Jalan-Jalan Ke Tempat Wisata Halal Unggulan di Indonesia

Wisata halal Indonesia kian menggaung di kancah pasar muslim internasional. Bahkan wisata halal Indonesia berhasil naik ke peringkat ke empat setelah Malaysia, Uni Emirat Arab dan Turki.

Indonesia menjadi tempat potensial untuk menjadi pusat wisata halal dunia. Hal itu dikarenakan syarat sarana dan pelayanan wisata halal yang mayoritas telah dipenuhi Indonesia.

Pariwisata halal dalam beberapa waktu terakhir menjadi tren di dunia dengan berbagai potensi besar yang mungkin untuk dikembangkan di dalamnya. Banyak negara lain sudah mempersiapkan diri menjadi destinasi wisata halal seperti Australia, Tiongkok, dan Jepang.

Lalu di mana saja lokasi-lokasi wisata halal unggulan yang bisa menjadi destinasi pilihan Anda?

masjid megah

Tempat Wisata Halal Unggulan di Indonesia

Wisata halal Indonesia makin diperhitungkan di tingkat dunia. Buktinya tahun 2015 lalu meraih 3 penghargaan sekaligus dalam perhelatan puncak The World Halal Travel Summit & Exhibition 2015, Model The Fastest Growing Tourism Sector, yang digelar 19-21 Oktober 2015 di Abu Dhabi, Uni Arab Emirate.

Indonesia sendiri memiliki 12 destinasi halal yaitu Aceh, Sumatra Barat, Riau, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Selatan. Namun ada beberapa tempat wisata unggulan yang menjadi fokus pengembangan destinasi wisata halal.

1. Lombok, Pulau Seribu Masjid

NTB menjadi daerah kunjungan pertama karena warga Timur Tengah dan wisatawan dari negara 4 musim senang dengan destinasi tropis. Terkhusus Lombok yang dijuluki sebagai Pulau Seribu Masjid.

Sebagai pulau yang memiliki ribuan masjid, ini jadi keunggulan tersendiri bagi peminat Islam, dan memudahkan traveler Muslim yang ingin beribadah. Kemudian akomodasi penginapan dan berbagai akomodasi semua mendukung wisatawan muslim.

Hotel di Lombok mayoritas siap Muslim Friendly atau Halal Ready, seperti petunjuk arah kiblat, alat salat, dan kitab suci di dalam kamar. Poin-poin tersebut kan bisa menarik minat para turis Muslim dan membuat mereka tenang jika ingin liburan ke Lombok.

2. Aceh, Kota Serambi Mekah

Ibu kota provinsi Aceh itu sendiri sudah terlebih dulu ditasbihkan sebagai World Islamic Tourism pada 2014 lalu. Geliat Pariwisata di Aceh memang sudah cukup tinggi, hampir 10 ribu setiap tahunnya kedatangan wisatawan mancanegara.

Sebagai daerah yang sudah memberlakukan syariat Islam,wisata Aceh akan didukung dengan ketentuan dan fasilitas yang sudah pasti berlabel halal. Aceh yang notabenenya menerapkan syariat Islam menjalankannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam pengelolaan objek wisata.

Beberapa potensi wisata halal di Aceh adalah berupa wisata reliji, sejarah, tsunami, wisata alam, dan akomodasi yang mendukung kepariwisataan. Ada juga kebijakan pemisahan pantai untuk laki-laki dan perempuan, walaupun menimbulkan respon beragam, namun mengarah ke tanggapan positif

3. Bandung, Paris Van Java

Bandung, Paris Van Java

Bandung kini telah menjadi salah satu lokasi favorit yang wajib untuk Anda kunjungi. Bandung, kini telah memiliki semakin banyak lokasi wisata halal untuk dikunjungi. Baru-baru ini, di Bandung telah dibuka Kampoeng Bakery yang menjadi sebuah kawasan kuliner berbagai kue dengan label halal.

Di lokasi tersebut, Anda dapat menemukan berbagai makanan lezat yang telah dipastikan halal karena telah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI. Anda juga dapat menemukan berbagai jenis kue dan makanan khas Bandung yang tentunya sangat lezat untuk dijadikan sebagai lokasi kunjungan Anda pada liburan selanjutnya.

4. Jakarta, Ibukota yang Tak Pernah Padam

Jakarta sebenarnya sangat berpotensi menjadi kota utama wisata halal dunia. Tidak melulu berdasarkan jumlah masyarakat Muslim mayoritas di Ibu Kota, tetapi pada banyaknya fasilitas yang ada di Jakarta.

Hal itu ditandai dengan masuknya Jakarta dalam nominasi destinasi terbaik wisata halal dunia 2015 di Uni Emirat Arab. Potensi wisata halal di Jakarta bisa pada sisi belanja. Pasalnya Jakarta menjadi destinasi shopping paling lengkap. Ini menjadi peluang besar, karena 90 persen wisata Muslim suka shopping.

Berwisata Lebih Berkesan 

kode seri kartu kredit

Memang tidak bisa dipungkiri, setiap Anda ingin berpergian, faktor kemudahan dan kenyamanan menjadi prioritas utama agar jalan-jalan terasa semakin berkesan. Tentunya Anda tidak ingin momen penting terlewatkan untuk menikmati beragam tempat wisata halal di Indonesia.

Maka tak ada salahnya untuk memaksimalkan semua kebutuhan traveling hanya dalah satu kartu. Kartu kredit yang diciptakan khusus untuk mendukung kegiatan berwisata para penggunanya dilengkapi beragam fitur yang tidak hanya memudahkan tetapi sekaligus menguntungkan.

Misalnya saja akses ruang tunggu bandara, Anda pasti bisa membayangkan menunggu pesawat delay dalam jangka waktu yang lama akan sangat membosankan, otomatis kenyamanan Anda dalam perjalanan terganggu.

Nah, dengan Kartu Kredit Citibank Premier Miles Visa Signature semua itu bisa dilalui dengan akses eksklusif! Anda bisa menikmati ruang tunggu nyaman bertabur fasilitas kelas satu di 700 airport lounge seluruh dunia.

Selain kenyamanan Anda tentunya ingin juga sebuah kesempurnaan untuk mendapatkan penawaran terbaik. Kartu Kredit Citibank Premier Miles Visa Signature memberikan penawaran terbaik untuk Anda bisa mewujudkan terbang gratis ke destinasi impian lebih cepat hanya dengan menukarkan poin premier mile.

Kartu kredit ini dipersembahkan khusus untuk mewujudkan wisata impian Anda dan keluarga untuk keliling dunia. Anda bisa mewujudkan terbang gratis wisata keliling dunia sesuai keinginan Anda dengan mengumpulkan Mileage dan Frequent Flyer lebih cepat.

Jadi apakah Anda tertarik untuk mendapatkan keistimewaan setiap perjalanan kemanapun? Yuk lihat review lengkap produk Kartu Kredit Citibank Premier Miles Visa Signature di KreditGoGo. Raihlah keuntungan lebih dengan hadiah istimewa yang mebuat hidup Anda semakin berarti.

Baca juga:
5 Pilihan Hotel Syariah di Indonesia
Mencari yang Halal! Ajukan Produk Bank Syariah!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!

  • afnioriestiaaa

    wah artikel yang sangat menarik, terimakasih ya. Saya merekomendasikan website pariwisata yang dapat menambah wawasan, silahkan kunjungi http://pariwisata.gunadarma.ac.id/

    Reply