Kartu Kredit terbaik di Indonesia

Nikmati keuntungan dan promosi kartu kredit mulai dari diskon belanja, cashback, poin reward, cicilan 0%, gratis iuran tahunan hingga fasilitas airport lounge. Ajukan kartu kredit online sekarang!

Butuh bantuan dalam memilih?

Daftar online sekarang untuk

KreditGoGo akan membantu Anda di proses aplikasi.

Silakan centang checkbox untuk melanjutkan.

Dengan memberikan informasi, Anda setuju dengan persyaratan dan ketentuan kami.  Kami menghormati kerahasiaan informasi Anda dan kami akan selalu akan menjaga dan bertanggung jawab atas informasi pribadi Anda.

Anda hampir menyelesaikan formulir aplikasi untuk

Untuk dapat membantu Anda kami diharuskan mengetahui lebih tentang formulir aplikasi Anda
Ajukan

Silahkan isi semua bidang dan masukkan email yang sahih.

Terima kasih telah mendaftar ke KreditGoGo!

Kami telah mengirimkan email yang bertujuan untuk membantu Anda dalam proses aplikasi.

Jika ada pertanyaan, silakan kirim melalui tanya@kreditgogo.com, kami akan dengan senang hati membantu.

Ikuti kami dan raih kesempatan untuk mendapatkan penawaran dan promosi yang menarik.

Mengenal Lebih Dekat dengan Kartu Kredit

Kehadiran kartu kredit di Indonesia kini menjadi produk keuangan yang wajib dimiliki. Karena ini dapat memberikan banyak kemudahan berbagai transaksi.

Informasi Kartu Kredit

Kartu kredit merupakan alat pembayaran pengganti uang tunai, yang merupakan salah satu produk bank untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi pembelanjaan.

Bank selaku penerbit kartu kredit, memberikan ragam keistimewaan produk kartu kredit. Hampir semua transaksi kini menghadirkan fasilitas pembayaran kartu kredit. Meski banyak orang menganggap bahwa kartu kredit merupakan kartu utang, namun kehadiran kartu kredit juga banyak diburu masyarakat. 

Apa bank dengan mudah memberikan fasilitas kartu kredit pada calon nasabah ataupun nasabahnya? Setiap bank di Indonesia memiliki kebijakan masing-masing ketika memberikan fasilitas kartu kredit.

Bagi Anda pengguna kartu kredit ataupun baru akan berencana memiliki kartu kredit, ada baiknya segala hal semua tentang kartu kredit sudah dapat Anda ketahui. Berikut ini ulasan lebih detail terkait kehadiran kartu kredit di Indonesia.

Perusahaan Jasa Keuangan Apa Saja yang Menghadirkan Produk Kartu Kredit di Indonesia?

AEON, ANZ, BCA, BII, BNI, BNI Syariah, BRI, BTN, BJB, Bukopin, Danamon, Mandiri, Mega, Bank Nusantara Parahyangan (BNP), OCBC-NISP, UOB, CIMB Niaga, Citibank, HSBC, MNC Bank, Panin, Permata, Sinarmas, Standard Chartered.

Sebanyak 24 layanan keuangan di Indonesia, menghadirkan produk kartu kredit. Setiap bank tersebut, tentu memberikan beragam fitur serta kelebihan masing-masing dari produk kartu kredit yang dihadirkan. 

Pada umumnya kehadiran kartu kredit tentu saja melibatkan banyak pihak, seperti:

  • Prinsipal kartu kredit (credit card principal)
  • Regulator perbankan (central bank)
  • Bank penerbit kartu kredit (card issuer)
  • Pihak pengelola transaksi (acquirer)
  • Pemilik toko penerima transaksi kartu kredit (merchant)
  • Nasabah kartu kredit (card holder)

Suku Bunga Kartu Kredit

Bank Indonesia (BI) melarang penghitungan bunga majemuk atas bunga kartu kredit. Dengan terbitnya Peraturan Bank Indonesia Nomor 14/2/PBI/2012, tentang Kegiatan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu, melarang bank penerbit kartu kredit mengenakan bunga terhadap denda, biaya dan bunga terutang.

Jadi, artinya bank tidak memasukkan bunga, biaya dan denda terutang sebagai komponen penghitungan bunga kartu kredit.

Suku bunga kartu kredit ditentukan tiap tahun, tapi diperhitungkan tiap bulan. Menurut peraturan Bank Indonesia, besar suku bunga kartu kredit bulanan maksimal 2,95%. Namun, ada juga beberapa Bank yang menawarkan bunga lebih rendah.

Beberapa bank memiliki suku bunga sesuai dari aturan BI dan ada juga yang memberikan suku bunga lebih ringan. Bahkan, kini bank banyak menghadirkan program bunga 0% untuk pembelanjaan apa saja. Kehadiran cicilan 0% menjadi incaran banyak card holder

Program cicilan 0% menguntungkan bagi card holder, karena dengan begitu tagihan dapat dibayar dengan metode cicilan tetap.

4 Layanan Perusahaan Finansial Jaringan Transaksi Global

Kartu kredit yang telah diterbitkan oleh setiap bank tentu memiliki logo berupa VISA, MasterCard, JCB dan American Express. Keempat nama itu merupakan perusahaan yang memungkinkan bank dapat menerbitkan produk kartu kredit. 

Bisa dikatakan, empat perusahaan ini merupakan provider dari lahirnya kartu kredit. Dengan adanya jaringan pembayaran ini, maka bank dapat merilis produk kartu kredit, dan nasabah juga dapat melakukan transaksi baik itu di dalam negeri maupun luar negeri.

VISA

VISA sendiri merupakan kependekan dari Visa International Service Association. Kartu jenis VISA dikeluarkan oleh VISA International yang bermarkas di California, Amerika Serikat. Pelaksanaan operasionalnya berdasarkan lisensi dari Visa Internasional dengan sistem franchise

Di negara-negara Asia, VISA lebih popular digunakan. VISA sendiri menawarkan layanan yang dinamakan Verified by VISA untuk memberikan kenyamanan para nasabah saat bertransaksi. Kini, VISA diterima di puluhan juta pedagang dan 2,3 juta ATM di 200 negara dan wilayah.

MasterCard

MasterCard juga merupakan perusahaan institusi finansial yang bermarkas utama di New York, Amerika Serikat, yang menangani pembayaran antara pihak bank dengan merchant yang menggunakan pembelian melalui kartu berlogo MasterCard. 

Penggunaan MasterCard lebih banyak digunakan untuk kawasan Eropa dan Amerika Serikat. MasterCard sendiri menawarkan layanan MasterCard SecureCode yaitu password pribadi untuk memberikan perlindungan transaksi bagi nasabah. MasterCard kini digunakan di puluhan juta pedagang yang tersebar di 210 negara.

JCB

JCB kepanjangan dari Japan Credit Bureau. Ini merupakan perusahaan jaringan pembayaran yang dirilis dari Jepang. Ada 20 negara yang menggunakan kartu kredit dengan logo JCB. JCB sejauh ini sudah menerbitkan kartu kredit sebanyak 83 juta kartu di 16 negara. 

Adapun jumlah pengguna kartu kredit JCB di seluruh dunia mencapai 79 juta orang serta digunakan di 23 merchant di 190 negara. JCB didirkan pertama kali pada tahun 1961.

American Express (Amex)

Bank American Express merilis Kartu Amex dengan berdiri sendiri. Namun, memang kini pamor Amex selaku penerbit alat pembayaran berupa kartu plastik di Indonesia tidak lagi berjaya seperti dulu. 

Saat ini, kartu American Express (AMEX) baik jenis charge card atau kartu kredit untuk pasar Indonesia sudah diambil alih oleh Bank Danamon. Sejak 2006, Danamon telah menjadi bank penerbit dan pengelola bisnis merchant kartu American Express di Indonesia. 

Danamon adalah penerbit tunggal Kartu Kredit dan Kartu Charge American Express di Indonesia, baik untuk nasabah individual dan korporasi. Kantor pusat Amex terletak di New York, Amerika Serikat. 

Untuk wilayah Amerika, Amex masih menjadi alat pembayaran yang terpilih. Amex merupakan perusahaan pertama yang menerbitkan alat pembayaran berupa kartu plastik.

Keuntungan Menggunakan Kartu Kredit

  • Mendapatkan dana kredit tambahan

Bank memberikan limit pinjaman sesuai kesepakatan dengan card holder. Dengan begitu, card holder dapat menggunakan limit tersebut untuk melakukan transaksi pembelanjaan.

  • Mendapatkan fasilitas promo, pelayanan dan diskon

Hampir semua bank berlomba-lomba memberikan penawaran promo dan diskon menarik serta pelayanan jasa yang dapat digunakan para card holder. Mulai dari promo restoran, hotel, arena bermain, area olahraga, pelayanan kesehatan dan kecantikan, hingga melengkapi keseharian card holder kala melakukan perjalanan melalui jasa penerbangan.

  • Kemudahan dalam transaksi yang praktis

Dana tersimpan dalam bentuk kartu, yang sudah didesain khusus keamanannya. Card holder dapat menggunakan kartu kredit kapan saja untuk melakukan transaksi online maupun offline.

  • Dapat digunakan saat waktu yang mendesak

Pengguna kartu kredit dapat menggunakan kartu kredit yang dimilikinya sebagai dana cadangan.

  • Penunjang gaya hidup dalam mendapatkan banyak kesempatan di merchant-merchant terbaik

Menikmati berbagai kesempatan promo menarik memang selalu menggiurkan. Penerbit kartu kredit biasanya akan bekerja sama dengan beberapa merchant untuk memberikan fasilitas menarik untuk para nasabah.

  • Program cicilan yang dapat menguntungkan kebutuhan finansial

Inilah program yang banyak diincar card holder. Mencicil dengan bunga ringan, bahkan tanpa bunga. Beberapa bank di Indonesia kerap memberikan fasilitas cicilan untuk pembelanjaan retail.

Promo-Promo yang Terdapat Pada Kartu Kredit 

Setiap penerbit kartu kredit di Indonesia berlomba-lomba memberikan fasilitas dan fitur menarik bagi para calon card holder ataupun yang sudah menjadi card holder. Promo yang kerap bermunculan dari kartu kredit diantaranya seperti:

  • Promo Dining

Card holder dapat mencari ataupun mendapatkan info dari bank terkait untuk mendapatkan fasilitas diskon restoran. Diskon restoran menjadi incaran banyak card holder untuk mendapatkan promo diskon ataupun menu gratis. 

  • Promo Wisata

Mulai dari reservasi tiket penerbangan, hotel, hingga lokasi objek wisata, kini menghadirkan diskon dengan menggunakan kartu kredit. Card holder dapat mengakses berbagai layanan diskon untuk mendapatkan promo wisata ini. 

  • Promo Health & Beauty

Kartu kredit kini menjadi penunjang gaya hidup banyak masyarakat baik untuk pria maupun wanita. Mulai dari klinik kecantikan, area spa, pusat kebugaran, menjadi incaran card holder untuk mendapatkan penawaran dari kartu kredit. 

  • Promo Online Shop

Online shop yang telah memiliki nama besar kini banyak bekerja sama dengan beberapa penerbit kartu kredit untuk memberikan cicilan 0% dan kemudahan pembayaran bagi pembeli. Transaksi online kini memudahkan card holder untuk berbelanja kapan saja. 

  • Promo Jasa dan Pendidikan 

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa kini kartu kredit bukan menjadi produk sekunder. Fitur kartu kredit kini merambah pada dunia pendidikan, baik itu sekolah formal maupun non-formal. 

  • Promo Fesyen

Produk Fesyen selalu menjadi incaran semua kalangan. Meski diskon bisa dikatakan tidak selalu berlaku setiap hari, namun kesempatan mendapatkan promo diskon fesyen salah satu keuntungan bagi para card holder. 

  • Promo Gadget & Elektronik

Beberapa toko pusat gadget dan elektronik menjalin kerja sama dengan para penerbit kartu kredit. Biasanya promo yang ditonjolkan adalah cicilan 0%.

Risiko Menggunakan Kartu Kredit

  • Denda overlimit dan denda telat pembayaran

Apabila pengguna kartu kredit menggunakan dana lebih dari limit yang diberikan, maka bank dapat memberikan nilai denda yang telah ditentukan. Begitu juga saat pembayaran kartu kredit melewati jatuh tempo yang telah ditetapkan, maka pengguna kartu kredit akan dibebankan lagi oleh biaya keterlambatan pembayaran.

  • Pencurian data

Semakin canggih teknologi, memudahkan juga oknum-oknum tak bertanggung jawab dapat meretas data-data pengguna kartu kredit.

  • Teledor dengan CVC

CVC atau Card Verification Code adalah tiga digit angka terakhir yang terdapat pada bagian belakang kartu kredit, biasanya berada di tempat tanda tangan pada kartu kredit.

CVC dan CVV membantu melindungi penggunaan kartu kredit Anda oleh orang lain dalam transaksi online. Penggunaan fitur keamaan ini dimulai pada 1 Januari 1997 Oleh Master Card dan diikuti oleh Visa pada tahun 2001.

  • Tidak disiplin

Pengguna kartu kredit harus mengingat tanggal cetak tagihan dan jatuh tempo pembayaran. Dengan begitu antara tanggal pembelanjaan dan tanggal pembayaran dapat dikendalikan tanpa membuat tagihan semakin menumpuk.

  • Boros

Hal yang membahayakan bagi nasabah kartu kredit adalah terlalu ketergantungan dengan limit yang tersedia pada kartu kredit. Boros dalam menggunakan fasilitas kartu kredit, tentu dapat membuat card holder semakin terikat dengan tagihan per bulan.

Biaya-Biaya yang Terdapat pada Kartu Kredit

  • Biaya Iuran Tahunan

Biaya tahunan dikenakan di tahun pertama. Beberapa bank ada yang memberikan gratis biaya tahunan, untuk pengguna kartu di tahun pertama. Umumnya, biaya iuran tahunan dikenakan setiap satu tahun sekali.

  • Biaya Materai

Besarnya biaya meterai pembayaran tagihan kartu kredit adalah Rp 3.000 dan Rp 6.000.

  • Biaya Bunga

Besarnya bunga maksimum yaitu 2.95%. Bunga ini dikenakan apabila tagihan pembelanjaan dibayar secara minimum payment dan telat dari jatuh tempo.

  • Biaya Keterlambatan Pembayaran

Biaya keterlambatan dikenakan jika pengguna kartu kredit terlambat melakukan pembayaran sesuai batas waktu yang telah ditetapkan. Biasanya, sekitar 3% dari total tagihan.

  • Biaya Over Limit

Pemakaian yang berlebihan dari limit yang telah diberikan, maka denda over limit akan berlaku.

  • Biaya Tarik Tunai

Pengguna kartu kredit dapat menarik uang tunai dari limit kartu kreditnya. Namun tentu saja, beban bunga biaya tarik tunai berlaku. Biasanya berkisar antara 3% hingga 6%.

  • Biaya Salinan Tagihan

Untuk jasa-jasa pencetakan ini, biasanya biaya yang dikenakan berkisar Rp 25.000.

  • Biaya Penggantian Kartu

Pengguna kartu dikenakan biaya penggantian kartu kredit, untuk kartu yang sudah rusak ataupun hilang.

  • Biaya Pembatalan Cicilan

Jika pengguna kartu kredit melakukan pelunasan di awal, maka pengguna kartu kredit akan dikenakan denda dari pembatalan cicilan yang sudah disepakati.

Cara Menghitung Pembayaran Tagihan Kartu Kredit

Tanggal Cetak Tagihan: 10 Januari 2016

Tanggal Jatuh Tempo: 25 Januari 2016

Anna melakukan transaksi dua kali, besarnya transaksi senilai Rp 1.000.000 dan Rp 800.000. Pada tanggal 11, Anna menerima billing statement, seperti berikut ini:

Tanggal Transaksi Tanggal Pembukuan Pembelanjaan Nominal Transaksi
2/1/2016 3/1/2016 Transaksi Gagdet Rp 1.000.000
2/1/2016 3/1/2016 Transaksi Fashion Rp 800.000
Total Tagihan -
-
Rp 1.800.000
Pembayaran Minimum -
-
Rp 180.000

Berapakah besarnya detail perhitungan bunga pada tagihan kartu kredit Anna, jika Anna membayar tagihan sebesar Rp 800.000?

Suku bunga per hari:

Rumus (suku bunga x 12 bulan : jumlah hari setahun)

(2.95 x 12): 365 = 0,0009698

Bunga hingga tanggal pembayaran:

Rumus (nilai transaksi x selisih hari dari tanggal transaksi hingga tanggal pembayaran x suku bunga perhari)

Rp 1.800.000 x 12 x 0,0009698 = Rp 20.947

Bunga setelah tanggal pembayaran hingga tanggal cetak tagihan berikutnya:

Rumus: (nilai transaksi – pembayaran) x (selisih hari dari tanggal bayar ke tanggal cetak tagihan berikutnya) x (suku bunga per hari)

(Rp 1.800.000 – Rp 800.000) x (14) x (0,0009698)

= Rp 1.000.000 x 14 x 0,009698

= Rp 13.577,2

Total bunga yang dibebankan pada tagihan bulan depan adalah:

Rp 20.947 + Rp 13.577,2

= Rp 34.524

Apabila Anna membayar tagihan secara penuh atau full payment, tentu Anna tidak dibebankan bunga kartu kredit berjalan. 

Poin Reward

Poin reward adalah poin yang terdapat pada nilai transaksi nasabah pengguna kartu kredit. Bank penerbit kartu kredit memberikan aturan nilai transaksi untuk akumulasi poin yang berbeda-beda. Nasabah dapat menghitung hasil poin reward dari setiap transaksi yang telah dilakukan. 

Beberapa bank yang menonjolkan manfaat poin reward biasanya akan menerapkan nominal transaksi yang ringan untuk mendapatkan 1 poin. Karena dengan begitu, pengumpulan poin akan lebih cepat didapat. Misalnya, Transaksi dengan kelipatan Rp 3.000 sudah mendapatkan 1 poin reward. 

Dari hasil mengumpulkan poin reward, bank memberikan penawaran promo-promo menarik. Seperti: Potongan diskon, menu gratis di restoran, hadiah langsung, gratis iuran pada tahun berikutnya, hingga voucher belanja. 

Setiap promo menarik yang ditawarkan untuk menukarkan poin reward, memiliki nilai poin reward yang berbeda-beda. Semakin banyak poin reward yang terkumpul, maka semakin menarik manfaat yang bisa didapatkan nasabah kartu kredit.

Persyaratan untuk Dapat Memiliki Kartu Kredit

- Memiliki ID (KTP/SIM/Passpor/KITAS)

- Memiliki Buku Rekening Tabungan

- Memiliki penghasilan tetap

- Penghasilan minimal Rp 36.000.000 per tahun (untuk tipe jenis kartu kredit klasik)

- Profesi: karyawan, profesional, wiraswasta

- Tidak memiliki catatan buruk kredit

- Berusia minimal 21 tahun

- Berusia maksimal 60 tahun

- Melampirkan slip gaji (untuk profesi karyawan)

- Melampirkan SIUP (untuk profesi wiraswasta)

- Melampirkan Surat Izin Praktek (untuk profesi profesional)

- Melampirkan fotokopi kartu kredit bagian depan (untuk aplikan yang sudah memiliki kartu kredit pertama)

Agar permohonan pengajuan kartu kredit disetujui, lengkapilah dokumen persyaratan sesuai dengan syarat-syarat yang telah ditetapkan. Dan pastikan semua nomor telepon yang Anda cantumkan pada formulir aplikasi dapat dihubungi, sehingga proses verifikasi dan persetujuan lebih cepat.

Baca Lanjut