Ini Dia, Fakta dan Mitos Agen Perjalanan Lebih Mahal

Sebagai orang yang senang berpelesiran, tentu kita dihadapkan pilihan; jalan-jalan bareng teman atau menggunakan agen perjalanan? Namun, tidak selamanya agen perjalanan itu berbiaya mahal.

  1. kerjasama
  2. agen perjalan untuk wisata tertentu
  3. biro perjalanan wisata juga bisa menyesuaikan dengan keinginan para pelancong

Fakta dan Mitos Agen Perjalanan Lebih Mahal

Pantai Gili Trawangan

Asyik ya, bepelesiran dan menyelam di Pantai Gili Trawangan seperti di atas? Bagi kamu yang ingin berpelesiran bareng teman, tentu pilihannya adalah mencari kawan yang juga mau ke sana. Itu agar kita bisa berbagi tanggungan dana. Tapi bagi kamu yang berencana memakai agen perjalanan, pasti akan berpikir, “Ah mahal pakai travel agent. Kalau mahal enggak jadi deh.”

Tidak bisa dipungkiri. Berwisata dengan agen perjalanan memang dicitrakan sedikit lebih mahal. Tapi jika kamu pandai mencari informasi, justru ada beberapa agen perjalanan malah menyediakan harga yang lebih murah dibanding jalan-jalan sendiri.

Kerja Sama

Seperti dikutip Kompas Travel, agen perjalanan yang kadang dicitrakan lebih mahal malah agak sulit untuk mendapatkan pasar tersendiri. Saat ini masyarakat Indonesia kian gemar untuk jalan-jalan, baik untuk jarak dekat maupun jarak jauh. Dengan minat yang tinggi tersebut, biayanya malah bisa jadi akan semakin murah. Agen perjalanan ini umumnya digemari oleh peminat yang gemar berpelesiran secara berkelompok, misalnya tur ke Lombok. Atau ada juga kelompok tur yang berminat jalan-jalan ke Wakatobi. Agen-agen perjalanan tersebut biasanya memiliki kerja sama dengan maskapai penerbangan terkait harga spesial, misalnya jalan-jalan ke Wakatobi sudah termasuk tiket pulang-pergi di Bandara Matohara.

Agen Perjalanan untuk Wisata Tertentu

Menurut Kenny Santana, pemilik sebuah akun Twitter dengan nama @KartuPos, agen perjalanan akan lebih berguna bila kita berniat mengunjungi tujuan-tujuan yang secara prosedural/administrasi sulit untuk dikunjungi. Misalnya ke Turki. Menurut dia, ada paket wisata dari sebuah agen perjalanan yang memberi penawaran dengan harga sekitar 899 Dollar AS. Itu sudah termasuk tiket pesawat dan akomodasi di sana. Sementara bila kita berangkat sendiri, tiket pesawatnya saja sudah habis sekitar 700 Dollar AS.

Sama halnya bila Anda berniat berwisata ke Rusia. Bagi Anda yang berencana berwisata secara sendiri, mengurus visa mungkin akan lebih sulit dibanding mereka yang menggunakan agen perjalanan. Mengapa? Itu karena agen perjalanan yang mengurus wisata ke Rusia tentu sudah memiliki jaringan yang luas, sehingga proses administrasi apa pun di Rusia tentu akan menjadi lebih mudah.

Selain itu, biro perjalanan wisata juga bisa menyesuaikan dengan keinginan para pelancong ketika mengunjungi tempat-tempat tertentu. Dalam hal berwisata secara berkelompok, ini akan menjadi kelebihan tersendiri. Misalnya Anda ingin berwisata rohani ke Israel, Yerusalem. Berpelesir ke sana secara berkelompok akan mendapat pengalaman tersendiri dibanding berpelesir secara tunggal atau teman. Itu dikarenakan Indonesia sendiri belum ada hubungan resmi diplomatik dengan Israel. Maka, berwisata secara kelompok adalah pilihan terbaik.

Terlepas dari itu semua, kita pada dasarnya bisa memilih variabel yang cocok untuk kita. Misalnya, kita bisa memilih paket tur dan akomodasi tanpa tiket perjalanan, atau kita bisa juga pilih tiket perjalanan dan akomodasi tanpa menggunakan paket tur itu jika sudah sampai di tempat tujuan.

Nah, pada dasarnya kita tidak harus menggunakan biro perjalanan untuk setiap acara jalan-jalan. Bahkan kadang bisa lebih murah dengan pelesiran sendiri. Tapi, ada juga destinasi yang bisa jauh lebih murah jika kita menggunakan agen perjalanan secara berkelompok. Itu tergantung pilihan Anda!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama