Cara Mengurus Visa ke Jepang

Berencana ingin wisata ke Jepang dan mengurus visanya? Berikut kami hadirkan langkah-langkahnya agar proses mendapatkan visa menjadi lebih cepat dan lancar.

Bagi Anda yang berencana mengunjungi Negeri Matahari Terbit, maka memiliki visa adalah suatu kewajiban. Seperti diketahui bahwa visa merupakan sebuah rekomendasi yang diberikan kepada warga negara asing untuk dapat masuk ke suatu negara.

Untuk Visa kunjungan wisata ke Jepang ada beberapa macam. Dalam hal ini, kami ingin memberikan langkah-langkah dalam mengajukan Visa Kunjungan Sementara untuk Tujuan Wisata dengan Biaya Sendiri.

Berikut adalah kondisi yang dimaksud Visa Kunjungan Sementara untuk Tujuan Wisata dengan Biaya Sendiri:

  1. Pergi atas biaya sendiri, bukan hadiah apapun atau atas tanggungan siapapun;
  2. Pergi tanpa agen tur, seseorang mengatur sendiri seluruh perjalanan;
  3. Tidak memiliki kenalan teman atau keluarga apapun di Jepang;
  4. Murni hanya untuk jalan-jalan, bukan kuliah, kursus, bisnis.

Dokumen Mengurus Visa ke Jepang

Sejumlah dokumen harus disiapkan untuk mengurus Visa ke Jepang. Berikut adalah daftar kelengkapan dokumen untuk mengurus Visa Kunjungan Sementara untuk Tujuan Wisata dengan Biaya Sendiri, sesuai ketentuan dari Kedutaan Besar (Kedubes) Jepang.

  1. Paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan ke depan.
  2. Formulir permohonan Visa. Bisa diunduh di website Kedubes Jepang.
  3. Pas foto terbaru ukuran 4,5 x 4,5 cm. Diambil 6 bulan terakhir dan warna latar putih, bukan hasil editan dan harus fokus. Disarankan untuk membuatnya di studio foto yang biasa menerima pas foto untuk pembuatan Visa.
  4. Fotokopi KTP.
  5. Fotokopi Kartu Mahasiswa atau Surat Keterangan Belajar (bila masih mahasiswa).
  6. Print-out bukti pemesanan tiket (atau dokumen lain yang dapat membuktikan tanggal masuk-keluar Jepang).
  7. Itinerari selama perjalanan di Jepang/jadwal perjalanan (semua kegiatan sejak masuk-keluar Jepang). Harus menggunakan template formulir itinerari yang telah disediakan.
  8. Fotokopi dokumen yang bisa menunjukkan hubungan dengan pemohon, seperti Kartu Keluarga, Akta Lahir, dan lain sebagainya (bila pemohon lebih dari satu).
  9. Fotokopi bukti keuangan, seperti rekening koran atau buku tabungan 3 bulan terakhir (bila penanggung jawab biaya bukan pemohon, maka harus melampirkan dokumen yang dapat membuktikan hubungan dengan penanggung jawab biaya).

Agar prosesnya lancar, semua dokumen harus dilengkapi dan disusun berdasarkan urutan yang disebutkan di atas.

Mengisi Formulir Permohonan Visa ke Jepang

Berikut adalah tahapan mengisi formulir permohonan Visa ke Jepang.

  1. Untuk penulisan nama yang menggunakan 1 nama, cukup meletakkan nama di bagian Given Name (bukan Surname).
  2. Untuk bagian akomodasi yang diminta, diisikan dengan hotel yang pertama kali ditempati saja, sisanya disertakan bukti pemesanan hotel bersamaan dengan print-out tiket pesawat.
  3. Untuk bagian kenalan/keluarga yang ada di Jepang, jika memang tidak akan mengunjungi mereka selama di Jepang maka tidak perlu ditulis.

Tempat Pengajuan Visa Jepang

Untuk mengurus Visa ke Jepang bisa datang langsung ke Kedubes Jepang di Jakarta atau ke beberapa kantor konsulat Jepang yang berada di Surabaya, Medan, Denpasar, dan Makassar. Hari dan jam kerja bagian Visa adalah:

  • Hari Senin – Jumat (kecuali pada hari libur nasional dan libur Kedutaan)
  • Pengajuan permohonan Visa: pukul 08:30 - 12:00
  • Pengambilan paspor: pukul 13:30 - 15:00

Biaya pengajuan Visa ke Jepang

Mulai 1 April 2015, biaya Visa adalah sebagai berikut.

Harga VISA (per 1 April 2015)

Harga Lama Harga Baru
1. Visa Single Entry Rp 320.000 Rp 330.000
2. Visa Multiple Entry Rp 640.000 Rp 660.000
3. Visa Transit Rp 70.000 Rp 80.000

Proses Pengajuan dan Pengambilan Visa

Dalam proses pengajuan Visa, sebaiknya Anda datang lebih pagi sekitar pukul 08:00. Apabila tidak dapat hadir sendiri, maka dapat diwakilkan. Misal sekeluarga mau ke Jepang, yang datang memasukkan dokumen ke kantor konsulat Jepang bisa hanya perwakilan satu orang saja.

Bahkan, bisa juga menggunakan agen ataupun nitip ke kurir kantor tempat Anda bekerja. Namun, untuk hal ini harus menggunakan surat keterangan berkop surat kantor.

Lalu, antrilah di bagian antrian Visa dan akan diperbolehkan masuk per 5 orang. Siapkan KTP asli karena harus menitipkan KTP untuk ditukarkan dengan gelang kartu akses pengunjung. Kemudian, masuk ke bagian mesin Xray untuk pemeriksaan barang/tas.

Begitu masuk ke area loket dan ruang tunggu, langsung ambil nomor antrian di salah satu mesin yang disediakan. Pastikanlah mengambil di mesin A khusus untuk antrian visa.

Setelah menyerahkan dokumen secara lengkap, maka selesailah tahapannya. Proses pembuatan Visa minimal 4 hari kerja. Saat melakukan pengambilan dan pembayaran Visa, Anda harus menyiapkan uang tunai dalam rupiah.

Baca juga: Tetap Bisa Berlibur Walaupun Biaya Hidup Meningkat


0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama