Panduan Berhemat saat Liburan

Berpelesiran sering menjadi tujuan banyak orang untuk melepas penat. Kegiatan ini terkait erat dengan ketersediaan dana dan anggaran. Namun, berhemat saat liburan adalah suatu hal yang tidak bisa dihindari.

  1. Panduan berhemat saat liburan
  2. Info penting saat liburan

Berwisata sering menjadi tujuan banyak orang untuk melepas penat. Rekreasi di akhir pekan pun menjadi pilihan. Timbul kegembiraan tersendiri bagi mereka pergi melihat matahari terbenam di Pantai Kuta atau menyelam bersama hiu di Karimun Jawa. Kita pun tergoda mengunjungi tempat-tempat wisata yang konon dijuluki ‘surga dunia’ tersebut.

Tapi tahukah Anda, apabila rencana wisata tidak direncanakan secara matang, bukan tidak mungkin itu akan berakhir bencana. Ada baiknya Anda mempersiapkannya dengan seksama. Mulai dari kesiapan sehat jasmani sampai dengan segi finansial.

1. Lakukan survei

Anda juga disarankan melakukan survei terlebih dahulu mengenai tujuan kota atau tempat yang akan dikunjungi. Mulai dari tiket kendaraan, penginapan, sampai makanan yang tersedia. Jangan memaksakan kehendak. Jika maksud hati ingin pergi ke Bangkok, jangan paksakan berpelesir ke sana jika kondisi keuangan tak mencukupi.

2. Cobalah buat perkiraan pengeluaran per hari ketika Anda ingin berpelesir

Dengan cara ini, Anda dapat memonitor secara langsung mengenai berapa banyak uang yang dibutuhkan dan berapa sisa uang yang Anda miliki. Dengan begitu, Anda akan mempunyai inisiatif untuk berhemat. Misalkan, dana penginapan satu hari akan menghabiskan Rp200.000, kemudian untuk uang makan 3x sehari Rp100.000, dan uang masuk ke arena rekreasi Rp50.000, sehingga total yang Anda keluarkan sebanyak Rp350.000 dalam satu hari. Lalu, Anda bisa menggandakan pengeluaran itu dengan lamanya Anda tinggal di tempat wisata. Ini memudahkan Anda untuk mengalokasikan dana menjadi tepat guna.

3. Gunakan peta sebagai petunjuk jalan

Meski kuno, peta tetap berperan penting dalam perjalanan wisata. Tidak hanya berfungsi sebagai penunjuk jalan agar tidak tersesat, membaca peta juga bisa menghemat keuangan Anda. Di dalam peta pun kadang terdapat informasi tentang pusat oleh-oleh murah.

Perhatikan peta dan arah jalan saat ingin berkunjung ke salah satu destinasi. Jika dirasa tidak terlalu jauh, Anda bisa mencari alternatif kendaraan. Malah, jika ingin berhemat lagi, Anda bisa jalan kaki ke tempat tujuan sambil menikmati pemandangan di kiri dan kanan jalan.

Apakah Anda ingin berlibur, tapi tidak punya dana? Jangan khawatir, Kredit GoGo mampu memberikan Anda solusi pinjaman pribadi, yang dimana bisa Anda gunakan untuk berlibur bersama keluarga. Atau Anda punya BPKB mobil? Anda bisa mengagunkannya dan mendapat pinjaman Rp200 juta bersama SMS Finance Sobat.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama