Idul Fitri ke Bandung? Ke Sini Nih Enaknya

Bagi orang urban, libur Lebaran adalah saat menyenangkan. Melepaskan penat semasa puasa dan bersilaturahmi menjadi waktu yang tepat. Sebagian besar orang Jakarta, ke Kota Kembang jadi pilihan yang menarik. Ke mana ya enaknya?

  1. kawah putih ciwidey
  2. gunung tangkuban perahu
  3. lembang
  4. wisata air panas ciwalini
  5. air terjun curug cinulang

Hari yang ditunggu telah tiba. Hari kemenangan. Hari bersilaturahmi. Hari ketika kita merendahkan hati serendah-rendahnya untuk semua kesalahan yang telah dibuat, baik disengaja maupun tidak. Hari menjalin kembali tali persaudaraan yang pernah putus di antara anggota keluarga. Luapan pemaafan kini tidak bisa dibendung kepada orang tua, adik, kakak, paman, dan anggota keluarga. Momen untuk sadar diri bahwa kita sebagai manusia telah banyak melakukan kesalahan besar. Inilah Idul Fitri.

Hari pertama lebaran mungkin sebagian besar dari kita akan meluangkan waktu bersama keluarga. Bersilaturahmi bersama orang tua, keluarga terdekat, kemudian tetangga. Di hari kedua, bagi sebagian kecil masyarakat kita mungkin akan melakukan ziarah ke makam nenek atau kakek yang mereka banggakan, atau bahkan ke makam orang tua mereka yang sudah lama meninggal. Suatu tradisi yang tidak akan pernah dilupakan orang Indonesia.

Dan masih di libur lebaran, umumnya orang Indonesia akan mencari destinasi lebaran yang tidak jauh dan masih terjangkau isi dompet. Ini pun relatif terhadap masing-masing orang. Ada yang suka berpelesiran cukup jauh. Ada yang ingin sekadar ke pantai, dan ada yang ingin benar-benar di rumah. Merenung. Bahkan jauh tertidur pulas. Hehehee..

Jika kamu berniat mengisi libur lebaran, kota paling tepat mungkin bisa ke Kota Kembang. Kota ini pas bagi kamu yang menyukai wisata kuliner dan belanja. Suasananya masih cukup nyaman dan sejuk kok. Sebagai kota kreatif, Bandung identik dengan distro dan mode pakaian (fashion). Selain itu juga ada bangunan bersejarah yang bisa menjadi spot menarik untuk belajar fotografi.

Nah jika kamu berniat mau pelesiran sejenak ke Bandung, di bawah adalah beberapa tujuan menarik yang pernah penulis kunjungi untuk lebaran.

Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey

Ya, betul. Kamu pasti pernah ke tempat ini. Tapi jangan salah, destinasi wisata yang satu ini tetap menjadi andalah untuk pelesiran. Bukan hanya di libur lebaran, tapi juga di libur sekolah. Biasanya harga tiket sedikit naik pada masa lebaran, tapi masih jauh lebih murah ketimbang ke Trans Studio Bandung, Taman Mekarsari, atau Taman Safari.

Pemandangan di sini tidak kalah indah. Lebih bagus jika kamu bawa peralatan fotografi, dan seorang gadis manis sebagai objek foto. Lalu, buatlah sebuah eksperimen berfoto kamu. Di kawah putih ini kamu bisa merenung menikmati keunikan dan keagungan ciptaan Tuhan. Dengan begitu kamu bisa lebih bersyukur.

Untuk mencapai kawah putih Ciwidey, kamu hanya perlu mengeluarkan kocek sekitar Rp. 150.000 untuk kendaraan pribadi (tidak dihitung per kepala). Lebih murah lagi jika kamu menggunakan mobil van yang tersedia di sana. Kondisi jalanan pun tidak terlalu lebar. Lokasinya pun masih relatif dekat, yaitu di wilayah Bandung Selatan, Soreang. Kalau dari Bandung bisa ditempuh hanya dengan 1 jam perjalanan.

Gunung Tangkuban Perahu

Jika kamu berniat melihat gunung, wisata ke Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu yang menarik. Jangan salah lho! Destinasi ini juga ramai oleh turis lokal maupun mancanegara. Hampir sama seperti Kawah Putih, objek wisata yang satu ini menawarkan keindahan alam berupa kawah yang masih menyemburkan aroma sulfur atau belerang. Di gunung ini, kamu bisa menikmati keindahan beberapa kawah sekaligus, yaitu Kawah Ratu, Kawah Domas, serta Kawah Upas.

Untuk tiket masuk sendiri, satu orang wisatawan lokal dikenakan harga Rp. 17.000, sedangkan untuk wisatawan mancanegara dikenakan harga RP. 75.000. Tertarik untuk menghabiskan waktu di sini?

Lembang

Tempat selanjutnya adalah Lembang. Kalau kamu dan keluarga punya rencana menginap, terutama bagi mereka keluarga muda, daerah Lembang dan Dago merupakan tempat yang cocok untuk beristirahat dari kepenatan kota. Nikmati hawa sejuk dan pemandangan nan asri di tempat ini. Lembang adalah tempat alternatif untuk keluarga besar yang ingin mengadakan acara tersendiri.

Kota ini juga tempat yang cocok untuk beristirahat bagi mereka yang berasal dari luar kota yang kemalaman, setelah siang harinya berwisata di Kota Bandung. Jangan lupa untuk memesan penginapan jauh-jauh hari ya. Dijamin deh kamu tidak akan kebagian tempat kalau pesan kamar secara mendadak.

wisata air panas Ciwalini

Wisata Air Panas Ciwalini

Setelah dari Kawah Putih, kamu bisa mandi di pemandian air panas Ciwalini. Di tempat wisata ini, kamu bisa berendam sepuasnya deh. Berendam di kolam air panas ditemani pemandangan alam yang indah. 

Coba bayangkan, di tengah-tengah hawa dingin pegunungan lalu masuk ke pemandian air panas. Aih, nikmatnya! Pasti rasanya sangat mengasyikkan. Saat berendam, kehangatan air akan meregangkan otot-otot tubuh kita yang kaku.

For your info, air panas Ciwalini juga mengandung mineral baik lho untuk kulit. Mineral ini tidak hanya membuat tubuh kita terasa lebih segar, tapi juga diyakini bisa mengobati berbagai penyakit kulit. 

Untuk harga tiket, perorangan dibanderol Rp. 12.000, kendaraan roda dua Rp. 2.000, kendaraan roda empat Rp. 3.500, bus/truk dikenakan Rp. 15.000, sedangkan wisatawan mancanegara Rp. 19.000. Tertarik mandi air panas?

air terjun Curug Cinulang

Curug Cinulag

Ini adalah obyek wisata alam berupa air terjun yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Bandung dengan Kabupaten Garut, Jawa Barat. Walau secara geografis obyek wisata ini terletak di dua kabupaten, tapi secara administratif air terjun ini terletak di Kabupaten Sumedang. 

Untuk mencapainya relatif mudah, cukup lalui saja tol Cipularang sejauh 38 km ke arah timur. Kalau sudah sampai di sekitar Kilometer 11 jalan Bandung-Garut, ada papan petunjuk menuju lokasi wisata ini. Dari papan petunjuk ini masih harus menempuh 2,5 km lagi ke arah timur. Sampai deh!

Air terjun nan indah ini cukup membayar Rp. 2.000/orang untuk tiket masuk. Kalau bawa kendaraan, kamu cukup Rp. 1.000/kendaraan. Keren kan? Di sepanjang perjalanan menuju curug ada banyak warung-warung yang menjual makanan dan minuman maupun aksesoris khas tempat wisata. Suka ke air terjun?

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama