5 Cara untuk Menyiapkan Tabungan untuk Berlibur

Liburan menjadi aktivitas yang disenangi oleh orang. Selain menyehatkan, berlibur juga bisa membentuk pola pikir manusia menjadi kreatif. Meski begitu liburan pun mesti dipersiapkan secara matang, mulai dari perencanaan, keuangan, dan menabung.

  1. membuat rekening baru
  2. ikut kegiatan arisan
  3. mengumpulkan recehan
  4. menjual barang tidak terpakai
  5. mencari kerja paruh waktu

Liburan adalah salah satu aktivitas yang menyenangkan. Selain itu liburan sering dijadikan sebagai ajang untuk refreshing, sekedar melepas penat di akhir pekan. Dewasa ini ada berbagai macam pilihan untuk pergi berlibur. Mulai dari yang murah sampai yang mahal. Mulai dari yang dekat hingga yang paling jauh.

Sudahlah pasti jika semua orang mempunyai waktu untuk berlibur. Liburan mempunyai porsi yang penting demi menciptakan hidup yang seimbang. Bagaimanapun juga tubuh kita membutuhkan waktu untuk liburan demi menjaga tubuh yang sehat. Pikiran yang segar karena mengunjungi tempat yang masih alami dan melakukan hal-hal baru.

Masalahnya, apa semua orang mempunyai dana yang cukup untuk berlibur? Jika tidak, maka mulai dari sekarang Anda sudah harus rajin menabung untuk mempersiapkan petualangan baru dalam berlibur. Kami akan membuatkan resep khusus agar Anda bisa menyisihkan uang Anda untuk traveling.

Buatlah destinasi liburan Anda. Ini hal yang paling utama yang harus Anda pikirkan sebelum memulai menabung. Disini Anda bisa memperkirakan secara langsung jumlah biaya yang dibutuhkan. Ingat plan, budget, and save!

Mencari promo paket liburan. Biasanya terdapat beberapa agensi perjalanan wisata sering memberikan harga khusus dalam rangka promo. Sebaiknya Anda memanfaatkannya, karena selain menghemat biaya, promo semacam ini akan disediakan dalam paket tiket, makan, dan penginapan.

Tapi yang terpenting adalah cara menabung Anda yang efektif untuk mewujukannya.

Membuat rekening baru

Fungsinya tentu berbeda. Ini akan dikhususkan hanya untuk kepentingan liburan Anda saja. Untuk besaran mata uangnya pun harus sesuai dengan keperluan Anda. Jangan mentang-mentang temanya liburan, kemudian mengalokasikan banyak dana untuk ini. Lebih baik menabung sewajarnya, dan tetap berhemat.

Ikutilah kegiatan arisan di keluarga atau kantor Anda

Akan lebih bagus lagi jika Anda mengikuti keduanya secara sekaligus. Selain menghasilkan uang yang berlipat. Itu juga dapat menjadi blunder. Karena pada dasarnya perarturan arisan adalah Anda tidak tahu kapan akan menang. Namun, jika keuangan Anda tidak memungkinkan, lebih baik salah satunya saja Anda ikuti.

Mengumpulkan recehan

Anda pasti sering menerima kembalian dari toko, supermarket, maupun warung dalam bentuk receh. Nah, lebih baik Anda tabungkan saja uang-uang logam tersebut. Jika sudah lama, tentu kuantitasnya pun akan bertambah, dan dapat menambah uang untuk liburan.

Menjual barang-barang tidak terpakai

Anda pasti mempunyainya dirumah. Ya, barang bekas, namun layak pakai. Entah itu berbentuk sepatu, televisi, radio, hingga handphone. Semuanya akan menjadi uang jika Anda jual kembali. Hasil dari jualan bisa Anda tabungkan untuk keperluan liburan.

Mencari kerja paruh waktu

Sudah pasti meskipun Anda seorang pekerja kantoran, di hari weekend Anda akan libur. Jika Anda mempunyai keahlian di bidang IT. Mengapa Anda tidak mencoba bekerja paruh waktu di sabtu-minggu untuk membetulkan komputer, laptop yang rusak.

Ada baiknya jika menabung itu dijadikan kebiasaan oleh Anda. Pada dasarnya menabung itu tidak sulit, selama kita mau bersabar terhadap prosesnya. Jangan Anda sepelekan istilah “dikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit.” Itu memiliki daya magis yang kuat untuk membuat orang mau menabung. Inilah yang harus Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena pada dasarnya menabung dapat menimbulkan efek yang baik bagi kita di masa tua nanti.  

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama