Tips Traveling Sendirian untuk Wanita

Traveling sendirian dinilai lebih berisiko apalagi bagi seorang wanita. Tetapi tenang ada cara aman untuk Anda yang ingin pergi berlibur seorang diri. Simak tips berikut ini

Pergi berlibur ke suatu tempat sendiri memang asyik karena bisa mengeksplore berbagai tempat sesuka hati. Namun apakah aman traveling sendirian apalagi bagi seorang wanita, bukan kah terlalu berisiko pergi ke tempat-tempat yang belum dikenal.

Namun saat ini traveler wanita semakin berani meneksplor diri mereka untuk menjelajah tempat- tempat baru seorang diri. Traveling seorang diri akan melatih diri Anda sendiri untuk mandiri, tabah dalam menghadapi masalah dan belajar menikmati hidup yang telah dilalui.

Nah bagi Anda seorang wanita yang ingin mencoba traveling sendirian ke berbagai tempat menarik tidak perlu takut untuk mencoba hal ini. Ada cara aman yang bisa Anda lakukan agar backpacking sendiri itu menjadi lebih asyik dan menyenangkan.

Berikut ini tips yang sudah kami rangkum untuk para wanita yang ingin backpacker sendirian:

1. Carilah Informasi yang Lengkap

Sebelum melakukan perjalanan, alangkah baiknya Anda mencari informasi dahulu sebanyak-banyaknya tentang sebuah tempat yang ingin Anda tuju. Cari informasi dari buku, majalah, internet atau teman dekat. Atau melalui forum-forum para traveller, blog, Twitter, Facebook atau juga website-website sejenis.

Ke manapun Anda pergi, cari tahu dan kenali dahulu dengan baik destinasi tersebut. Pelajarilah berbagai tempat yang rawan, hotel yang kurang pengamanan dan juga angkutan umum yang perlu diwaspadai. Dengan begitu, kamu bisa sampai ke tempat tujuan dengan mudah dan aman.

2. Bawa Selalu Peta Dan Buku Panduan

Jika Anda mendatangi tempat yang baru tentunya membawa peta dan buku panduan tentang derah tersebut sangatlah penting. Selain bertanya buku panduan dan peta dapat membantu Anda mengetahui lokasi tersebut.

Kedua benda ini kana menjadi teman setia Anda. Melalui peta, Anda bisa mengetahui letak suatu tempat tanpa harus bertanya kepada orang lain. Dengan buku panduan traveling, Anda bisa menemukan tempat asyik dan terpercaya untuk didatangi.

Baca juga: Ingin Dapat Tiket Pesawat Gratis? Ini Caranya

3. Membawa uang Tunai atau Kartu Kredit

Ada beberapa tempat dan hal yang mengharuskan Anda untuk membayar secara tunai. Untuk itu, siapkanlah uang tunai yang cukup agar Anda tidak kesulitan nantinya. Jika keluar negeri tukarkan uang tersebut di tempat penukaran uang yang resmi.

Selain uang tunai kartu kredit Anda juga bisa berfungsi jika berpergian ke luar negeri. Ada banyak kegunaan dari kartu kredit yang bisa Anda manfaatkan seperti untuk belanja, pemesanan tiket pesawat dan reservasi hotel. Kartu kredit dapat memberikan promo menarik untuk kebutuhan traveling Anda.

Contohnya kartu kredit HSBC, saat berbelanja di luar negeri, Anda dapat memanfaatkan fasilitas kartu kredit HSBC untuk setiap pembelanjaan ritel senilai Rp 1.250 dengan menggunakan kartu kredit HSBC, Anda akan mendapatkan 2x poin reward.

Apabila Anda memiliki poin reward sebanyak 150.000 poin, maka bisa ditukarkan dengan menginap gratis di Ibis Singapore, V Hotel Lavender, atau V Hotel Bencoolen. Sedangkan 200.000 poin bisa ditukarkan dengan menginap gratis di Ibis Singapore Bencoolen, Rendezvous Grand Hotel, Peninsula Excelsior, atau Novotel Singapore Clarke Quay.

4. Hati-Hati dalam Memilih Tempat Penginapan

Menginap sendiri di hotel bintang lima tentu bukan masalah yang besar. Namun saat backpacking, penginapan murah tentu jadi pilihan. Sedangkan menginap sendiri di penginapan murah bisa membahayakan.

Untuk itu pilihlah kamar penginapan yang dekat dengan keramaian. Anda bisa memilih yang ada di dekat kantor pengelola atau resepsionis. Jadi jika sesuatu terjadi, maka orang lain bisa menolong dengan cepat. Selain itu, jangan biarkan kamar ditinggal tanpa dikunci dan simpanlah barang-barang Anda di tempat yang aman.

5. Jangan Mudah Percaya Dengan Orang Baru

Ketika traveling sendiri berkenalan dengan orang baru memang jadi agenda wajib bagi beberapa traveler. Selain memperluas koneksi itu akan menjadi pengalaman baru bagi Anda. Namun yang harus diperhatikan, jangan mudah percaya dengan orang baru.

Anda haru berhati-hati dan pintar menilai sifat seseorang. Jangan langsung mau diajak pergi dengan orang tersebut. Apalagi jika Anda diajak pergi hanya sendiri. Tolaklah dengan halus, kejahatan banyak mengintai kaum wanita. Anda-lah yang harus lebih jeli melihat keadaan sekitar.

Itulah cara aman travelling sendirian untuk wanita. Bagaimana, Anda ingin melakukan perjalanan wisata sendiri? Travelling sendirian tentunya bisa Anda coba untuk menambah pengalaman liburan.

Baca juga: Ini Lho Kartu Kredit untuk Para Traveller

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama