Sambut Hari Pramuka, Kita Berkemah Yuk

14 Agustus ini adalah hari Pramuka. Untuk menyambut hari tersebut, yuk coba kegiatan liburan yang berbeda, yaitu dengan berkemah. Dijamin, selain menyenangkan, mata Anda akan terpuaskan dengan keindahan alam yang ada.

Hari Pramuka, Infografik, Infographic, kreditgogo

Hei, hei, hei, sebentar lagi tanggal 14 Agustus loh! Bagi yang belum mengetahuinya, waktu tersebut diperingati sebagai Hari Pramuka. Mungkin banyak dari kita yang merasa tidak tertarik untuk merayakannya. Namun, mumpung kita sedang membicarakan momen tersebut, ada satu hal menarik yang sering dilakukan oleh organisasi ini. Apa itu? Berkemah.

Ayo, siapa yang dulu waktu sekolah mengikuti ekstra kulikuler Pramuka? Pernah melaksanakan Persami (Perkemahan Sabtu Minggu) tidak? Ternyata di balik gemblengan oleh Kakak Pembina, acara tersebut menyimpan berbagai manfaat loh. Mulai dari membangun rasa kemandirian, kekeluargaan, keberanian, dan sebagainya. Karena itu, dengan berbagai kegunaannya, kenapa kegiatan ini tidak diterapkan pada keluarga Anda? Sudah banyak yang melakukannya.

Meski sekarang sedang tidak dalam masa liburan sekolah, mengajak anak liburan dengan cara kamping di akhir pekan juga tetap bisa dilakukan. Tidak usah lama-lama, semalam saja dijamin sudah sangat memberi kesan mendalam. Camping bisa dilakukan di mana saja dan oleh siapapun mulai dari pecinta alam, wisatawan, sampai bocah sekalipun. Siapa yang tidak mau menikmati hijaunya panorama alam dengan tenda yang nyaman, hangatnya api unggun, serta langit berhiaskan jutaan bintang sambil ngobrol dengan orang terdekat. Istimewa sekali!

danau segara anak, gunung rinjani

Tempat Berkemah di Sekitar Jakarta

Bagi yang tinggal di Jakarta, dan ingin berkemah, beruntunglah karena Ibu Kota negara kita ini dikelilingi oleh banyak bumi perkemahan. Mau tahu di mana saja, ini beberapa di antaranya.

1. Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur

Seperti yang sudah dikatakan, tidak usah jauh-jauh mencari, sebab di wilayah Timur Jakarta sudah ada tempat kamping yang terkenal dengan Jambore Nasional Pramuka. Di antara padat dan hampir tidak tersisanya ruang hijau di Ibu Kota, ternyata masih terdapat lahan terbuka seluas 210 Ha (awalnya 230 Ha) bernama Buperta Cibubur untuk kegiatan berkemah dan mampu menampung 20.000 orang.

Untuk camping di sini, sewa lokasinya sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp 10.000 per malam. Jika tidak memiliki tenda sendiri, pihak pengelola Buperta menyediakan sewa untuk berbagai ukuran seharga Rp 40.000 sampai Rp 300.000.

2. Bumi Perkemahan Karang Kitri Bekasi

Hampir sama dengan Buperta Cibubur, ternyata di balik gersangnya kota Bekasi, daerah itu menyimpan satu tempat kamping menarik loh. Adalah Karang Kitri yang berada di Desa Karang Mulya, Kecamatan Bojongmangu. Bila tidak ingin menginap, di sini juga disediakan fasilitas outbond yang cukup lengkap sehingga bisa menambah menariknya pemandangan alam di sana.

Tiket masuk Bumi Karang Kitri juga sangat murah, per orang adalah Rp 1.500 untuk anggota Pramuka dan Rp 2.500 untuk umum. Pihak pengelola menyediakan penyewaan perlengkapannya seperti tenda ukuran 4x5 meter sebesar Rp 45.000 per hari.

3. Wisata Alam Sukamantri

Bagi yang ingin menikmati sejuknya dataran tinggi, cobalah datang ke tempat ini. Terletak di kaki Gunung Salak, WIsata Alam Sukamantri menawarkan suasana alam yang sejuk, begitu indah dengan padang rumput hijau dan barisan bukit yang tentu menyenangkan serta memanjakan mata. Di samping kemah, bagi para penggemar photografi juga sangat direkomendasikan untuk datang ke sini.

Bagi yang ingin camping di sana, hanya dikenakan biaya Rp 3.500 per orang untuk masuk ke kawasan wisata alam. Namun itu belum termasuk ongkos ke sana yah.

4. Gunung Putri

Bila ingin sedikit menjauh dari Kota Jakarta, cobalah datang ke Bandung. Tidak cuma terkenal dengan wisata kuliner serta belanjanya, di sana kita juga mencoba kegiatan lain dengan cara berkemah. Terletak di Cihideung, tempat ini menawarkan udara yang sejuk dan panorama alam yang hijau memanjakan mata.

Modal kamping di sini juga lumayan murah, yaitu hanya mengeluarkan Rp 5.000, Anda sudah bisa mendirikan tenda di tempat yang sudah disediakan. Dengan biaya sekecil itu, dijamin sudah bisa merasakan suasana alam yang sesungguhnya, karena jarak yang harus ditempuh ke tempat camping sekitar 3 km.

5. Pulau Semak Daun

Bagi yang ingin benar-benar merasakan suasana kemah yang jauh dari hiruk pikuk kota, terisolasi, seru, dan menantang, inilah tempat yang tepat. Karena Semak Daun adalah sebuah pulau kecil di Kepulauan Seribu yang masih cukup perawan. Jangankan bisa menemukan pemukiman atau losmen di sini, listrik pun tak ada. Belum cukup, air saja susah ditemukan.

Untuk mencapai Semak Daun, kita harus menggunakan kapal dari Muara Angke dengan transit (mencari kapal lain) di Pulau Pramuka. Biaya menginap per malam, kita hanya dikenakan biaya Rp 15.000 per orang oleh seorang penjaga sebagai uang kebersihan. Bila kurang air, Anda bisa mengambilnya di sumur atau membeli per jerigen seharga Rp 5.000 (air tawar).

Alam Selalu Punya Cara Menghibur Kita

Yuk agak sedikit melipir dari bahasan utama, sebab kami ingin mengajak Anda berpikir sejenak. Pernahkan merasa begitu stress, karena Anda dikejar berbagai pekerjaan menumpuk yang menuntut deadline. Pada masa tersebut, tentu kita ingin dihibur oleh orang terdekat seperti istri atau suami. Namun, di saat membutuhkannya, ia justru juga sedang mengalami hal yang sama dan menginginkan hal serupa.

Nah, kalau begitu siapa yang menghibur? Anak? Kalau dia sedang sibuk sekolah bagaimana? Sama saja. Di periode inilah alam selalu menawarkan hiburan yang tidak mainstream. Ia akan memberikan sesuatu yang dijamin bisa menyejukkan hati dan pikiran siapapun melalui keindahannya.

Karena itu, bila sudah bosan dengan liburan ala mal atau pusat perbelanjaan lain di Jakarta. Sambil menyambut hari Pramuka, yuk kita coba liburan sambil berkemah untuk menikmati keindahan mahakarya Tuhan ini.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama