Kapan Waktu Tepat Harus Mentraktir dan Ditraktir?

Siapa yang tidak mau ditraktir? Sudah makan enak, gratis pula. Tetapi sudahkah Anda mengetahui kapan waktu untuk mentraktir? Nah, inilah waktu-waktu yang tepat.

transaksi kartu kredit

Kegiatan traktir-mentraktir secara sadar maupun tak sadar sebenarnya sering kita lakukan. Mengutip dari artikel di kompas.com seorang psikolog Fredrick Dermawan Purba, MPsi mengatakan bahwa kegiatan tersebut memang umum dilakukan. 

Biasanya, hal itu terjadi pada suasana khusus yang positif di mana seseorang yang mengalaminya merasa senang dan bahagia, sehingga muncul keinginan untuk bersyukur atau berterima kasih. Jadi sudah menjadi hal umum setiap Anda merasakan peristiwa bahagia semua teman-teman menyelamati sambil berkata “asik traktiran!”

Beberapa orang memang sangat senang jika mentraktir teman untuk mensyukuri rezeki yang didapat, ada juga yang memang hanya senang ditraktir alias senang dapat gratisan. Anda termasuk kedalam yang mana, senang ditraktir, atau suka mentraktir?

Enak memang jika Anda memiliki teman yang murah hati dan senang mentraktir di momen-momen spesial. Tetapi jika ditraktir terus menerus juga tidak etis karena Anda juga harus membayar kebaikan hatinya. 

Nah agar Anda tau saat yang tepat, kami menjabarkan beberapa contoh momen agar Anda tau kapan waktu yang tepat untuk mentraktir dan ditraktir.

Waktu untuk Mentraktir

#instafood

1. Gaji Pertama

Gaji pertama adalah momen spesial yang wajib dirayakan. Memang seharusnya gaji pertama itu digunakan dengan sebaik-baiknya tetapi mengungkapkan kebahagian tentu tidak ada salahnya. Sisihkan sedikit dari gaji pertama untuk anggaran traktiran. Anda tetap harus membagi gaji tersebut agar cukup sampai tanggal gajian berikutnya.

Nah, Anda bisa berbagi kebahagian dengan keluarga atau teman seperti mengajak mereka makan di restaurant atau tempat makan kaki lima sekali pun. Tidak harus mengajaknya ketempat mewah yang terpenting adalah berbagi dan mensyukuri rezeki yang telah diterima.

2. Ulang Tahun

Merayakan ulang tahun adalah hal yang wajar terjadi dan setiap perayaan tersebut pasti banyak teman yang meminta traktiran. Hal ini sudah menjadi budaya di Indonesia. Jadi ketika momen seperti ini Anda harus menyiapkan budget sendiri untuk mentraktir teman-teman.

Biaya traktiraan ulang tahun memang tidaklah sedikit jika teman Anda banyak. Tetapi Anda bisa mensiasatinya dengan memanfaatkan diskon di restoran langganan, atau kupon gratis dari promosi tertentu seperti kartu kredit, kartu member atau beberapa bank sering kali bekerja sama dengan beberapa tempat makan.

3. Naik Jabatan

Ketika Anda mendapat promosi di kantor dan naik jabatan tentunya banyak teman-temanyang mengucapkan selamat. Nah untuk merayakannya Anda bisa membuat sebuah pesta kecil-kecilan di sebuah tempat makan dan mengundang beberapa teman dekat. Sambil mensyukuri keberhasilan Anda, berbagi kebahagian akan memberikan kebahagian baru nantinya.

Waktu Ditraktir

kartu kredit modal kencan pertama

1. Undangan Resmi

Ketika Anda menerima undangan resmi seperti acara makan malam Anda tidak perlu khawatir untuk masalah tagihan, Anda tidak perlu membayar tagihan atas makanan yang Anda pesan. Karena pada dasarnya pihak yang mengundanglah yang akan menanggung semua tagihannya.

Hal seperti ini biasanya sering dilakukan oleh orang yang sedang berbahagia, mereka ingin berbagi kebahagian. Contohnya seperti undangan peresmian gedung, atau selamatan anak pertama dan lain sebaginya. 

Seringkali banyak tamu undangan yang membawa buah tangan saat diundang. Buah tangan ini bisa berupa kue atau buah sebagai tanda terima kasih.

2. Undangan yang Berhubungan dengan Kerja

Ketika Anda sedang menangani sebuah proyek kerja atau kepentingan yang berhubungan dengan pihak lain (klien), dimana pada saat-saat tertentu Anda perlu melakukan diskusi di luar kantor dengan mereka. Maka pihak klien lah yang akan menanggung semua tagihan makan ketika pertemuan tersebut.

Begitu pula sebaliknya, jika Anda berperan sebagai pihak yang mengundang, maka seluruh biaya tagihan makan bersama klien akan Anda bayarkan. Biaya yang Anda keluarkan nantinya akan masuk kedalam anggaran operasional kantor sehingga akan dikembalikan dengan cara reimburse.

3. Acara Ulang Tahun Kantor

Hari jadi perusahaan adalah perayaan sebuah perusahaan secara massal oleh seluruh karyawan. Secara otomatis perusahaan akan menyiapkan budget khusus untuk merayakan hari jadinya. Sebagai bentuk terimakasih kepada seluruh karyawan perusahaan membuat sebuah pesta meriah seperti acara makan bersama.

Saat acara tersebut Anda tidak wajib membayar tagihan atas apa yang Anda makan karena perusahaan tentunya sudah melakukannya. Anda hanya tinggal duduk manis dan menikmati serangkaian acara dengan seluruh karyawan.

Jadi, sekarang Anda sudah mengetahui kapan waktu yang tepat untuk minta ditraktir teman, atau acara dimana Anda tidak perlu mengeluarkan biaya.

Baca juga: Ingin Pesta Ulang tahun Anak di Restoran? Cek Harganya di Sini!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama