Wisata Religi untuk Momen Libur Idul Fitri

Setiap libur Lebaran, tempat-tempat wisata religi ramai dikunjungi berbagai wisatawan. Berikut ini adalah daftar beberapa tempat menarik yang bisa Anda kunjungi.

Wisata religi menjadi incaran para wisatawan ketika libur lebaran. Di sejumlah daerah komplek pemakaman tokoh-tokoh penyebar Agama Islam dipadati ribuan peziarah dari berbagai daerah. Ini bisa menjadi pilihan Anda ketika mudik.

1. Banten

Banten terkenal dengan banyak wisata religinya. Salah satu yang menjadi incaran banyak wisatawan adalah Masjid Agung Banten Lama. Di sana ada makam Sultan Maulana Hasanudin. Ketika hari besar Islam, seperti Ramadan dan Idul Fitri tempat ini akan dipadati banyak peziarah.

Ribuan orang berziarah ke makam Maulana Hasanudin Banten, di Kecamatan Karanghantu, Kabupaten Serang. Selain berziarah ke makam Sultan Hasanudin, merekajuga mendatangi museum situs purbakala yang lokasinya tidak jauh dari Masjid Agung Banten Lama.

2. Cirebon

Untuk wilayah Jawa Barat, Cirebon menjaddi satu-satunya tempat makam anggota walisongo dikebumikan. Makam Sunan Gunung Jati letaknya ada di Desa Astana, Kecamatan Cirebon Utara dan bisa ditempuh sejauh 6 km dari Kota Cirebon.

Sunan Gunung Jati merupakan tokoh penyebar agama Islam paling berpengaruh khususnya masyarakat Cirebon. Dengan nama asli Syarif Hidayatullah ini beliau di makamkan tidak jauh dari tepi Jl Raya sunan gunung jati dari jarak 100 meter dari lokasi makam Sunan Gunung Jati.

Karena menjadi satu-satunya makam Wali Songo di Jawa Barat, kompleks pemakaman ini pun selalu ramai dikunjungi peziarah dari kota Cirebon dan sekitarnya, dan kunjungan akan sangat banyak pada saat Lebaran.

3. Tasikmalaya

Kota Tasikmalaya, adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Terletak 106 km sebelah timur Kota Bandung. Disini juga ada beberapa tempat yang sering di kunjungi untuk wisata religi, salah satunya adalah Masjid Manonjaya.

Masjid Agung Manonjaya merupakan salah satu masjid tertua di Kabupaten Tasikmalaya yang didirikan tahun 1837, sudah berdiri lebih dari 170 tahun. Lokasinya terletak di Dusun Kaum Tengah, Desa Manonjaya, Kecamatan Manonjaya, Tasikmalaya.

4. Garut

Jika Anda berkunjung ke Garut, Makam Godog bisa menjadi pilihan wisata religi ketika libur lebaran nanti. Wisata Ziarah Makam Godog terletak di kampung Godog, Desa Lebak Agung, Kecamatan Karangpawitan Garut.

Letaknya pun tak jauh dari pusat kota Garut, anda dapat berkunjung ke tempat ini dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Di makam Godog ini terdapat 9 makam di antaranya adalah satu makam Sunan Kian Santang yang berada di atas Gunung dan delapan lainya penggiring atau punggawanya Kian Santang yang berada di bawah gunung.

Selain itu Anda juga bisa berkunjung ke Masjid unik di Garut yaitu Masjid Cipari. Masjid ini memakai gaya art deco, arsitektur era kolonial Belanda lengkap dengan menara ala gedung kantor Belanda atau gereja Belanda.

5. Gresik

Wisata religi di kota Gresik yang terkenal adalah mengunjungi makan salah satu anggota Wali sSngo yaitu makam Sunan Gresik. Lokasinya tidak  jauh dari pusat kota Gresik, kamu bisa menjangkaunya dengan kendaraan pribadi.

Selain itu ada juga makam Sunan Giri yang berada di sebuah bukit, tepatnya di Dusun Kedhaton, Desa Giri Gajah, Kecamatan Kebomas, Gresik. Kompleks pemakaman ini berupa dataran tingkat tiga dimana bagian belakangnya punya posisi lebih tinggi.

6. Surabaya

Di Kota Pahlawan, Surabaya Anda bisa berwisata religi ke makam Sunan Ampel atau dikenal dengan Raden Rahmat. Makam salah satu Wali Songo ini tampak menawan dengan kawalan sepasang pintu gerbang dengan style Eropa.

Letak makam sang sunan dipisahkan dari makam-makam lain dengan adanya pembatas teralis besi setinggi lebih dari 1 meter. Ketika Lebaran umumnya tempat ini sering sekali dikunjungi oleh banyak wisatawan.

Itulah referensi tempat wisata religi di beberapa tempat di Pulau Jawa, Anda bisa memanfaatkan kartu kredit untuk menghemat biaya perjalanan baik biaya menginap, akomodasi pesawat, hemat bahan bakar dan lain sebagainya. Kunjungi KreditGoGo untuk melihat penawaran kartu kredit menarik. 

Baca juga:
5 Destinasi Terbaik di Indonesia Tahun 2016
4 Alasan Kenapa Harus Liburan Pakai Kartu Kredit

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama