Persiapan Liburan Akhir Tahun dengan Uang Tunai

Liburan akhir tahun serba tunai? Anda tidak akan dipusingkan dengan tagihan pasca liburan, namun pastikan hal-hal berikut ini menjadi informasi persiapan liburan Anda.

Liburan akhir tahun tengah dinanti-nanti masyarakat. Sebagian dari mereka akan merayakan hari Natal. Tentu merayakan Natal merupakan waktu yang begitu berharga untuk berkumpul bersama keluarga dan para sahabat. Dan untuk Anda yang berencana berlibur untuk memanfaatkan waktu cuti panjang. 

Sudahkah Anda mempersiapkannya dengan matang? Hampir semua lokasi wisata membuat penawaran menarik, bahkan jelang menyambut akhir tahun, diskon-diskon terkait perjalanan liburan bertebaran. 

Tergiur diskon merupakan hal yang wajar, mendapatkan promo wisata merupakan kesempatan. Namun banyak promo dan diskon yang mengharuskan syarat menggunakan kartu kredit, sedangkan Anda tidak memiliki kartu kredit. 

Merencanakan liburan, sama halnya tengah merancangkan mencari suasana yang aman, nyaman, bahagia, dan kebersamaan. Jika Anda tipikal yang semua transaksi serba cash, pastikan Anda juga telah mengatur dana yang akan Anda persiapkan.

Berikut ini beragam persiapan menikmati liburan akhir tahun dengan transaksi serba tunai :

Waktu

Punya dana tapi tak punya waktu untuk berlibur, tentu saja Anda sulit untuk menikmati liburan. Jika Anda ingin liburan bersama keluarga atau sahabat, persiapan waktu tentu harus disesuaikan bersama-sama. Jika tanggal liburan sudah kompak, tentu persiapan selanjutnya bisa mulai disusun.

Tujuan Wisata

Kemana Anda akan pergi? Banyak biro perjalanan yang menawarkan harga kompetitif. Bahkan banyak biro perjalanan yang menawarkan begitu banyak informasi wisata. Hingga Anda juga dapat melihat perbandingan dari masing-masing biro perjalanan tersebut. 

Pilihlah yang menurut Anda mampu memberikan informasi detail, cepat tanggap, harga sesuai dan memiliki banyak testimoni positif. 

Promo biro perjalanan wisata biasanya dilihat dari jumlah anggota yang akan menjalankan perjalanan wisata.Saran untuk Anda, pastikan biro perjalanan yang Anda pilih sudah tercatat dalam keanggotan biro perjalanan di Indonesia. 

Apabila perjalanan wisata Anda tidak menggunakan jasa biro perjalanan wisata, Anda harus menggali informasi sebanyak mungkin yang berurusan dengan tarif.

Budget

Jika dana yang Anda gunakan berasal bukan dari dana hutang, tentu saja Anda tidak harus memikirkan pembayaran tagihan setelah liburan. Dari waktu dan tujuan wisata sudah Anda susun, tentu Anda sudah mulai memprediksi dana yang akan Anda cairkan. Seperti mencairkan dana tabungan yang memang sudah Anda persiapkan untuk berlibur.

Dari dana milik pribadi itu, Anda dapat mulai mempersiapkan: Budget transportasi, Akomodasi,Konsumsi, Obyek wisata di area destinasi, Oleh-oleh, hingga biaya tidak terduga. Jika liburan Anda akan menempuh jarak ke luar negeri, tentu Anda harus menyiapkan dokumen perjalan seperti paspor dan visa. 

Apabila Anda sudah menggunakan jasa biro paket wisata, tentu Anda juga harus mempersiapkan uang tunai pada saku Anda. Jangan tergantung dengan kartu ATM yang Anda miliki, pastikan dana tunai di dompet Anda tercukupi.

Budget Transportasi

Carilah informasi transportasi utama yang akan Anda gunakan. Kunjungilah situs-situs online penyedia jasa transportasi. Dan jangan lupa mencari transportasi Alternatif. Misalkan Anda akan berlibur ke Yogyakarta dengan menggunakan transportasi udara dengan tarif maskapai komersil antara Rp 740.000- Rp 800.000, perorang. 

Sedangkan tarif menggunakan jasa transportasi kereta api kelas executive berkisar antara Rp 290.000 – Rp 320.000. Penting untuk selalu mengetahui promo-promo dari jasa layanan informasi di situs-situs resmi terkait. Harga bisa selalu berubah-ubah tentunya.

Akomodasi

Carilah info dari internet untuk memesan penginapan dengan harga yang terjangkau sesuai budget. Pesan dari jauh hari biasanya harga bisa lebih murah. Misalkan Anda berlibur ke lokasi pegunungan kawasan Jawa Barat, banyak area penginapan/Villa yang menawarkan harga mulai dari  Rp 1.500.000,- untuk jumlah lebih dari 5 orang dengan fasilitas yang lengkap.

Makanan

Mulai dari cemilan hingga menu makan pagi, siang, dan malam. Jika Anda mengunjungi suatu kota yang mempunyai ciri khas makanan, rogohlah saku Anda untuk memanjakan lidah merasakan menu khas kota tersebut. Menikmati liburan, setidaknya ada pengalaman baru yang Anda rasakan. 

Namun Anda juga jangan melewatkan kesempatan mendapatkan promo apabila menemui restoran yang memberikan diskon untuk pengguna kartu debit. Seperti promo dari Bank Mandiri dengan fitur Fiesta point yang memberikan diskon hingga 30% untuk menu di Sushi Tei.

Obyek Wisata

 Ini berhubungan dengan dana tiket masuk obyek wisata. Sebelum anda berangkat berlibur, sebaiknya Anda sudah merinci lokasi mana saja yang akan Anda kunjungi. Cermatlah dalam memilih lokasi obyek wisata, sehingga Anda benar-benar menemukan liburan yang menyenangkan.

Buah Tangan

Tak ada salahnya membeli oleh-oleh untuk Anda berikan pada keluarga ataupun rekan-rekan. Dana membeli oleh-oleh sudah Anda persiapkan, dengan begitu Anda juga tidak harus ‘lapar mata’ dalam membeli oleh-oleh.

Berikut ini tabel kisaran budget rencana berlibur tujuan Jakarta - Puncak untuk 8 orang.  



Harga Qty Jumlah
Bensin
8000 40 liter 320.000,-





Tarif tol
8000
18.000,-





Villa
1.500.000 Paket 1.500.000





Paket makanan dari Villa
25.000,- 8 1000.000,-


(Perorang)



5 x menu makan

Snack
30000 8 240.000,-





Wisata Gunung Mas
15.000,- 8 120.000,-
Cibodas
10.000,- 8 80.000,-
Taman Bunga
30.000,- 8 240.000,-
Curug
11.000,- 8 88.000,-
Sub Total


3.606.000,-

Nah bagi Anda yang sudah memiliki kartu kredit atau berencana menggunakan kartu kredit untuk berlibur, Ada baiknya juga Anda menyimak ulasan penting dari 4 Alasan Kenapa Harus Liburan Pakai Kartu Kredit

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama