STNK Hilang? Inilah Biaya dan Cara Mengurusnya

Kehilangan STNK kendaraan sering kali membuat Anda panik dan bingung bagaimana mengurusnya. Ternyata caranya tidak sulit dan biayanya pun tidak mahal.

stnk hilang

Ketika Anda kehilangan STNK kendaraan baik terjatuh atau dompet dicopet tidak perlu panik. Tetapi tidak dipungkiri jika masih banyak orang yang kebingungan saat Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) hilang. Rupanya selain prosesnya yang mudah, biayanya juga terbilang sangat murah.

Hal itu diungkapkan Kepala Sub Direktorat Pendidikan dan Rekayasa dari Polda Metro Jaya, AKBP Ipung Purnomo. Menurutnya, mengurus STNK jauh lebih mudah dan cepat dibandingkan dengan mengurus BPKB.

Lebih murah dari pada Anda mengurusnya dengan jasa calo. Jadi jika Anda kehilangan STNK, mengurusnya sendiri tidaklah sulit. Berikut ini kami jabarkan persyaratan, tata cara dan biaya yang diperlukan.

Persyaratan yang Diperlukan

syarat mengurus stnk

Sebelum mengetahui tatacara mengurus STNK kendaraanyang hilang sebiknya perhatikan persyaratan yang diperlukan dan siapkan dokumen-dokumen yang diperlukan:

1. KTP pemilik kendaraan, asli dan fotokopi

2. Fotokopi STNK yang hilang

3. Surat Keterangan Hilang STNK dari Polsek atau Polres setempat

4. BPKB asli dan fotokopi

Prosedur Pengurusan STNK Kendaraan

cara mengurus stnk hilang

Setelah dokumen persyaratan lengkap, selanjutnya adalah Anda tinggal mengikuti langkah-langkah berikut ini;

1. Periksa fisik kendaraan

Anda terlebih dahulu diwajibkan untuk cek fisik kendaraan, setelah itu foto copy hasil tes fisik kendaraan tersebut.

2. Mengisi formulir pendaftaran

Setelah melakukan cek fisik kendaraan selanjutnya adalah mengisi formulir pendaftaran, isilah dengan lengkap dan benar

3. Mengurus Cek Blokir

Selanjutnya Anda mengurus Surat Keterangan STNK Hilang dari Samsat, surat ini berisi keterangan keabsahan STNK terkait, misalnya tidak diblokir atau dalam pencarian. Lampirkan hasil cek fisik kendaraan

4. Mengurus pembuatan STNK baru di loket BBN II

Setelah mengurus cek blokir di Samsat, kemudian Anda menuju Loket BBN II. Lampirkan semua persyaratan data dan Surat Keterangan Hilang dari Samsat.

5. Pembiayaan Pajak Kendaraan Bermotor

Jika anda belum membayar pajak motor tahunan pada pembuatan STNK baru, maka anda diwajibkan untuk membayar pajak. Tapi jika anda sudah membayar biaya pajak ini maka bebas biaya pajak.

6. Membayar Biaya Pembuatan STNK Baru

Setelah semua langkah diatas selesai Anda tinggal membayar biaya pembuatan STNK yang baru.

7. Pengambilan STNK dan SKPD

Kemudian Anda tinggal menunggu pengambilan Surat Tanda Nomor Kendaraan dan Surat Ketetapan Pajak Daerah. (Surat Ketetapan Pajak Daerah).

Biaya Pengurusan STNK Hilang

biaya mengurus stnk hilang

Berapa pengurusan biaya STNK yang hilang? Anda akan menebak-nebak dan takut biayanya mahal. Tetapi ternyata menurut Divisi Humas Polri biayanya tidak mahal dan sangat terjangkau. Biaya untuk motor dan mobil berbeda-beda. 

Berikut beberapa tarif penerbitan STNK yang tertera dalam Penerimaan Negara Bukan Pajak Polri berdasarkan PP No.5 Tahun 2010.

# Kendaraan bermotor roda 2, roda 3, atau angkutan umum per penerbitan Rp 50.000

# Kendaraan bermotor roda 4 atau lebih per penerbitan Rp 75.000

# Pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) per pengesahan/tahun gratis

Dari informasi diatas semoga akan menambah pengetahuan Anda jika mengalami kehilangan STNK kendaraan. Nah, sekarang apakah Anda masih ingin menggunakan jasa calo?

Baca juga: Mengurus Balik Nama STNK Motor dan Biayanya

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!

  • iwammouwell@gmail.com

    Terimakasih, atas jawabanya sangat jelas dan memuaskanšŸ‘

    Reply
    • Asri

      bisakah mengurus stnk yang hilang di lain daerah tempat kendaraan berasal ? misalnya mobilnya masih menggunakan no plat Sulawesi tapi kendaraannya di pulau kalimantan.

      Reply
      • desta husnul

        Bikin surat kehilangan apa dilokasi kejadian

        Reply
        • Sandi

          Pak kalo ktpnya ga ada soalnya an nya pake nma sodara dan sodara nya lgi kerja di luar kota.. tpi ada kk bisa ngga ta

          Reply
          • Madawansyah

            Bagaimana jika foto copy STNK-nyagak ada dan Bukan nama kita yg terlengkap di STNK pak

            Reply
            • nia

              biaya ngurus stnk hilang di kenakan berapa ya pak ??

              Reply
              • Agus koesmawan

                Bila stnk hilang tapi KTP bukan atas nama saya bagaimana pak?

                Reply
                • KreditGoGo

                  Untuk mengurus STNK yang hilang diperlukan fotokopi KTP yang sesuai dengan ketika mendaftarkan STNK pertama kali. Atau, ada baiknya jika Anda mengurus balik nama terlebih dahulu.

                  Reply
                • Dewi

                  Kalo KTP jga ilang tpi msih ada foto kopi KTpnya klo pake foto kopinya bisa gak yabpak??

                  Reply
                  • anggi

                    Maaf ni mau nanya bapak,
                    Stnk saya hilang ,tp bpkb saya masih di lesing.
                    Itu mengurus nya bagaimana bapak

                    Reply
                    • Linda Wulandari

                      Klau ktp cuma dikasih Resih nya doang dri kelurahan apa bisa dilanjutkan untuk urus STNK nya pa..trims

                      Reply
                      • Tyokautsar

                        Ktp fotokopi gpp t pak..

                        Reply
                        • Ison

                          Saya ga ada foto copy stnknya gmna

                          Reply
                          • eddy surahman m

                            bisa dibalas pak semua pertanyaan diatas dg akurat dan sistematis

                            Reply
                          • jamal

                            Pak mau nanya kalau BPKB saya ada masih ada d pegadaian,tp saya megang foto copy bpkb nya,bisa tidak ya pak ?
                            Mohon infonya pak

                            Reply
                            • doel

                              Pa kalau bp Bpkb nya yang asli d bank gmna.

                              Reply
                              • doel

                                Masih bisa ga kalau ga ada bpkb ngrusnya.atau fhoto copy nya aja .bisa ga pa

                                Reply
                                • niel

                                  stnk saya hilang pak.photo copynya gk tau ada arau nggk.gimana pak.?

                                  Reply
                                  • Desy Khairani

                                    Saya kehilangan stnk di Semarang dan saya pemilik tangan kedua untuk motor yang saya beli di Semarang, sedangkan ktp saya masih ktp Medan. Bagaimana kira2 mohon dibantu

                                    Reply
                                    • lisa

                                      Klo STNK blm sempet di foto copy, dan BPKB masih di lissing, gmn??

                                      Reply
                                      • lisa

                                        Dan apakah pengurusan STNK hilang bs di SAMSAT online??

                                        Reply
                                        • Dyah

                                          Kalau stnk yang hilang bukan atas nama saya. Apa harus balik nama dulu?

                                          Reply
                                          • Tugiyo

                                            Saya urus stnk kenapa biayanya besar banget pak yaitu 900 ribu itu pun blm pajak nya mohon bantuanya

                                            Reply
                                            • amien mubarok

                                              Stnk sya hilang,kalo di urus kira2 kena berapa,,tengs

                                              Reply
                                              • slamet

                                                Pak mau tnya gmn mengurus stnk yg ilang sedangkan saya di jakarta motor plat jwa ap bs di lakukan di jkt

                                                Reply
                                                • Mustofa

                                                  Total biayanya berapa pak untukpembuatan stnk roda 2 yg hilang

                                                  Reply
                                                  • Rika

                                                    Bagaimana bila fotocopy stnk ada kira2 biaya pengurusan bikin STNK berapa ya syaratnya apa aja..

                                                    Reply
                                                    • enita yuliana

                                                      Pak kalo stnk nya hilang,karena keteledoran petugasnya saat bayar pajak,terus diberikan ke orang lain ,itu tanggung jawab petugas ya pak,

                                                      Reply
                                                      • azizah

                                                        Bagaimana jika bpkb belum ada trus foto copy stnknya juga gak ada bagaimana?
                                                        Soalnya belum lunas motornya
                                                        Mohon bantuannyašŸ˜£

                                                        Reply
                                                        • Asri

                                                          Trus klw blum bayar pajak slama 4 thun ap harus bayar dlu bru bsa bkin stnk baru..

                                                          Reply
                                                          • ujang.

                                                            Sy sdh urus surat kehilangan di polsek dan tdk repot pak. Tp ktnya nanti saat di samsat hrs ada kliping koran slm 3 hr yg isinya berita kehilngan. Apakh wajib syrat utk mngiklankan d media pak. Mohon betul penjelasanny.untuk nantinya akan saya tnjukan bila ada ptugs samsat yg mnt syrt bgtu pak. Mks.

                                                            Reply
                                                            • randi fafo

                                                              pak jika fotocopy stknnya tidak ada cuma bpkb aslinya saja bagaimana pak?

                                                              Reply
                                                              • Robi

                                                                Klw foto copy stnk ya ga Ada gimana ya.soal sya blm sempat foto copy lgi itu masih bisa di urus ga ya
                                                                Tolong donk info ya

                                                                Reply
                                                                • Robi

                                                                  Saya kan laporan kehilanganya ke polsek udah sebulan lebih di situ kan tertulis jangka waktu kancuma seminggu itu gimana ya. Kita mesti laporan lgi apa gimana ya

                                                                  Reply
                                                                  • Hamdan novrizal

                                                                    Saya di aceh pak STNK saya hilang sudah saya lengkapi persaratannya tinggal Membuat STNK di kantor pajak, mereka bilang 1 juta pembuatan STNK nya pak padahal saya sudah bayar pajak untuk tahun ini, dan mereka Bilang saya blum bayar pajak untuk tahun ini pak. Mohon di bantu pak

                                                                    Reply
                                                                    • Indra

                                                                      Pak saya mau nanya klo bpkb hilang tpi msh atas nama org lain krna beli bekas itu biaya nya berapa klo mau buat yg baru.terimakasih.

                                                                      Reply
                                                                      • Nona manis

                                                                        Tapi kenyataanya di samsat cibinong ribet bnget persyaratan nya hrus beriklan disurat kabar slma 3minggu berturut2,harus pkai kwitansi pmbyaran surat kbar dll,klo diskip mau terima beres bersedia membayar 970rb sehari jadi gimana itu..

                                                                        Reply
                                                                        • Fran

                                                                          Maaf saya mau tanya, apakah benar biaya pendaftaran atau kertas Formulir itu harganya 100.000. Terima kasih.

                                                                          Reply
                                                                          • Marlina

                                                                            Assalamu'Alaikum Pak.
                                                                            Sy mau tanya. STNK sy Hilang tpi, bukn ats nama sy & org yg nama nya tertulis di STNK sy sudah Pindah. Bagaimana yah tata cara Pengurusan nya Pak..?
                                                                            Terima Kasih :-)

                                                                            Reply
                                                                            • Gusti

                                                                              Maaf pak klo stnk hilang Dan persyaratannya Ada stnk fotokopiannya ga Ada gmana pak

                                                                              Reply
                                                                              • Andi

                                                                                Saya kehilangan stnk dan diperlukan iklan koran dan katanya penerbitan sampai 2 minggu apakah memang itu prosedur sebenarnya dan untuk mengurus BAP SAT TILANG DAN SAT LAKALANTAS ditarif 50rb ya

                                                                                Reply
                                                                                • Kiki

                                                                                  Saya mau tanya kloo stnk ilang trs qta urus baru n nembak ga ada ktp pemilik pertama brp ya kira2 biaya .stnk sudah mati dr yh 2016 bln 4

                                                                                  Reply
                                                                                  • Kamaludin09

                                                                                    Min tadi ane rencanya mau ngrus stnk hilang tapi pas mau nyerahin hasil tes fisik di suruh membuat iklan koran ?

                                                                                    Reply
                                                                                    • julius tyana

                                                                                      Menurut pengalaman saya,,,pertama anda harus bikin surat kehilangan di polres sekitar lalu anda harus bawa fotocopy bpkb dan ktp anda tanpa biaya,,,
                                                                                      Setelah itu pengurusan bikin stnk yg baru di lanjut di samsat,,bawa kendaraan anda untuk cek fisik,,,

                                                                                      Reply
                                                                                      • rizki

                                                                                        kalo ngurus stnk yang hilang bisa langsung di drive thru gak?

                                                                                        Reply
                                                                                        • Sobarnas

                                                                                          Kalo stnk blm smpat saya foto copy terus keburu hilang bagaimana ya?

                                                                                          Reply
                                                                                          • KreditGoGo

                                                                                            Jika begitu, berarti Anda harus mengurus pembuatan STNK baru dari awal.

                                                                                            Reply
                                                                                          • Diyah

                                                                                            Dari awal bagaimana ya? Biayanya berapa sekarang?

                                                                                            Reply
                                                                                          • habib maulana

                                                                                            Apakah harga tersebut diatas sudah pasti, mengingat biaya pembuatan stnk per Januari 2017 naik?

                                                                                            Reply
                                                                                          • Erni Vernica Sari

                                                                                            STNK saya hilang. Padahal bulan Mei saya harus ganti STNK 5 tahunan.
                                                                                            Kalau seperti itu bagaimana ya?

                                                                                            Reply
                                                                                            • KreditGoGo

                                                                                              Untuk keamanan dan kenyamanan Anda berkendara, sebaiknya segera diurus STNK yang baru, ya.

                                                                                              Reply
                                                                                            • Wira

                                                                                              Gimana kalau tidak ada foto kopinya STNK pak?..
                                                                                              Terima kasih.

                                                                                              Reply
                                                                                              • KreditGoGo

                                                                                                Jika tidak ada fotokopi tapi STNK sudah terlanjur hilang, bapak harus mengurus pembuatan STNK baru. Jangan lupa fotokopi jika sudah dapat yang baru, ya!

                                                                                                Reply
                                                                                              • Muhamad yusuf

                                                                                                Bagaimana kalo ktp nya juga hilang?

                                                                                                Reply
                                                                                                • KreditGoGo

                                                                                                  Jika KTP turut hilang, bapak harus mengurus kehilangan KTP terlebih dahulu agar proses pengurusan STNK selanjutnya lebih mudah.

                                                                                                  Reply
                                                                                                • Ira

                                                                                                  Apa betul kalo urus surat kehilangan di polsek atau polres, harus nunggu diumumkan di radio atau koran dalam seminggu lebih dulu, baru dikeluarkan surat kehilangan?

                                                                                                  Reply
                                                                                                  • KreditGoGo

                                                                                                    Untuk lapor kehilangan tidak perlu menunggu seminggu maupun sampai diumumkan di radio atau koran. Bisa langsung lapor ke pihak yang berwenang, kok. :)

                                                                                                    Reply
                                                                                                  • Muhammad Tri Handoko

                                                                                                    Gini pak . Saya butuh bantuan bapak saya bekerja di medan . Tapi stnk saya sudah di tilang pada tahun 2016 skt tahun baru terus surat tilang hilang maka nya tidak saya hurus dan itu dulu kreta sekwn di belik . Atas nama org cuman poto kopi ktp nya ada , saya mau nanyak jadi saya mau buat stnk lagi aja bisa gak pak . Tapi pajak saya sudah mati dari bulan 5 tahun 2016 . Jdi pak kira kira stnk nya bisa di uris lagi gak pak di samsat . Dan brp biaya nya sama pajak pak . Tolong di bantu pak, biar saya urus pajak saya pak karna skrng saya sudah bekerja

                                                                                                    Reply