​Liburan Asyik tapi Tidak Mengeluarkan Banyak Uang? Bisa!

Akhir tahun akan tiba! Asyik nih untuk berlibur. Tapi tabungan belum mencukupi. Yuk simak tips berikut, liburan hemat yang tetap seru ala KreditGoGo.

cari diskon pesawat

liburan asik

infografik

infographic

holiday infographic

Semua orang pasti senang sekali melakukan perjalanan, apalagi jika waktu akhir pekan tiba, pasti sudah mulai membayangkan ingin pergi ke sana, jalan ke sini, makan ini, dan itu. Tapi, apakah tabungan yang Anda miliki cukup untuk memenuhi semuanya? Ini dia, 8 tips untuk memperbesar tabungan berlibur Anda.

1. Cari Diskon Pesawat

Jika Anda akan merencanakan liburan, setidaknya 6 bulan atau setahun sebelumnya Anda harus sudah mulai mencari tiket promo. Cobalah untuk berlangganan newsletter pesawat dan dapatkan kabar terbaru dari facebook atau twitter resminya. 

Biasanya diskon ini hanya berlaku sesuai ketersediaannya kursi pesawat. Anda bisa juga membeli tiket penerbangan pada saat weekday yang harganya lebih murah dibandingkan saat weekend.

2. Mari Ngebolang

Pernah membayangkan melakukan perjalanan menggunakan motor sambil menikmati off road? Atau bersepeda mengelilingi peniggalan kuil yang megah dan situs bersejarah? Bagaimana dengan naik kereta, mencoba makanan khas daerah, dan bersosialisasi bersama masyarakat lokal? Kenapa tidak! 

Mungkin ini bukan pilihan liburan yang nyaman, tetapi ini bisa menghemat pengeluaran Anda ketika jalan-jalan dan menambah pengalaman yang tidak semua orang bisa dapatkan.

3. Perjalanan di Malam Hari

Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa tiket kereta, bus, atau pesawat pada malam hari biasanya jauh lebih murah. Jadi, apa salahnya Anda mencoba untuk tidur ketika dalam perjalanan malam hari, pengalaman baru bagi anda, bukan?

4. Hindari Hotel

Pergi berlibur dan menginap di hotel mewah dengan tarif Rp 2 juta per malam? Kenapa tidak mencoba untuk mencari penginapan yang lebih murah, seperti losmen atau penginapan di rumah penduduk yang harga per malamnya hanya Rp 200 ribu sampai Rp 500 ribu. Selain menghemat pengeluaran, secara tidak langsung anda juga telah membantu perekonomian masyarakat lokalnya.

Lalu penginapan apa yang cocok untuk jumlah orang yang banyak? Anda bisa menyewa sebuah apartemen atau tempat yang difasilitasi dapur, sehingga Anda tidak perlu repot lagi untuk membeli makanan di luar.

5. Tetap Catat Pengeluaran

Bawa note kecil dan catat setiap uang yang Anda keluarkan, contoh ongkos naik kendaraan umum, penginapan, makanan, dan hal-hal kecil, seperti membeli minuman atau laundry pakaian. Kenapa harus dicatat? Yup, ini akan membantu Anda untuk mengetahui seberapa besar uang yang telah Anda habiskan dan digunakan untuk apa.

6. Coba Kuliner Lokal

Hal yang paling banyak digunakan ketika melakukan perjalanan liburan adalah membeli makanan. Mau makan apa nanti, apalagi ini merupakan tempat yang pertama kali Anda tuju? Terlebih jika Anda salah memilih tempat makan, bisa-bisa uang Anda akan habis hanya untuk itu. Atau Anda jauh-jauh ke luar daerah dan luar negeri tapi makanan yang dimakan tidak jauh dari McDonalds, Pizza Hut, dan Burger King yang harganya bisa sampai Rp 50 ribu untuk sekali makan. Sungguh disayangkan, bukan? 

Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya Anda coba bertanya ke masyarakat lokal untuk mendapatkan makanan murah dan pastinya enak. Keuntungan lain selain mendapatkan harga murah, ini juga akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan saat Anda berlibur, asyik kan!

7. Cari Kartu Serbaguna dan Gunakan Transportasi Umum

Hindari menggunakan taxi dimanapaun, termasuk ketika akan meninggalkan bandara. Jika mengeksplor lebih luas, Anda pasti bisa mendapatkan kendaraan alternatif yang lebih murah atau kartu multi-trip yang dapat digunakan untuk membayar beberapa jenis kendaraan umum dan tiket masuk ke tempat wisata.

Untuk di Indonesia, Anda bisa menggunakan Flazz Card yang dapat digunakan untuk commuter line, trans Jakarta, dan membayar tol. Di Hong Kong, anda bisa gunakan Octopus Card sebagai pengganti tiket MTR. 

Kartu ini juga dapat digunakan untuk membayar transportasi umum jenis lain, masuk ke tempat-tempat wisata, super market, bahkan toko-toko makanan. Ternyata, di Singapura juga adalah kartu serbaguna juga yang bernama EZ Link. Peggunaannya berlaku di MRT, tiket Bus, 7Eleven, dan masih banyak lagi.

8. Dapatkan Harga Termurah, Jangan Takut Tawar-Menawar

Jurus ini harus dipake banget saat pergi berlibur, tawar-menawar. Kenapa? Kamu bisa mendapatkan harga diskon untuk transportasi, belanja, makanan, dan masih banyak lagi. Bahkan ada beberapa penginapan yang menawarkan gratis menginap, ya meskipun hanya untuk semalam, tapi lumayan kan.

Ada contoh lain, di Hong Kong ada satu pasar bernama ladies market yang terkenal dengan pasar untuk membeli oleh-oleh turis dari mancanegara. Mungkin karena konsumennya dari seluruh dunia, harga yang ditawarkan para pedagang pun selangit. Tapi jika Anda pintar menawar, harga pajangan guci sebesar HKD 350 bisa ditawar sampai HKD 120. Lebih hemat HKD 230, bukan? 

Ayo, jangan takut ya untuk menawar.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama