Tips Memilih Hotel Secara Online

Teknologi sudah semakin maju, begitu juga dengan hotel. Bahkan sekarang hotel pun bisa dipesan secara online. Simak tips cara memilihnya dari kami.

Penginapan menjadi akomodasi wajib yang harus Anda persiapkan jauh hari sebelum pergi berlibur. Saat ini memesan hotel pun cukup mudah, Anda dapat mencari penginapan dengan berbagai tipe melalui kecanggihan teknologi dengan berbagai macam aplikasi, baik mobile hingga situs gratis untuk memesan penginapan dalam satu kali klik.

Sehingga pemesanan melalui situs online travel sudah menjadi kebiasaan baru para traveller. Berbagai online travel agent (OTA) menawarkan pilihan jasa pemesanan kamar hotel untuk wisatawan. Setiap OTA memberikan kemudahan yang beragam dalam melakukan pemesanan.

Agar berlibur Anda menyenangkan, alangkah baiknya memilih penginapan dilakukan dengan cermat. Walaupun semakin menjamurnya berbagai macam penawaran pemesanan penginapan via internet, Anda harus pintar memilih. Berikut ini adalah cara tepat memilih penginapan via online saat traveling.

1. Tentukan Jenis Penginapan

Setiap online travel menawarkan berbagai jenis penginapan mulai dari hotel, villa sampai homestay. Semuanya kembali kepada pilihan customer, Anda bisa memilihnya sesuai dengan budget dan fasilitas yang diperlukan.

Perhatikan deskripsi dan penawaran setiap jenis penginapan, mulai dari tipe kamar, fasilitas Wi-Fi, sarapan, kolam renang. Semakin lengkap, tentu Anda akan semakin nyaman kan.

2. Harga dan Promosi Menarik

Sebagai konsumen tidak ada salahnya Anda mencari informasi terkait harga untuk setiap penginapan. Bandingkanlah harga di setiap situs pemesanan online, bisa jadi ada selisih yang lumayan banyak diantara online travel.

Periksa juga promosi yang ada pada online travel, harga yang Anda dapatkan bisa lebih murah dari harga normal. Bukan rahasia lagi jika banyak penawaran promo yang menggiurkan, terutama buat Anda yang ingin mendapatkan deal terbaik.

Jangan pula mudah terjebak dengan harga yang murah dan potongan harga kamar hotel yang tinggi. Untuk budget hotel tanyakanlah adakah biaya tambahan untuk peminjaman handuk, hair dryer dan kunci loker. Apakah juga tersedia sarapan gratis, kopi, teh, gula dan air panas gratis.

Beberapa homestay/asrama mengenakan biaya per-kasur/orang bukan per kamar; 1 kamar berisi beberapa kasur, mungkin cara ini juga dapat jadi pertimbangan.

3. Jaminan Transaksi

Demi keamanan bertransaksi, pilih situs yang terpercaya dan sudah digunakan banyak orang. Kamu juga bisa meminta rekomendasi situs yang terbaik kepada orang terdekatmu. Telusuri juga cara penggunaan situs tersebut.

Kamu tidak mau dong kena tipu, atau data kamu malah disalahgunakan. Pilih jasa pemesanan penginapan online yang sudah terverifikasi baik dan terpercaya. Terutama yang bisa menjamin privasi dan keamanannya.

4. Jasa Customer Service

Untuk menangani setiap masalah yang terjadi saat pemesanan kamar hotel layanan customer service tentunya akan sangan membantu Anda. Anda dapat dengan mudah memeriksa kualitas layanan dengan cara menghubungi nomer customer service.

Jasa pemesanan penginapan secara online tentu akan menyediakan customer service buat para pelanggannya. Carilah yang bisa berkomunikasi dengan baik, cepat tanggap jika ada kesalahan setelah pemesanan.

5. Kemudahan Pembayaran

Setelah Anda melakukan pemesanan, langkah selanjutnya adalah melakukan proses pembayaran. Terdapat banyak metode pembayaran yang bisa dipilih. Cari jasa pemesanan online yang memudahkan kamu dalam transaksi pembayaran.

Misalnya bisa melalui bank transfer, internet banking, kartu kredit bahkan kalau ada yang bisa dibayar di minimarket. Untuk pembayaran melalui kartu kredit ataupun kartu debit, Anda perlu menyiapkannya data-data yang dibutuhkan, pastikanlah itu tidak terlupakan.

6. Perhatikan Ketentuan yang Berlaku

Setiap layanan online travel memiliki prosedur dan ketentuan yang berbeda-beda. Baca dengan teliti setiap ketentuan yang ada, mulai dari cara memesan, pembayaran, mendapatkan notifikasi pemesanan hotel, hingga pengembalian dana jika ada ketentuan mengenai pembatalan pemesanan.

Apakah Anda siap untuk berlibur? Tetap ingat untuk selalu berhemat dan mengontrol setiap pengeluaran ketika berlibur. Minimalkanlah budget yang dimiliki, agar tidak ada biaya tambahan ketika liburan usai.

Baca juga: 4 Alasan Kenapa Harus Liburan Pakai Kartu Kredit

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama