5 Tips Menghemat BBM Ketika Liburan

Berlibur dengan kendaraan pribadi akan lebih nyaman. Namun sering kali orang mengeluh dengan borosnya penggunaan BBM. Berikut kami bahas 5 tips menghemat BBM ketika liburan.

hemat bbm

Minggu ini menjadi waktu yang tepat untuk liburan, Anda akan disambut dengan ‘long weekend’ yang dimulai dari hari kamis hingga minggu. Apakah rencana lburan yang Anda ingin lakukan? Pergi ke luar kota atau sekedar menggunjungi objek wisata terdekat.

Ketika berlibur ke berbagai tempat pilihan banyak mode transportasi yang bisa digunakan. Orang biasanya memilih pesawat untuk transportasi udara, moda transportasi laut yaitu kapal laut, modatransportasi darat, mulai dari kereta api, bus dan mobil pribadi.

Dari semua jenis moda transportasi mana yang menawarkan biaya lebih hemat? Masing-masing memiliki kuntungan tersendiri dan tergantung dengan kebutuhan masing-masing. Jika menggunakan moda transportasi darat, tepatnya dengan mobil Anda bisa berhemat dengan memaksimalkan penggunaan bahan bakar.

Lalu bagaimana caranya agar Anda bisa menghemat BBM ketika berlibur dengan menggunakan kendaraan pribadi? Liburan dengan mobil pribadi harus memiliki perencanaan yang matang, termasuk pemakaian bahan bakar.

Jangan sampai anggaran liburan kita jadi minim karena banyak terbuang di bahan bakar. Perhatikan tips berikut ini untuk menghemat BBM agar tidak cepat habis:

1. Manfaatkan Kartu Kredit

traveling with credit card

Bagaimana bisa kartu kredit dapat menghemat biaya BBM Anda? Pasti ini menjadi pertanyaan. Jika Anda pengguna setia kartu kredit paham akan manfaat yang bisa didapatkan dari kartu kredit. Salah satu contohnya adalah untuk menghemat BBM.

Memanfaatkan kartu kredit untuk menghemat BBM caranya adalah dengan manfaatkan fitur dari kartu kredit. Beberapa kartu kredit menawarkan reward berupa cashback dan voucher diskon setiap Anda mengisi bahan bakar dengan jumlah tertentu.

Salah satu contohnya adalah kartu kredit dari Bank Danamon. Anda bisa mendapatkan 5% cashback untuk setiap pengisian bensin. Setelah melakukan 5x transaksi maka Anda akan mendapatkan cashback 5% dari total belanja yang dikeluarkan untuk membeli bensin.

Baca juga: 5 Kartu Kredit Untuk Menghemat Bahan Bakar

2. Susun Rencana Perjalanan

Sebelum melakukan perjalanan liburan menggunakan kendaraan yang terpenting adalah menyusun rencana perjalanan. Rencana perjalanan dapat berupa waktu tempuh, jalur alternatif yang akan dilalui, dan kapan waktu yang tepat untuk mengisi BBM ataupun saat untuk beristirahat.

Rencana perjalanan ini dibuat untuk mengetahui waktu tempuh yang harus dilalui, pilihan jalur yang benar agar Anda terhindar dari macet, dan menentukan waktu untuk beristirahat. Ketika menggunakan kendaraan Anda juga tidak boleh terlalu sering berhenti.

Terlalu sering menghidupkan-mematikan mesin mobil, akan membuat bensin lebih cepat habis. Lebih baik menyediakan waktu lebih lama untuk beristirahat selama perjalanan, dari pada sebentar-sebentar berhenti. Tetapi bukan berarti dilarang istirahat jika badan merasa lelah.

3. Maksimalkan Barang Bawaan Anda

sedikit barang saat traveling

Membawa terlalu banyak barang bawaan ketika berlibur dengan kendaraan akan membuat bensin lebih boros. Barang-barang yang ada di atas mobil meningkatkan tekanan angin, mengurangi aerodinamik pada mobil dan mengikis bahan bakar hingga 5%.

Barang yang beratnya mendekati kapasitas muatan membuat laju mobil lebih berat, menghabiskan tenaga dan bahan bakar. Untuk itu, kemaslah barang-barang seminimal mungkin. Bawalah barang yang sesuai dengan keperluan Anda ketika berlibur.

4. Jangan Menyetir Terlalu Cepat

Hindarilah menyetir terlalu cepat, memang Anda pasti ingin cepat sampai di tempat tujuan tetapi mengedarai mobil terlalu cepat juga akan memakan bensin lebih boros. Semakin Anda menambah kecepatan laju mobil, akan semakin cepat juga bahan bakar yang terbuang.

Jika tidak terburu waktu, coba berkendara tidak lebih cepat dari 96 km/jam (di jalan tol). Saat mulai mengemudikan mobil setelah macet, hindari menginjak pedal gas terlalu kencang. Percepat laju mobil dengan perlahan dan bertahap, cara ini akan menghemat penggunaan bahan bakar hingga 5 persen. Usahakan selalu berada dalam kecepatan yang stabil.

5. Hindari Memanaskan Mobil Terlalu Lama

starter mobil

Hilangkan kebiasaan memanaskan mesin mobil terlalu lama, jika Anda ingin menghemat bensin selama perjalanan jauh. Memanaskan mesin mobil hanya perlu waktu paling lama 30 detik, bukan 10-15 menit sebelum berangkat. Sebaiknya tidak menyalakan AC saat memanaskan mobil.

Nah, selamat mencoba tips diatas, semoga liburan Anda kali ini dapat berjalan lancar dan anggaran yang dipersiapkan sesuai tidak melebihi badget yang sudah disusun dengan baik. Selamat berlibur.

Baca juga: Liburan Asyik tapi Tidak Mengeluarkan Banyak Uang? Bisa!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama