Diet Hemat dan Sehat Tanpa Menguras Biaya

Memiliki tubuh yang bagus tentunya menjadi dambaan setiap wanita. Beberapa wanita rela mengeluarkan banyak biaya, tapi nyatanya cantik tidak perlu mahal loh!

Siapa bilang cantik itu harus mahal. Mendapatkan tubuh bagus dengan berbagai perawatan yang menguras biaya tentunya langkah yang biasa dilakukan oleh orang yang banyak uang. Tetapi cantik bukan menitikberatkan pada perawatan mahal yang sebernarnya adalah perawatan pada kesehatan badan.

Jika saat ini kamu ingin memangkas berat badan, namun tidak ingin menguras banyak uang maka kamu bisa melakukannya dengan cara diet sehat. Tak perlu melakukan diet ekstrim yang menyiksa atau yang berbiaya selangit. Menjadi cantik dan sehat tidak perlu harus sakit dan berbiaya mahal, bukan?

Ada berbagai diet hemat yang kini jadi tren. Selain membuat tubuhmu sehat, diet ini menyenangkan saat dilakukan. Berikut ini adalah contoh empat lima diet hemat yang saat ini sedang in dilakukan oleh banyak orang:

1. Diet karbohidrat

Karbohidrat yang bersumber dari nasi dianggap sebagai penyumbang kalori terbesar bagi tubuh. Saat ini sedang booming yang namanya diet karbohidrat. Diet karbohidrat mengganti nasi dengan gandum atau beras merah. Anda juga bisa menambahkan sayuran atau buah-buahan, sehingga berat badan kamu bisa cepat berkurang.

Tapi menurut para ahli, diet karbohidrat ini baik dilakukan pada tahap awal saja atau untuk jangka pendek, bukan jangka panjang karena bisa menganggu sistem metabolisme tubuh lantaran karbohidrat itu sumber energi untuk tubuh.

2. Diet dengan Teh Hijau

Anda sangat menggemari minuman teh, jika ya, Anda bisa meminum teh hijau untuk melakukan diet. Manfaat teh hijau sudah dikenal sejak dulu untuk menurunkan berat badan. Orang Jepang sudah lama menjadikan rutinitas minum teh hijau setiap harinya dan tidak heran jika bentuk tubuh mereka banyak yang ramping.

Hal tersebut karena mengonsumsi teh hijau bisa dapat mengurangi nafsu makan Anda. Minuman antioksidan ini mengandung kafein, yang dipercaya dapat membakar kalori dalam tubuh, dengan meningkatkan metabolisme tubuh hingga 4 persen.

Oh ya, Anda bisa mencampur teh hijau dengan jeruk nipis jika kurang menyukai rasa teh hijau yang agak pahit. Dengan tambahan jeruk nipis, maka akan lebih segar rasanya. Lagipula, jeruk nipis yang mengandung asam sitrat bisa membantu melancarkan sistem pencernaan, menurunkan lemak, menetralkan toksin dan meningkatkan metabolisme tubuh.

3. Diet Mayo

Diet mayo atau diet garam merupakan program yang paling disarankan. Saat melakukan diet ini, Anda dilarang untuk mengonsumsi garam dan minum air es. Ketika Anda melakukan diet mayo, Anda juga memiliki menu khusus yang wajib hukumnya dipatuhi agar diet berhasil. 

Dengan diet mayo, keadaan kimia di tubuh diyakini akan lebih baik, sehingga akan mencegah Anda menjadi gemuk. Umumnya, diet mayo dilakukan selama 13 hari dan jika kamu patuh maka bobotmu bisa berkurang sekitar 7-8 kilogram (kg) dalam dua pekan.

Tapi ingat, setelah 13 hari, kamu jangan langsung makan berlebihan, terapkan hidup sehat dan makan sesuai dengan porsi yang cukup agar usahamu tidak menjadi sia-sia.

4. Diet Rendah Lemak

Diet rendah lemak, artinya kamu tidak dibolehkan untuk mengonsumsi semua makanan dengan kandungan lemak yang tinggi. Nah, jika kamu memilih diet rendah lemak, kamu dilarang mengonsumsi roti, gula dan biji-bijian atau makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti gorengan.

Sebaliknya, kamu diizinkan untuk mengonsumsi kacang-kacangan dan ikan. Selain itu, makan sehat rendah lemak yang bisa kamu konsumsi dalam menu diet kamu adalah tahu, kentang pangang, pasta gandum dan madu.

5. Berpuasa

Ini adalah metode diet yang paling mudah. Kita sendiri tahu berpuasa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Maka dari itu kenapa di dalam agama Islam berpuasa sangat dianjurkan. Metodenya pun sangat mudah Anda diwajibkan makan nasi dan serat yang cukup pada dini hari. 

Kemudian Anda membiarkan perut dalam keadaan kosong dari makanan dan minuman hingga sekitar pukul 18.00 WIB. Tetapi yang perlu Anda perhatikan adalah ketika berbuka puasa tidak dianjurkan untuk langsung mengkonsumsi makanan yang berat. 

Anda harus memulainya dengan minum air putih dan buah-buahan. Jika ingin makan nasi, tunggulan beberapa saat, sekitar 1 jam, namun dalam porsi yang sedikit. jagan lupa juga konsumsi air yang cukup agar tidak tekena dehidrasi. Anda dapat melakukannya selang-seling atau rutin seminggu dua kali. 

Itulah 5 cara diet hemat dan sehat yang bisa Anda lakukan sendiri tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya. Semoga bermanfaat dan berhasil program dietnya.

Baca juga: Tau Ga, Lemon Bisa Menghemat Pengeluaran Biaya Make Up!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama