5 Destinasi Terbaik di Indonesia Tahun 2016

Anda tidak perlu jauh-jauh untuk mencari destinasi wisata terbaik. Indonesia memiliki beragam tempat wisata menarik untuk dijelajahi. Berikut ini 5 tempat terbaik tahun ini.

 keindahan alam Indonesia

Indonesia terkenal akan keindahan Alamnya, potensi keindahan alam Indonesia juga sudah diakui banyak wisatawan dunia. Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia pada November 2015 mencapai 777,5 ribu.

Angka tersebut naik 1,70% dibandingkan dengan jumlah kunjungan pada November di tahun 2014. Potensi keindahan alam Indonesia menjadi cara pemerintah untuk meningkatkan pendapatan negara melalui industri pariwisata. 

Banyak tempat-temapt wisata menarik yang Indonesia tawarkan dan sebagian di antaranya menjadi destinasi terbaik untuk berlibur. Jika Anda ingin mengunjungi destinasi wisata di tahun yang baru ini, sembilan destinasi berikut bisa menjadi pilihan yang tepat.

1. Danau Toba, Sumatera Utara

 Danau Toba, Sumatera Utara

Dimulai dari bagian barat, Danau Toba mewakili Sumatera Utara dalam daftar Destinasi Pariwisata Indonesia. Danau vulkanik ini memiliki ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer menawarkan pemandangan yang indah. 

Jika Anda naik kapal, begitu di tengahnya, Anda akan merasa seperti berada di lautan karena tidak terlihat ujungnya. Di bagian tengah danau terdapat pulau kecil yang terkenal dengan pemandangan matahari tenggelam yang indah. 

Anda bisa naik ke atas Bukit Sitelu atau Menara Tele untuk menyaksikan keindahan sunrise. Selain itu danau toba menawarkan wisata sejarah di daerah Prapat, berada di tepian Danau Toba terdapat rumah pengasingan Bung Karno.

Danau Toba pun memiliki satu pulau besar, yang bernama Pulau Samosir. Di sinilah atraksi wisata berupa tarian Si Gale-gale yang terkenal dapat ditonton.

2. Anambas, Kepulauan Riau

 Anambas, Kepulauan Riau

Anambas merupakan sebuah kabupaten berwujud kepulauan tropis seluas 46.667 km persegi yang berlokasi di Laut China Selatan. Setelah dinobatkan menjadi kepulauan tropis terbaik di Asia, Anambas sukses menarik perhatian dunia. Dengan total 255 pulau serta laut biru yang indah.

Terdapat aneka biota lautnya yang warna-warni dan cantik sehingga pantas jika Anambas menjadi salah satu lokasi favorit para penyelam.Jika berkunjung ke Anambas, jangan hanya berdiam diri di hotel atau penginapan. Jelajahi pulaunya satu per satu dengan menyewa perahu atau melakukan trekking ke beberapa pulaunya.

3. Tanjung Kelayang, Belitung

. Tanjung Kelayang, Belitung

Belitung merupakan gudang bagi banyak pantai yang indah. Salah satu pantai menawan yang ada di Belitung adalah Tanjung Kelayang.Tempat wisata ini berada di sebelah utara Pulau Belitung. Jarak dari pusat Kota Tanjungpandan, cuma 30 menit.

Sejauh mata Anda memandang di Tanjung Kelayang, yang Anda lihat adalah hamparan birunya laut dan pasir putih yang cantik. Kontur pantai yang landai membuat para wisatawan santai berjemur duduk-duduk, bermain air dan memandangi sunset yang cantik di sore harinya.

Selain itu Tanjung Kelayang juga menawarkan sisi sudut yang unik, jika berjalan kesebah timur Anda akan menyaksikan banyak bebatuan granit berukuran besar. Bagian ini menjadi spot pavorit untuk berfoto-foto karena jarang sekali ada pantai yang memiliki bebatuan granit besar seperti ini.

4. Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur

Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur

Bergeser ke pulau jawa, tepatnya di jawa timur destinasi favorit disini diwakili oleh Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Secara administratif, Bromo Tengger Semeru terletak di wilayah Kabupaten Pasuruhan, Malang, Lumajang, dan Kabupaten Probolinggo.

Di taman nasional yang memiliki luas 50.276,2 hektar ini terdapat sekitar 137 jenis burung, 22 jenis mamalia, dan 4 jenis reptilia. Kawasan ini juga menjadi satu-satunya tempat konservasi yang memiliki laut pasir seluas 5.250 hektar yang berada pada ketinggian 2.100 meter di atas permukaan laut.

Kawasan ini sudah sejak lama menjadi destinasi favorit untuk traveller yang suka pemandangan di ketinggian. Bromo terkenal dengan Lautan Pasir, Bukit Telettubies dan air terjun Madakaripura yang seperti tirai raksasa!

5. Flores, Nusa Tenggara Timur

Flores, Nusa Tenggara Timur

Flores menawarkan suasana yang berbeda untuk liburan Anda. Anda bisa terbang ke Ende untuk menyaksikan matahari terbit di Taman Nasional Gunung Kelimutu, lalu menuju barat untuk mengeksplorasi Taman Wisata Laut Riung 17 Pulau, dan desa-desa unik di Bajawa.

Selain itu jangan lupa kunjungi rumah adat berusia ratusan tahun di Waerebo, sawah yang berbentuk seperti jaring laba-laba di Desa Cancar, hingga melihat binatang purba yang sudah terkenal di seluruh dunia di Taman Nasional Komodo.

Untuk menikmati semua destinasi itu susunlah anggaran liburan Anda dari jauh-jauh hari. Selain itu rajin pula mencari beragam promosi wisata, maskapai penerbangan, ataupun kartu kredit yang menawarkan banyak promosi untuk rencana liburan Anda.

Baca juga: Tips Menggunakan Kartu Kredit Ketika Liburan

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama