6 Alasan Garuda Indonesia Jadi Maskapai Penerbangan Favorit

Harga tiket Garuda Indonesia terhitung paling mahal. Namun, ternyata Garuda Indonesia tetap menjadi salah satu penerbangan terbaik dunia yang paling dicintai penumpang. Apa yang membuatnya begitu favorit?

Bagi seorang traveler melakukan penerbangan dari satu destinasi ke destinasi lain merupakan hal wajar. Dalam hitungan bulan, bahkan hari, seorang pebisnis atau traveler bisa melakukan beberapa kali penerbangan.

Tidak heran jika pemilihan maskapai yang nyaman dengan fasilitas canggih dan pelayanan ramah menjadi faktor paling banyak dicari penumpang. Salah satu penerbangan di Indonesia yang sudah mempunyai fasilitas prima adalah Garuda Indonesia. Sepertinya, tidak ada yang ragu lagi dengan maskapai Indonesia ini.

Pesawat Garuda Indonesia

Terfavorit dan Dicintai Penumpang Dunia

Apa yang membuat Garuda Indonesia menjadi favorit para penumpang? Situs TripAdvisorbelum lama ini mengeluarkan daftar penerbangan paling favorit traveler di dunia. Ternyata, Garuda Indonesia masuk dalam daftar 10 besar. Dirilis CNN, penilaian berdasarkan kepuasan penumpang di dalam delapan aspek, meliputi ruang kaki yang cukup lega, kenyamanan kursi, makanan, dan hiburan di pesawat.

Agustus lalu, Skytraxmenilai menggelar survei yang melibatkan 420 maskapai penerbangan dari seluruh dunia. Hasilnya, Garuda Indonesia dinilai paling memberikan kenyamanan.

Dalam survei itu, Skytrax meminta para responden untuk memberikan penilaian kepada maskapai berdasarkan delapan kategori yang meliputi kenyamanan tempat duduk, service di dalam kabin, sajian makanan dan minuman, entertainment saat terbang, fasilitasWi-Fi, pelayanan di bandara, serta keuntungan dibanding uang yang dibayarkan (value for money).

Setelah penilaian terkumpul, tersisa 80 maskapai yang paling dicintai oleh para pelancong. Garuda Indonesia berhasil menempati urutan pertama dengan skor 85 persen.

Disusul dengan Asiana Airlines (83%) dan Eva Air (81%). Dengan demikian, Garuda Indonesia berhasil menumbangkan Qatar Airways dan Singapore Airlines sebagai dua maskapai raksasa dunia.

Alasan Garuda Indonesia Jadi Pilihan

Melihat reputasi membanggakan Garuda Indonesia, tentu saja kian banyak penumpang untuk memilihnya. Ada beberapa alasan di antaranya adalah :

1. Pelayanan dan Keramahtamahan

Layanan dan Fasilitas Garuda Indonesia

Sejak 2009, Garuda Indonesua sudah memiliki apa yang disebut Garuda Indonesia Experience sebagai konsep layanan yang menyajikan aspek-aspek terbaik dari Indonesia untuk para penumpang.

Pengalaman ini bisa dirasakan penumpang mulai dari reservasi, selama penerbangan, hingga tiba di bandara tujuan. Penumpang dilayani tulus dan bersahabat yang memang telah menjadi ciri keramahan khas Indonesia yang ditemui pada pelayanan Garuda Indonesia.

Ketika masuk kabin penumpang sudah disapa ramah dengan ‘Salam Garuda Indonesia’. Konsep Garuda Indonesia Experience berdasar pancaindra (5 senses) yaitu sight, sound, scent, taste, dan touch, yang mencakup 24 ‘customer touch points’. Mulai dari pelayanan pre-journey, pre-flight, in-flight, post-flight, dan post-journey.

Konsep keramahtamahan Indonesia ini dituangkan dalam berbagai ikon yang mengandalkan pancaindra. Tercermin dari penggunaan bahan dan ornamen khas Indonesia untuk interior pesawat, aroma wewangian bunga, musik, makanan, dan minuman khas Indonesia.

Di samping melibatkan pancaindra, konsep Garuda Indonesia Experience memiliki nilai-nilai dasar: waktu dan aman (tentang produk), cepat dan tepat (tentang proses), bersih dan nyaman (tentang bangunan) serta andal, profesional, kompeten dan siap membantu (tentang staf). Konsep ini ternyata disambut baik pelanggan Garuda Indonesia.

Layanan prima seperti tepat waktu, memanjakan penumpang penyuka hobi (misalnya membawa perlengkapan selam, golf, surfing, sepeda tak dikenakan biaya tambahan bagasi), menjadi pertimbangan banyak orang memilih Garuda Indonesia.

Ditambah lagi bila memiliki Citibank Garuda Indonesia Visa Signature, Anda akan mendapatkan diskon 5% disertai kapasitasbagasi 20 kilogram secara gratis.

2. Bergabung di SkyTeam

Sejak Maret 2014, Garuda Indonesia menjadi maskapai pertama nasional yang masuk ke dalam jajaran SkyTeam Airline Alliance..

SkyTeam merupakan aliansi maskapai penerbangan dunia. Terdiri dari 20 anggota maskapai yang mampu menerbangkan lebih dari 16.000 penerbangan dalam satu hari dan mengangkut hingga 612 juta penumpang setiap tahun dengan konektivitas ke 1052 rute di 177 negara. Ini membuat SkyTeam menjadi salah satu aliansi maskapai penerbangan terkemuka selain Star Alliance dan Oneworld.

Bersama aliansi SkyTeam, Garuda Indonesia siap terhubung dengan 1.000 kota destinasi di seluruh dunia. Dengan wilayah terbang yang bertambah luas baik di dalam dan luar negeri, Garuda Indonesia kian kokoh di Asia Tenggara.

Anggota Frequent Flyer setiap maskapai SkyTeam juga bisa memperoleh dan menukarkan frequent flyer miles melalui seluruh perusahaan penerbangan SkyTeam lewat satu akun. Penumpang dapat menikmati kenyamanan Sky Lounge di mana saja, kelancaran proses transit, layanan Go Round the World, dan lainnya.

3. Teknologi Mutakhir

Saat reservasi, penumpang sudah merasakan kenyamanan. Setelah mendapat tiket dapat melakukan check in dengan City Check in, Internet Check in, Phone Check in dan Kiosck Check.

Istimewanya Anda juga check in dengan aplikasi Garuda Indonesia Mobile App. Di sini calon penumpang juga dapat melakukan check in di gadget yang dimilikinya. Penumpang pun dapat memilih nomor kursi sesuai keinginan.

4. Kenyamanan Saat Terbang

Menu makanan maskapai Garuda Indonesia

Ketika terbang penumpang mendapatkan layanan kenyamanan maksimal. Jarak antar kursi penumpang cukup lega, sehingga memberikan ruang lebih luas bagi kaki.

Tidak hanya itu selama penerbangan, penumpang dapat melihat beragam entertainment yang disajikan dalam bentuk Audio and Video on Demand dengan LCDTV layar sentuh.Garuda menyajikan 110 film dan 100 program TV pilihan dalam berbagai kategori. Mulai dari laga, drama, hingga komedi, pilih saja sesuai dengan keinginan Anda.

Tak hanya itu, Anda dapat memilih dari 25 saluran musik, 9 saluran radio , dan 300 album musik. Termasuk The Sounds of Indonesia, berupa kumpulan lagu tradisional Indonesia gubahan Addie MS, dengan Garuda Indonesia sebagai produser. Penyuka games,dapat memainkan 25 permainan interaktif. Anda juga dapat membaca koran atau majalah saat di pesawat.Anda tetap dapat mengakses email dan berbagai sosial media dengan In-flight Connectivity.

Makanan dan minuman disajikan dengan layanan prima. Beragam snack dan hidangan seperti rendang, satai, nasi kuning, dan lainnya merupakan kuliner khas Indonesia menjadi sajian lezat. Sebelum take off pramugari dengan ramah akan menawarkan permen.

Bila Anda terbang bersama anak-anak, pramugari akan memberikan souvenir berupa mainan untuk anak-anak.

5. Harga Tiket Bersahabat

Dibanding penerbangan lain, harga tiket di Garuda Indonesia memang terhitung termahal. Namun mengingat nilai lebih (value for money) dalam pelayanan penerbangan, banyak orang yang rela memilih terbang bersama Garuda.

Namun begitu, ada masa tertentu promo atau event seperti Garuda Indonesia Travel Fair (GITF) Anda bisa mendapatkan harga tiket terjangkau.

Anda juga bisa mendapatkan asuransi perjalanan hingga Rp4 miliar bila menggunakan kartu kredit Bukopin, plus mendapatkan akses gratis airport lounge di bandara kota-kota besar di Indonesia.

6. Track Record Keselamatan

Tiket Gratis Garuda dengan Miles

Faktor keselamatan menjadi bagian penting dalam penerbangan suatu maskapai untuk menjamin keselamatan penumpang. Garuda mempunyai banyak hal yang meyakinan seperti pilot andal dengan jam terbang tinggi dan pemeriksaan kondisi pesawat sebelum dan setelah terbang.

Garuda Indonesia memiliki track record yang sangat bagus dalam mengarungi udara.Hal ini dapat menepis keraguan penumpang.

Garuda Indonesia juga terus menambah jajaran pesawat terbaru. Tahun ini telah menambah pesawat jenis satu Boeing 777-300ER, empat A330-300, empat ATR 72-600. Seluruhnya Garuda Indonesia mengoperasikan 144 armada hingga akhir 2016.

#TerbangBersamaGarudaIndonesia

Baca juga:
Travel Apps, Solusi Mudah Rancang Libur Akhir Tahun
Cara Murah Liburan Wah Di Gili Trawangan

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama