Tarif Listrik Naik, Bayar Tagihan Lebih Hemat

Pemerintah hapus subsidi tarif listrik 900 VA. Alhasil, biaya tagihan listrik rumah tangga pun meningkat. Atasi anggaran keuangan yang membengkak dengan beberapa cara berikut ini!

Program subsidi listrik dari pemerintah memang sudah tidak berlaku lagi bagi pelanggan PLN. Jika sebelumnya penghapusan subsidi listrik hanya untuk pelanggan dengan golongan 1.300 VA ke atas, kini pemerintah memperluas hingga pada golongan 900 VA.

Peningkatan tarif listrik daya 900 VA telah dilakukan sebanyak 3 kali pada tahun ini, dengan kenaikan sebanyak 32% setiap periodenya.

tarif listrik naik

Kenaikan Tarif Listrik Daya 900 VA

Keputusan penghapusan subsidi tersebut dicantumkan dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 28 Tahun 2016 tentang Tarif Tenaga Listrik PT PLN. Disebutkan tarif non subsidi berlaku bagi rumah tangga daya 900 VA yang memiliki kemampuan secara ekonomi.

Kebijakan ini diperkuat dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 29 Tahun 2016 tentang Mekanisme Pemberian Subsidi Tarif Tenaga Listrik Untuk Rumah Tangga. Tarif listrik memang kerap menjadi sumber pengeluaran yang cukup besar bagi setiap rumah tangga.

Pada 2017, kenaikan tarif listrik ini dibagi dalam 3 periode, yaitu:

  1. Januari 2017: Naik dari Rp 585 per KWh menjadi Rp 774 per KWh
  2. Maret 2017: Naik jadi Rp 1.023 per KWh
  3. Mei 2017: Naik jadi Rp 1.352 per KWh

Tips Hemat Listrik

Berdasarkan keputusan dari Presiden RI Joko Widodo, tarif listrik tidak akan mengalami kenaikan hingga 31 Desember 2017. Meski begitu, setelah peningkatan di bulan Mei 2017, pemerintah telah menghentikan subsidi dan tarif listrikpun mengikuti perkembangan nilai inflasi, harga minyak, serta nilai tukar rupiah.

Secara otomatis, apabila rupiah melemah, harga minyak dan inflasi meningkat, kemungkinan tarif listrik pun akan ikut naik. Siapkan diri Anda dengan memperhatikan hal-hal berikut untuk mengantisipasi ketika kondisi itu terjadi:

1. Cabut Kabel dan Matikan Lampu

Ternyata, walau tidak sedang digunakan, kabel yang tetap tercolok masih mengalirkan listrik. Hal ini berakibat pada penggunaan listrik yang terbuang sia-sia. Oleh karena itu, mulailah biasakan diri untuk selalu mencabut kabel dari saklar usai menggunakannya.

Pemakaian lampu di siang hari saat ada cahaya matahari adalah suatu pemborosan yang buat tagihan meninggi. Hindari juga meninggalkan peralatan elektronik dalam keadaan menyala ketika tidur.

2. Pakai AC Sesuai Kebutuhan

Indonesia memang memiliki iklim tropis sehingga kebutuhan akan AC cukup tinggi. Anda boleh saja menggunakan AC, namun gunakan dengan cara yang bijaksana. Misalnya, atur suhusesuai luas tempat dan banyaknya orang. Sebab, AC dengan suhu terkecil bisa membuat tagihan listrik membengkak.

3. Gunakan Listrik Token

Dengan menggunakan listrik token atau sistem pulsa Anda bisa lebih mudah mengontrol tagihan setiap hari. Selain itu, pemakaian listrik juga bisa lebih disesuaikan dengan angaran belanja. Anda juga tidak akan terkena denda akibat keterlambatan membayar tagihan.

Baca juga: Mana Lebih Hemat: Listrik Prabayar atau Pascabayar?

Sistem ini juga menghindari kesalahan dalam pencatatan meteran listrik oleh petugas PLN.

4. Waspadai Barang Boros Listrik

Ada beberapa jenis barang-barang elektronik yang memakan daya listrik dalam jumlah banyak. Contoh, setrika (300 watt), microwave (600 watt), dispenser (80 – 450 watt), mesin cuci (250 – 300 watt). Akibatnya, lonjakan pada tagihan listrik Anda. Oleh karena itu, perhatikan penggunaannya atau pilih benda dengan daya rendah.

Bayar Listrik Dapat Poin dan Cashback

update biaya listrik 2017

Meski sudah melakukan langkah hemat ternyata tagihan listrik tetap saja tinggi. Akibatnya uang bulanan pun terpotong dalam jumlah banyak.

Ini saatnya Anda menggunakan fasilitas pembayaran tagihan dengan kartu kredit. Beberapa bank penerbit kartu kredit menyediakan fitur pembayaran yang mengumpulkan seluruh biaya rumah tangga seperti PLN, telepon, air, dan lainnya, dalam satu tagihan.

Dengan kata lain, Anda tidak perlu repot mengumpulkan seluruh tagihan bulanan saat melakukan pembayaran. Tagihan-tagihan Anda akan tercetak dalam satu billing statement tagihan kartu kredit.

Yang lebih menarik lagi, bayar listrik menggunakan kartu kredit memberikan Anda bonus poin rewards yang nantinya bisa ditukar untuk mengurangi jumlah tagihan.

Selain poin rewards, Anda juga bisa mendapatkan cashback sampai dengan 25% dari kartu kredit bank Mega yang dapat memotong biaya listrik hingga Rp200 ribu.

Pengaduan Listrik PLN Bisa Melalui Aplikasi

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan meteran listrik dan lainnya, PT PLN (tbk) memberikan kemudahan dengan menyediakan aplikasi PLN Mobile berbasis Android sebagai wadah pengaduan masyarakat.

Fitur-fitur yang tersedia pun beragam. Anda dapat berinteraksi dengan Contact Center PLN 123 tanpa menggunakan telepon rumah. Selain itu, Anda juga dapatmengecek riwayat tagihan, pengisian ulang token, permohonan pasang baru, perubahan daya, penyambungan sementara, hingga mendapatkan update tarif listrik terkini.

Baca juga: Listrik Padam? PLN Siap Beri Kompensasi

Penghematan terhadap penggunaan listrik tak ada salahnya. Mengingat kondisi bumi semakin tua, setidaknya melakukan penyadaran diri sendiri untuk berpartisipasi dalam menghemat listrik.

Keuntungan lain yang bisa Anda lakukan dengan menghemat listrik tentu saja bermanfaat agar tagihan tetap terkontrol. Jadi, tak ada salahnya kan untuk melakukan penghematan listrik?

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama