3 Perbedaan Antara Hotel dan Guest House

Berencana liburan tapi masih bingung memilih penginapan seperti apa yang cocok untuk Anda? Berikut kami paparkan perbedaan antara hotel dan guest house.

Biasanya, melancong atau bepergian ke luar daerah akan terasa lebih nyaman apabila singgah dan beristirahat sejenak sambil menikmati suasana liburan. Tentunya dengan cara menyewa rumah ataupun membuka kamar hotel.

Bisa dikatakan, kini mencari penginapan saat berlibur di daerah-daerah di Indonesia tidaklah sulit. Sebab, industri pariwisata di Indonesia semakin berkembang.

Hal tersebut didukung dengan pertumbuhan hotel di Tanah Air. Dalam tiga tahun terakhir, pertumbuhan hotel di Indonesia mencapai lebih dari 11 persen.

Namun dalam acara singgah di penginapan, sebagian orang jarang sekali yang memahami perbedaan tipe penginapannya, apakah bernama hotel ataukah guest house.

Rupanya, tiap tipe penginapan menunjukkan spesifikasi yang berbeda. Mengetahui perbedaannya sangat membantu menentukan tipikal hotel mana yang ingin Anda inapi. Karena itu, kami akan paparkan perbedaan antara hotel dan guest house.

Harga

Seperti diketahui, hotel memiliki kelas berbeda mulai dari bintang 2 hingga bintang 5. Setiap bintang memiliki harga inap berbeda-beda. Dimana, patokan pengukur harganya adalah posisi hotel, material bangunan, fasilitas, dan lain sebagainya.

Sedangkan guest house merupakan sejenis fasilitas akomodasi, baik milik perorangan/perusahaan yang diperuntukkan khusus bagi tamu hendak menginap.

Guest house juga dapat berupa rumah pribadi yang dikonversi untuk kepentingan tamu dan lebih dikenal sebagai penginapan ala backpacker.

Ciri khas pembedanya adalah tarif guest house cenderung lebih murah dibandingkan hotel. Sebagai perbandingan, hotel bintang 3 di Malang, Jawa Timur, menawarkan tarif mulai dari Rp 278.512 per malam. Sedangkan guest house di sana, tarif mulai dari Rp 136.364 per malam.

Hotel cocok bagi Anda yang menginginkan penginapan secara eksklusif dan privasi dengan anggota sedikit. Sedangkan guest house lebih cocok untuk liburan bersama keluarga/teman-teman dengan jumlah anggota banyak. Memilih guest house sangat membantu menghemat budget.

Fasilitas

Hotel memiliki fasilitas berbeda, tergantung dengan tipe kamar. Biasanya, akan ada fasilitas umum seperti layanan resepsionis 24 jam, servis antar dan valet parking, restoran, layanan kamar 24 jam, kolam renang, dan lain sebagainya.

Prinsip dasar hotel adalah tempat singgah atau inap yang dibangun senyaman mungkin dengan prioritas privasi untuk para tamunya. Sehingga, hampir semua hotel menawarkan kamar tidur minimal untuk 2 orang dengan kamar mandi di dalamnya.

Untuk guest house, dari sisi kamar, disediakan beberapa pilihan. Ada pilihan single room dengan satu tempat tidur untuk 1 orang, double room, triple, dan tentunya dormitory room.

Dormitory sebuah ruang/kamar yang bisa digunakan beramai-ramai. Biasanya, diisi 4—10 orang dalam satu ruangan.

Tempat tidurnya adalah model bunk bed (2 atau 3 tingkat tempat tidur) serta ada juga single. Jika beruntung, pada saat low season/bukan musim liburan, kadang guest house sepi dari para penginap dan biasanya Anda bisa mendapatkan kamar buat sendiri.

Sesuai namanya, guest house dirancang sedemikian homey. Jadi, semacam berkunjung ke rumah orang dan menumpang menginap di kamar. Fasilitas seperti televisi, dapur, dan ruang tamu merupakan fasilitas umum dari guest house.

Pelayanan

Hotel dirancang untuk memberikan layanan eksklusif kepada para tamu. Mulai dari resepsionis hingga layanan kamar 24 jam. Bagi Anda yang menyukai privasi, layanan istimewa, serta memiliki budget cukup besar, maka hotel adalah pilihan tepat.

Sedangkan guest house, meski berkesan kelas backpacker, tapi umumnya memiliki manajemen pengelolaan yang rapi. Guest house cenderung dikelola oleh pemiliknya sendiri, berbeda dengan hotel yang dikelola oleh staf penuh waktu.

Biasanya, guest house hanya didapati seorang atau lebih housekeeper (penjaga rumah). Tugas housekeeper adalah untuk membantu tamu serta menyiapkan sarapan bagi para tamu. Selain itu, housekeeper juga bertanggung jawab penuh pada kebersihan guest house.

Selain itu, guest house memberikan keleluasaan para penginap untuk bebas beraktivitas atau interaktif dengan tamu lainnya.

Pada intinya, hotel dan guest house adalah sama-sama menawarkan tempat untuk singgah atau menginap. Masing-masing pun memiliki kekurangan dan kelebihan.

Dengan adanya perbandingan ini, semoga dapat membantu Anda dalam mencari penginapan yang sesuai dengan kebutuhan atau budget.

Baca juga: Traveling dan Menginap Gratis dengan Kartu Kredit HSBC

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama