7 Cara Mudah Siapkan Dana Liburan

Berlibur merupakan sebuah kegiatan yang menyenangkan tetapi terkadang membebani keadaan finansial Anda. Berikut ini adalah beberapa piliah investasi dana liburan yang bisa Anda pilih untuk mengatasi hal tersebut.

Liburan merupakan sebuah kegiatan yang sangat ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Dengan berlibur kita bisa sejenak melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari dan menikmati waktu untuk kita sendiri.

Tetapi, liburan bisa menjadi sebuah boomerang untuk keadaan finansial bila tidak direncanakan dengan baik. Mahalnya biaya akomodasi dan perjalanan bisa menjadi membuat Anda harus mengorbankan uang dan tabungan Anda untuk membayar biaya liburan. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar keuangan Anda bisa terjaga saat berlibur.

Manfaatkan Tabungan Berjangka

Sebelum Anda berangkat liburan, sebaiknya menyiapakan dana terpisah untuk berlibur dengan menabung terlebih dahulu. Tabungan ini nantinya bisa Anda manfaatkan sesuai dengan kebutuhan selama berada di tempat tujuan.

Anda bisa melakukan proyeksi berapa kira-kira dana yang Anda butuhkan seama berlibur dan menyiapkannya dalam bentuk tabungan jauh-jauh hari.

Atur Rencana Liburan

Sebelum Anda berangkat, buatlah rencana kegiatan dan tempat wisata yang akan Anda kunjungi selama berlibur. Dengan membuat rencana kegiatan, Anda bisa mengecek harga dan juga biaya yang harus Anda habiskan ketika berlibur nanti.

Selain itu, Anda juga bisa melihat apakah ada potongan harga atau promo yang bisa Anda manfaatkan dengan advance booking atau pembayaran dengan kartu kredit.

Pesan Tiket Lebih Awal

Untuk mendapatkan harga tiket yang lebih murah, Anda sebaiknya memesan tiket keberangkatan beberapa bulan sebelum tanggal keberangkatan. Karena harga tiket yang dijual menjelang hari keberangkatan biasanya akan memiliki harga jauh lebih mahal.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan promo pembelian tiket dari kartu kredit untuk keberangkatan pada tanggal-tanggal tertentu. Dengan melakukan hal ini maka Anda bisa menghemat uang lebih banyak.

Booking Hotel Murah

Biaya penginapan biasanya juga menjadi salah satu biaya yang cukup besar ketika berlibur. Untuk mengurangi biaya ini Anda bisa memesan penginapan jauh-jauh hari agar Anda bisa mendapatkan kamar dengan harga murah.

Baca juga: 6 Alasan Garuda Indonesia Jadi Maskapai Penerbangan Favorit

Sama seperti tiket penerbangan, Anda juga bisa memanfaatkan promo kartu kredit untuk mendapatkan potongan harga untuk hotel-hotel tertentu. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan aplikasi penginapan murah seperti Airbnb untuk mendapatkan penginapan dengan harga murah.

Simpan Uang Tunai

Selain untuk memesan tiket perjalanan dan penginapan, kartu kredit bisa juga dimanfaatan ketika berada di tempat tujuan liburan. Anda bisa menggunakan kartu kredit di merchant-merchant tertentu yang memberikan promo potongan harga untuk makanan dan juga layanan tertentu.

Asuransi Perjalanan

Untuk melindungi Anda selama perjalanan liburan, Anda bisa memanfaatkan asuransi perjalanan yang saat ini banyak ditawarkan. Asuransi perjalanan akan memberikan perlindungan kepada Anda jika terjadi hal-hal yang idak diinginakn seperti keperluan pengobatan atau kecelakaan ketika berada di tempat liburan.

Beberapa asuransi perjalanan juga memberikan perlindungan atas kehilangan barang ketika Anda sedang berlibur.Dengan menggunakan asuransi perjalanan, Anda bisa tetap berlibur tanpa perlu khawatir untuk berbagaihal yang mungkin terjadi selama perjalanan.

Manfaatkan Paket Wisata

Bila Anda memang tergolong orang yang sulit mengatur berbagai keperluan liburan seorang diri, maka tidak ada salahnya Anda menggunakan paket wisata yang banyak ditawarkan saat ini. Paket wisata yang ditawarkan biasanya sudah berupa penginapan dan juga akomodasi perjalanan sehingga Anda tidak perlu repot mengurusi hal tersebut.

Keuntungan lainnya adalah beberapa paket wisata menawarkan promo cicilan 0% dengan menggunakan pembayaran kartu kredit. Sangat menarik, bukan?

Baca juga: Cara Traveling dengan Budget Di Bawah Rp5 Juta

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan sebagai bentuk investasi dana liburan agar kondisi keuangan Anda tetap terjaga selama berlibur dan setelah liburan. Ingatlah, tetap sesuaikan liburan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda agar bahagia dan sejahtera.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama