Menghasilkan Uang Saat Traveling, Bagaimana Caranya?

Traveling memang mengeluarkan banyak biaya. Namun tahukah kami ada beberapa cara yang bisa dilakukan ketika traveling dan dapat menghasilkan uang lho.

Kebanyakan orang beranggapan jika ingin traveling harus menyiapkan biaya yang banyak mulai dari tiket perjalanan, hotel, akomodasi, transportasi dan lain sebagainya. tetapi anggapan itu tidak sepenuhnya berlaku, ternyata traveling bisa juga kok menghasilkan uang.

Jadi Anda tidak hanya sekedar liburan dan membuang-buang uang saja, Anda juga bisa menghasilkan pemasukan tambahan ketika sedang traveling. Lalu apa saja yang bisa dilakukan ketika traveling dan dapat menghasilkan uang tambahan? Berikut ini adalah tips mencari pemasukan saat traveling

1. Mengajar Bahasa Indonesia di Luar Negeri

Ketika Anda mengunjungi negara lain dalam waktu yang cukup lama Anda bisa memanfaatkan waktu liburan tersebut sambil menjadi pengajar bahasa Indonesia. Saat ini banyak negara yang tertarik untuk mempelajari tentang kebudayaan Indonesia termasuk bahasanya.

Dengan minat orang dari negara lain untuk mengenal Indonesia kebutuhan untuk mempelajari bahasa Indonesia diluar negeri pun semakin meningkat. Misalnya saja di Negara Australia, ada berbagai organisasi yang mencari tenaga pengajar bahasa Indonesia. Oleh karena itu, Anda bisa mengambil peluang ini untuk menghasilkan uang tambahan ketika traveling.

2. Menjadi Musisi Jalanan

Jika Anda memiliki suara merdu dan rutin menyanyi di depan umum, Anda bisa memanfaatkan keahlian tersebut ketika berkunjung ke sebuah negara. Banyak traveler yang mencari tambahan uang saku dengan menghibur para pejalan kaki ketika mereka mengunjungi satu kota.

Beberapa jam memainkan lagu-lagu yang populer pada jam-jam sibuk dapat menghasilkan uang untuk melanjutkan perjalanan berikutnya. Salah satu contohnya adalah seorang pengamen bernama David Juriz. Dari hasil mengamennya, ia mengumpulkan uang sekitar £83 atau Rp 1,3 juta per hari. Ini cukup untuk membiayai seluruh perjalanannya.

Baca juga: 4 Alasan Kenapa Harus Liburan Pakai Kartu Kredit

3. Menjadi Jasa Titip Barang

Ini merupakan cara yang menarik untuk dilakukan. Anda pasti pernah mengalaminya ketika keluar negeri dan dititipi barang dengan teman-teman, saudara dan keluarga. Apabila Anda jeli sebetulnya kegiatan titip barang tersebut dapat mendatangkan keuntungan.

Anda bisa bergabung dalam situs bistip.com yang merupakan wadah untuk titip menitip barang. Jadi Di saat bepergian, Anda bisa membeli barang yang sekiranya berpotensi untuk dijual lagi, kemudian hasil penjualannya bisa digunakan untuk membiayai perjalanan selanjutnya.

4. Menulis Cerita Perjalanan

Cara paling mudah dan sudah banyak dilakukan oleh orang untuk mendapatkan uang ketika traveling adalah dengan menulis cerita perjalanan. Kalau Anda memiliki kemampuan menulis dan mempunyai cerita menarik untuk ditulis, tawarkan ide tulisan Anda ke majalah atau situs-situs yang relevan.

Anda juga bisa memulainya dengan blog travel Anda sendiri seperti situs blogger atau wordpress yang menawarkan platform gratis yang mudah untuk digunakan.

Biasanya, situs-situs traveling ini akan memberikan hadiah atau uang jika tulisan Anda dianggap bagus. Contohnya di detikTravel, 10 tulisan terbaik setiap bulan mendapatkan hadiah menarik dan satu tulisan mendapat uang tunai. Siapa tahu suatu saat Anda bisa menjadi travel blogger bayaran.


5. Menjual Foto Liburan

Jika menyukai fotografi dan pintar menghasilkan foto-foto yang bagus mungkin hal ini bisa Anda lakukan. Jadi ketika berlibur Anda bisa mencari tempat-tempat menarik untuk di foto. Anda mungkin bisa mendapatkan uang dari menjual foto-foto yang anda hasilkan.

Terdapat situs lokal seperti fotografer.net atau internasional situs istock.com yang memungkinkan fotografer untuk mengunggah hasil karya mereka dan kemudian menyebarkannya ke seluruh dunia. Jadi manfaatkan hobi Anda ini untuk menghasilkan uang. Tangkaplah setiap momen yang menarik saat traveling dengan lensa kamera Anda.

6. Menjadi Sukarelawan

VSO (Voluntary Service Overseas atau Pelayanan Sukarela Luar Negeri) adalah lembaga amal internasional, yang merekrut sukarelawan untuk bekerja di proyek-proyek mereka. Sukarelawan berasal dari berbagai macam latar belakang; ada berbagai posisi untuk anak muda yang tidak memiliki keahlian juga untuk para profesional yang memiliki pengalaman.

Anda dapat memanfaatkan kemampuan dengan baik dan bekerja di masyarakat setempat Anda dapat menyumbang tenaga dan pikiran dengan baik dan bekerja di masyarakat melalui lembaga ini. Sebagai imbalan untuk biaya hidup, akomodasi, tiket penerbangan dan pelatihan.

Baca juga: 4 Tips Berburu Tiket Pesawat Murah

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama