Perpanjang SIM Menjadi Lebih Mudah dengan SIM Online

Layanan SIM Online kini hadir untuk memudahkan masyarakat. Anda yang jauh dari kota asal tidak perlu pulang. bisa langsung di tempat terdekat.

Kehadiran SIM online memudahkan masyarakat untuk pengurusan SIM. Baru-baru ini Polri membuat terobosan baru untuk pengurusan SIM, masyarakat bisa mengurus perpanjangan dan ganti SIM tanpa perlu antre di loket Satlantas Polres kota asal pengaju.

Dengan layanan SIM Online ini, masyarakat yang sedang berada di luar kota tidak perlu kembali ke kota asal untuk memperpanjang SIM-nya. Anda bisa datang ke 45 Satuan Pelaksanaan Administrasi (Satpas) yang tersebar di 38 Polda se-Indonesia.

Misalnya Anda bekerja di Jakarta tetapi SIM Anda diterbitkan di Surabaya, untuk memperpanjangnya tidak perlu ditempat SIM tersebut diterbitkan, di Jakarta pun bisa dengan menggunakan layanan SIM online ini. 

Tetapi, online disini bukan berarti Anda bisa mengaksesnya langsung di rumah tetap saja harus datang ke tempat-tempat yang sudah disediakan oleh Polri.

Daftar Satuan Pelaksanaan Administrasi (Satpas)

JABODETABEK JAWA SUMATERA SULAWESI
Polres Daan Mogot Polres Serang Polresta Banda Aceh Polresta Mamuju
Polrestro Jakarta Utara Polrestabes Bandung Polresta Padang Polresta Kendari
Polrestro Jakarta Barat Polres Sleman Polresta Palembang Polresta Manado
Polrestro Jakarta Selatan Polrestabes Surabaya Polresta Pekanbaru Polresta Palu
Polrestro Jakarta Pusat Polrestabes Semarang Polresta Jambi Polrestabes Makassar
Polrestro Jakarta Timur KALIMANTAN Polrestabes Medan Polresta Gorontalo
Polrestra Bekasi Kota Polresta Pontianak Polresta Pangkal Pinang KEPULAUAN MALUKU
Polres Bekasi Polresta Banjarmasin Polresta Bandar Lampung Polres Manokwari
Polresta Depok Polres Palangkaraya Polresta Bengkulu Polresta Jayapura
Polresta Depok (Pasar Segar) Polres Bulungan NUSA TENGGARA Polres Ternate
Polresta Tangerang PAPUA Polres Mataram Polresta Ambon
Polres Tengerang Kabupaten I Polres Manokwari Polres Kupang
Polres Tengerang Kabupaten II Polresta Jayapura Polresta DenpasarPolresta Balerang

Proses dan Tata Cara

Proses dan tata caranya pun tidak sulit. Jika Anda ingin memperpanjang SIM, Anda hanya perlu mempersiapkan beberapa dokumen yaitu KTP asli dan SIM yang akan diperpanjang. Kemudian datang ketempat-tempat seperti yang sudah kami jabarkan di atas.

Nantinya Korlantas Mabes Polri akan mencocokkan data diri Anda dengan data di kepolisian, kemudian dilanjutkan dengan pengambilan foto dan pemeriksaan sidik jari. Setelah itu Anda akan diarahkan untuk tes kesehatan seperti kesehatan fisik secara umum, meliputi mata, dan tekanan darah.

Proses terakhir, jika semua persyaratan sudah terpenuhi, maka Anda bisa membayar biaya pembuatan SIM. Sebenarnya proses ini hampir sama dengan pembuatan SIM baru, perbedaannya jika membuat SIM secara online pengisian formulir registrasi dilakukan secara komputerisasi atau tidak lagi dalam bentuk hardcopy.

Jangka waktu perpanjangan SIM dapat Anda lakukan dimulai dari 14 hari sebelum masa berlaku SIM Anda habis. Sementara itu batas akhir perpanjangan SIM adalah 3 bulan setelah masa berlaku SIM habis. Nah, apabila melewati jangka waktu tersebut maka Anda harus membuat SIM baru. Berbeda dengan perpanjangan SIM, pembuatan SIM tidak bisa menggunakan layanan SIM online.

Biaya yang Dikenakan

Kemudian berapa biayanya? Jika sebelumnya sudah kami jelaskan tentang biaya pembuatan SIM, untuk perpanjangan SIM tidaklah mahal.

Biaya yang ditetapkan untuk perpanjangan SIM adalah sebagai berikut

1. SIM A: Rp80.000

2. SIM B1: Rp120.000

3. SIM B2: Rp80.000

4. SIM C: Rp75.000

5. SIM D: Rp30.000

Tetapi biaya di atas belum termasuk biaya tes kesehatan dan biaya asuransi. Untuk biaya kesehatan tergantung wilayah masing-masing, khusus DKI Jakarta, Polda menerapkan biaya sebesar Rp 25 ribu. Selanjutnya, ada juga biaya asuransi kecelakaan sebesar Rp 30 ribu. Tetapi ini sifatnya dianjurkan, tidak ada paksaan.

Semua proses tersebut dilakukan secara cepat dengan sistem online jika kualitas layanan internet baik. Nah, jika semua proses dan biaya sudah selesai dijalankan kemudian SIM akan dicetak dalam waktu yang relatif cepat hanya memakan waktu 3 sampai 5 menit, bergantung jaringannya.

Bagaimana, mudah bukan? Saat ini perpanjang SIM lebih mudah dan cepat. Jika Anda jauh dari tempat asal tidak perlu kembali dahulu jika masa berlaku SIM habis bisa dilakukan di Satpas terdekat dengan lokasi Anda. Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca juga: Berapa Biaya untuk Pembuatan SIM?

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama