Liburan Murah Nan Cantik di Kepulauan Seribu

Ingin menghabiskan akhir pekan dengan berlibur ke tempat murah serta tidak jauh dari pusat Kota Jakarta? Kepulauan Seribu jawabannya! Berikut kami hadirkan rincian biayanya.

Liburan di ibu kota tidak hanya mal dan museum saja, lho. Karena Jakarta punya Kepulauan Seribu dengan puluhan pantai yang sangat cantik!

Gugusan kepulauan di sisi utara pantai Jakarta ini memiliki berbagai pilihan destinasi wisata yang cocok untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga.

Kepulauan Seribu merupakan pesona yang banyak diminati oleh wisatawan. Nuansa pulau kecil, pantai pasir putih terhampar di tengah laut, serta barisan pohon kelapa, seakan merupakan surga yang diidam-idamkan oleh setiap wisawatan untuk berkunjung.

Selain menawarkan keindahan alam, Kepulauan Seribu juga dikenal sebagai wisata murah yang tidak akan membuat kantong wisatawan jebol. Dengan biaya terjangkau, Anda sudah bisa menikmati pemandangan cantik yang tidak jauh dari pusat Kota Jakarta.

Pulau Tujuan

Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu terbagi menjadi 2 kecamatan, yakni Kepulauan Seribu Utara dan Kepulauan Seribu Selatan.

Pulau-pulau seperti Pulau Untung Jawa, Pulau Tidung, Pulau Pari, Pulau Pramuka, dan Pulau Harapan merupakan pulau wisata (non-resort) yang umumnya dikunjungi wisatawan.

Di sekeliling pulau-pulau besar tersebut juga terdapat pulau-pulau kecil seperti Pulau Perak, Pulau Bulat, Pulau Semak Daun, Pulau Bira, dan Pulau Dolphin.

Jika ingin melihat pulau-pulau resort seperti Pulau Putri dan Pulau Macan, umumnya pengelola pulau akan mengenakan biaya bersandar di dermaga mereka sebesar Rp 50.000 per orang.

Anda menyukai wisata alam dan sejarah? Maka Anda bisa melakukan one day trip 3 pulau di kepulauan seribu, yakni ke Pulau Kelor, Pulau Cipir, dan Pulau Onrust. Untuk melakukan ini, Anda harus menyewa kapal kecil dari Pelabuhan Muara Kamal dengan biaya sekitar Rp 500.000 per kapal per hari.

Transportasi ke Kepulauan Seribu

Terdapat 2 pilihan untuk menuju ke masing-masing pulau wisata di Kepulauan Seribu, yaitu dengan kapal tradisional (kapal kayu) dan kapal cepat (KM Kerapu atau speedboat).

Jika memilih untuk naik kapal tradisional atau KM Kerapu, Anda harus menuju Pelabuhan Kali Adem yang terletak di belakang Pasar Ikan Muara Angke, Jakarta. Namun jika ingin naik speedboat, maka Anda harus naik dari Dermaga Marina, Ancol, Jakarta. Berikut adalah rincian harganya.

1. Harga tiket kapal tradisional untuk masing-masing tujuan wisata pulau di Kepulauan Seribu:

-Pulau Pramuka: Rp 45.000/orang.

-Pulau Tidung: Rp 45.000/orang (non AC) atau Rp 86.000 (AC).

-Pulau Harapan: Rp 55.000/orang.

-Pulau Pari: Rp 40.000/orang.

Harga tersebut belum termasuk biaya peron Rp 2.000 per orang. Jadwal keberangkatan kapal tradisional menuju Kepulauan Seribu adalah:

-dari Pelabuhan Kali Adem: Hari Senin s/d Jumat pukul 07.00 WIB dan hari Sabtu pukul 07.00 – 07.30 WIB;

-dari masing-masing pulau: Hari Senin s/d Kamis dan Sabtu pada pukul 07.30 WIB dan hari Jumat & Minggu pada pukul 07.30 WIB & 10.00 WIB/13.00 WIB.

2. Harga tiket KM Kerapu untuk masing-masing tujuan wisata pulau di Kepulauan Seribu:

-Zona I (Pulau Untung Jawa, Pulau Lancang, Pulau Pari): Rp 40.000/orang.

-Zona II (Pulau Payung, Pulau Tidung, Pulau Pramuka, Pulau Kelapa): Rp 50.000/orang.

Harga tersebut belum termasuk biaya peron Rp 2.000 per orang dan biaya asuransi Jasa Raharja Rp 2.000/orang). Jadwal keberangkatan KM Kerapu menuju Kepulauan Seribu adalah:

-loket dibuka pada pukul 06.30 WIB dan tutup pada pukul 07.30 WIB;

-dari Pelabuhan Kali Adem: Setiap hari pukul 09.00 WIB dan pukul 11.00 WIB;

-dari masing-masing pulau: Setiap hari pukul 13.00 WIB dan pukul 14.00 WIB.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Hemat untuk Berakhir Pekan di Jakarta

Biaya Penginapan

Saat berwisata ke pulau wisata non-resort, Anda tidak akan menjumpai hotel mewah, melainkan homestay atau penginapan sederhana. Meski sederhana, penginapan di sana terbilang cukup nyaman dan mayoritas memiliki fasilitas lengkap seperti AC, dapur, dan kasur springbed.

Harga sewa penginapan di Kepulauan Seribu pun cukup beragam, tergantung pada fasilitas yang tersedia. Jika pergi berlibur dengan rombongan, akan lebih nyaman untuk sewa 1 rumah yang memiliki beberapa kamar.

Untuk homestay sederhana di Kepulauan Seribu tarifnya mulai dari Rp 200.000, penginapan dengan fasilitas cukup lengkap mulai dari Rp 400.000, sedangkan 1 rumah biasanya dikenakan biaya Rp 1 juta per malam (memiliki 2-3 kamar dengan AC).

Biaya Makan dan Sewa Kapal

Bagaimana dengan makanan? Anda tak perlu khawatir, karena di masing-masing pulau terdapat warung makanan. Bahkan di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, terdapat minimarket.

Anda pun bisa memesan makanan di tempat Anda menyewa penginapan dengan harga bersahabat, mulai dari Rp 15.000 per orang per porsi.

Untuk biaya sewa kapal di Kepulauan Seribu pun relatif murah, mulai dari Rp 300.000 untuk kapal kecil berkapasitas maksimal 6 orang. Sedangkan kapal lebih besar (kapasitas 10 orang), biaya sewanya mulai dari Rp 400.000 per hari.

Jadi, sudah siapkah bertualang ke Kepulauan Seribu? Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam mempersiapkan budget-nya. Selamat berlibur!

Baca juga: 5 Rekomendasi Seafood Kaki Lima di Jakarta

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama