasilitas-fasilitas berikut :

  • Kartu ATM/Debet

ATM (anjungan tunai mandiri) biasanya akan diberikan kepada nasabah tabungan untuk memudahkan transaksi pembayaran ataupun penarikan dana pada jaringan mesin ATM.

  • Uang Elektronik

Inovasi teknologi pembayaran untuk memudahkan transaksi pembayaran. Contoh uang elektronik : e-money dari Bank Mandiri.

  • RTGS (Real Time Gross Settlement)

Sistem transfer transaksi pembayaran yang dilakukan pertransaksi dan bersifat real time, dimana rekening peserta dapat didebet atau dikredit sesuai dengan perintah pembayaran dan penerimaan pembayaran.

  • SKNBI (Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia)

Sistem transfer dana elektronik yang meliputi kliring debet dan kliring kredit yang penyelesaian setiap transaksinya dilakukan secara nasional yang memakan waku lebih lama dari sistem transfer RTGS.

Biaya-Biaya Pada Tabungan

  • Biaya administrasi pembukaan rekening
  • Biaya administrasi bulanan
  • Biaya penutupan rekening
  • Biaya atm
  • Biaya buku rekening
  • Biaya materai
  • Biaya transfer antar bank
  • Biaya tarik tunai via teller
  • Banyak bank di Indonesia yang kini juga membebaskan nasabah dari biaya-biaya tersebut. Pada umumnya tiap bank berbeda-beda dalam menerapkan biaya-biaya pada rekening tabungan.

Syarat Mengajukan Tabungan

Secara umum syarat pengajuan untuk membuka tabungan adalah:.

  • Identitas Nasabah seperti fotokopi KTP/SIM/Paspor

Jika calon nasabah belum memiliki KTP. Untuk dokumen pengajuan tabungan anak, bank akan meminta persyaratan berupa KTP orang tua/wali, dan akta kelahiran calon penabung. Sedangkan untuk nasabah berstatus pelajar, dapat menggunakan identitas kartu pelajar dengan mendapatkan jenis tabungan khusus pelajar.

  • Mengisi formulir pembukaan rekening

Cara Mengajukan Pembukaan Rekening Tabungan

    • Calon nasabah memberikan tanda tangan basah pada formulir. Tanda tangan harus sesuai dengan KTP.
    • Apabila pengajuan disetujui, nasabah melakukan setoran awal sesuai ketentuan dari Bank.
    • Buku tabungan akan diberikan setelah proses administratif selesai.
    • ATM akan diberikan sesuai dengan aturan bank terkait. Beberapa bank ada yang dapat memberikan cetak ATM pada saat pembukaan rekening namun ada juga yang memberikan ATM selama 7 hari kerja setelah pembukaan rekening.

    Tabungan Dilindungi Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)

    Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) adalah lembaga independen yang berfungsi menjamin simpanan nasabah perbankan di Indonesia.

    Fungsi Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) :

    • Menjamin simpanan nasabah penyimpan
    • Turut aktif dalam memelihara stabilitas sistem perbankan sesuai dengan kewenangannnya
    • Simpanan yang dijamin meliputi giro, deposito, sertifikat deposito, tabungan, dan atau bentuk lain yang dipersamakan dengan itu
    • Simpanan nasabah Bank berdasarkan Prinsip Syariah yang dijamin meliputi:

    1. Giro berdasarkan Prinsip Wadiah

    2. Giro berdasarkan Prinsip Mudharabah

    3. Tabungan berdasarkan Prinsip Wadiah

    4. Tabungan berdasarkan Prinsip Mudharabah muthlaqah atau Prinsip Mudharabah muqayyadah yang risikonya ditanggung oleh bank

    5. Deposito berdasarkan Prinsip Mudharabah muthlaqah atau Prinsip Mudharabah muqayyadah yang risikonya ditanggung oleh bank

    6. Simpanan berdasarkan Prinsip Syariah lainnya yang ditetapkan oleh LPS setelah mendapat pertimbangan

    Baca Lanjut