Siap-siap Nikmati Keseruan Wisata Halal di Aceh!

Indonesia terus memperkuat destinasi wisata halalnya, salah satunya adalah di wisata halal Aceh. Langsung saja, inilah beberapa tempat wisata di Aceh yang bisa Anda kunjungi.

Indonesia terus memperkuat destinasi wisata halalnya, salah satunya adalah di Aceh. Negeri Serambi Mekkah ini sudah mempersiapkan beberapa spot untuk wisata halal di Aceh.

Destinasi wisata halal di Aceh diketahui sudah terkenal hingga ke luar negeri. Sejak tahun 2014, memang terjadi ledakan pasar wisata halal di dunia.

Salah satunya adalah wisata halal di Aceh yang kini dinobatkan sebagai salah satu World Islamic Tourism sejak tahun 2014 lalu.

Destinasi wisata halal yang sedang disiapkan diantaranya, Sabang, Banda Aceh dan sekitarnya, lalu Aceh Tengah (Gayo), Aceh Tenggara, sepanjang pantai Timur dan pantai Barat di Aceh, serta heritage side yang kaya akan sejarah Islam nusantara.

Geliat Pariwisata di Aceh memang sudah cukup tinggi, hampir 10 ribu setiap tahunnya kedatangan wisatawan mancanegara.

Aceh memang notabenenya menerapkan syariat Islam menjalankannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam pengelolaan objek wisata.

Beberapa potensi wisata halal di Aceh adalah berupa wisata reliji, sejarah, tsunami, wisata alam, dan akomodasi yang mendukung kepariwisataan.

Ada juga kebijakan pemisahan pantai untuk laki-laki dan perempuan, walaupun menimbulkan respon beragam, namun mengarah ke tanggapan positif.

Langsung saja, beberapa tempat wisata di Aceh diantaranya sebagai berikut.

Inilah Destinasi Wisata Halal di Aceh

1. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1612 ini telah menjadi ikon Kota Aceh.

Bangunan utama masjid berwarna putih dengan kubah hitam besar dikelilingi oleh tujuh menara.

Kesan megah semakin terasa dengan adanya kolam besar dan pancuran air di bagian depan masjid yang mengingatkan pada Taj Mahal di India.

Masjid ini menjadi tempat wisata religi di Aceh yang banyak dikunjungi karena keindahannya. Yahoo! Tpun telah menobatkan masjid ini sebagai salah satu dari 10 masjid terindah di dunia.

Jika ingin membeli souvenir, Anda bisa datang ke Pasar Aceh yang terletak di belakang masjid ini. Setelah puas berkeliling, Anda bisa berwisata kuliner karena ada banyak penjual makanan di pasar ini.

2. Museum Tsunami

Tsunami yang pernah menerjang Aceh pada tahun 2004 menyisakan duka bagi warga Aceh yang selamat.

Untuk mengenang sekaligus menghormati korban meninggal, dibangunlah sebuah Museum Tsunami di Jalan Sultan Iskandar Muda di tahun 2009.

Di dalam museum ini, terdapat lorong panjang dengan suara gemuruh ombak dan kucuran air yang akan mengingatkan Anda pada bencana besar tersebut.

Banyak benda-benda sisa bencana tsunami yang dipajang di sini. Selain benda sisa tsunami, ada foto korban meninggal dan cerita kesaksian korban selamat juga alat simulasi elektronik gempa bumi.

3. Pantan Terong

Pantan terong sebuah bukit yang sering digunakan untuk menikmati keindahan Aceh Tengah dari atas.

Dari bukit ini Anda dapat melihat Danau Laut Tawar yang terlihat seperti sebuah kuali raksasa serta dapat menikmati pemandangan sunrise dan sunset yang sangat indah.

Jika hendak menuju tempat wisata ini, pastikan anda membawa jaket serta baju hangat sebab udaranya cukup dingin.

4. Danau Laut Tawar

Danau Laut Tawar adalah sebuah danau yang berada di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah.

Di sebelah barat danau ini terdapat kota Takengon yang merupakan ibukota dari kabupaten Aceh Tengah. Suku yang mendiami daerah tersebut adalah Suku Gayo.

Suku Gayo menyebut danau ini dengan sebutan Danau Laut Tawar. Disebut Danau Laut Tawar karena wilayah perairan danau ini sangat luas, dan air yang ada di danau ini juga merupakan air tawar.

5. Kuburan Kerkhoff

Apabila Anda ingin mengunjungi salah satu kuburan yang paling luas di dunia, silakan datang ke Kuburan Kerkhoff yang ada di Aceh ini.

Kuburan ini dirawat dengan baik oleh warga Aceh dan uniknya, ada makam yang terpisah dengan makam lainnya, yaitu makam Meurah Pupok, putra Sultan Iskandar Muda yang dirajam ayahnya sendiri karena melakukan perbuatan zina.

Meurah Pupok berzina dengan istri perwira muda yang tengah melatih angkatan perang Aceh di daerah Blang Peurade.

Di sini ada sekitar 2.200 tentara yang dimakamkan termasuk 4 jenderal. Perang yang terjadi di Aceh merupakan pengalaman yang terpahit.

Belanda menyerang kesultanan Aceh dengan memakai meriam yang ditembakkan dari sebuah kapal perang bernama Citadel Van Antwerpen, dengan jumlah tentara kala itu mencapai 3.198 orang.

Kuburan Kerkhoff tak hanya bukti nyata betapa gigih masyarakat Aceh berjuang melawan penjajah, namun juga bukti betapa adil Sultan Iskandar Muda pada masa pemerintahannya saat itu.

Itulah beberapa contoh tempat wisata yang ada di Aceh. Untuk menikmati wisata di Aceh lainnya, siapkan dana liburan Anda dari sekarang.

Wisata Halal di Aceh dengan Menggunakan Kartu Kredit

Tidak perlu menabung banyak untuk segera menikmati keindahan wisata halal di Aceh. Anda bisa memanfaatkan kemudahan dan promo liburan yang ditawarkan oleh kartu kredit Anda untuk liburan yang lebih hemat.

Rasakan liburan menyenangkan dengan Kartu Kredit Citibank.

Pilihlah paket tour terbaik di Ezytravel dengan bertransaksi menggunakan kartu kredit Citibank. Khusus untuk pengguna kartu kredit Citibank Anda bisa hemat liburan hingga Rp 1 juta.

Belum punya kartu kredit? Ajukan secara online kartu kredit melalui KreditGoGo.com, dan raih kesempatan mendapatkan High Fashion Smartwatch Touchscreen secara Gratis jika pengajuan Anda disetujui!

Baca Juga: Jalan-Jalan Ke Tempat Wisata Halal Unggulan di Indonesia
Saatnya Wujudkan Terbang Gratis ke Destinasi Impian

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama