Cara dan Ketentuan Pengembalian Barang di 3 Toko Online

Seringkali ketika berbelanja online Anda mendapatkan barang yang tidak sesuai dengan pesanan. Toko online memiliki fasilitas pengembalian barang, bagaimana cara dan ketentuannya

Semakin berkembangnya internet di Indonesia mendorong orang Indonesia lebih suka berinteraksi melalui internet. Begitu pula dengan berbelanja, saat ini orang lebih memilih berbelanja secara online. Bahkan, penetrasi penggunaan internet orang Indonesia untuk berbelanja online kian tumbuh pesat.

Belanja online menawarkan beragam kelebihan. Banyak orang menilai belanja online lebih praktis dan hemat waktu. Transaksi hanya dilakukan dengan komputer atau gadget dan kita tinggal menunggu barang pesanan datang ke rumah kita. Begitu mudahnya sehingga masyarakat Indonesia sangat menggemari konsep belanja yang satu ini.

Metode Berbelanja Online

Metode Berbelanja

Setiap toko online memiliki metode dalam berbelanja. Terdapat langkah-langkah sebelum barang sampai kepada konsumen. Langkah-langkah tersebut seperti memilih barang, memesan, pembayaran, dan pengiriman. Semua langkah itu memiliki ketentuan tersendiri yang sudah ditentukan masing-masing toko online.

Selain langkah-langkah dalam pembelian di toko online Anda juga harus memahami tentang metode pengembalian barang. Ketika Anda berbelanja jika tidak teliti dalam memilih ada barang yang memiliki cacat di bagian yang luput dari perhatian, untuk menanggulangi masalah tersebut toko online menerapkan sistem pangembalian barang jika barang yang datang tidak sesuai dengan pesanan.

Masin-masing toko online memiliki tata cara dan ketentuan sendiri dalam pengembalian barang.

lazada

1. LAZADA

Lazada menyediakan fasilitas prima untuk memanjakan pelanggannya. Jika produk yang dibeli pelanggan mengalami kerusakan ataupun tidak sesuai pesanan pelanggan dapat melakukan pengembalian barang atau penukaran dalam waktu 14 hari dari penerimaan.

Bagaimanakah caranya? Sebelum Anda mengetahui caranya, kami jabarkan dahulu ketentuan untuk proses pengembalian barang. Sebelum mengembalikan produk, Anda harus memastikan produk yang Anda beli memang layak dikembalikan.

Pengembalian barang Anda harus dalam keadaan, baru, lengkap, tidak dalam keadaan rusak, tag dan label masih tertera. Kecuali jika barang yang Anda terima dalam keadaan rusak yang terpenting kondisi barang masih lengkap dan label tertera, barang tersebut masih bisa Anda tukarkan.

Persyaratan pengembalian yang sah:

Bukti pembelian (nomor pesanan, faktur pembelian, lainnya)

Rincian bank dalam Formulir Pengembalian apabila pembayaran dilakukan melalui Bank Transfer / Mandiri Klikpay / Cash on Delivery.

Sertakan Formulir Pengembalian dalam bentuk cetak (atau tulis Kode Otorisasi Pengembalian - kode RA Anda) di setiap paket pengembalian.

Alasan pengembalian harus bersifat sah dan persyaratan persetujuan pengembalian barang terpenuhi

Apabila pengembalian Anda telah sesuai dengan persyaratan, pengembalian dapat dimulai dengan mengisi Formulir Pengembalian Online. Anda diharuskan untuk Login ke akun Lazada untuk dapat mengakses Formulir Pengembalian Online. Setelah log ini ikutilah 6 langkah berikut:

1. Masuk ke akun Anda

2. Pilih "Pesanan Saya"

3. Pilih pesanan yang akan dikembalikan dan klik pada "Pengembalian"

4. Isi formulir pengembalian online dan isi kolom komentar

5. Tempelkan stiker pengembalian diluar kotak pengiriman (bukan di kemasan produk)

6. Kirim ke warehouse Lazada

blibli.com

2. Blibli.com

Blibli.com memfasilitasi proses pengembalian atau penukaran produk yang Anda beli dengan menyediakan halaman Return Policy. Pengembalian barang dilakukan harus sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang tercantum dalam Kebijakan Pengembalian (Return Policy) yang ditetapkan oleh masing-masing penjual (merchant) produk-produk yang Anda beli.

Secara umum, Blibli.com hanya menerima pengembalian produk cacat produksi. Selain cacat produksi ketentuan lainnya adalah, spesifikasi produk tidak sesuai, produk yang diterima melewati batas waktu pengiriman, dan pengembalian transaksi. Semua itu dapat dilakukan dengan batas waktu 15 hari setelah produk diterima.

Tata Cara pengembalian produk:

1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah buka halaman Pesanan Saya, pilih produk yang akan dikembalikan, kemudian klik tombol Pengembalian Produk.

2. Pastikan Anda telah mengisi dan melengkapi data produk yang terdapat pada Kolom Pengembalian Produk. Jika sudah, klik tombol Kirim. Sekedar informasi, konfirmasi persetujuan pengembalian produk akan dikirim melalui email setelah 1 (satu) hari kerja.

3. Setelah mendapat konfirmasi dari kami, silakan kirimkan produk anda ke:

PT. GLOBAL DIGITAL NIAGA

UP: Customer Resolution

Jl. Aipda KS Tubun 2C/8 Slipi Petamburan

Jakarta Barat 11410

No. Order: [ isi no. order Anda di sini ]

No. Handphone: [ isi no. handphone Anda di sini ]

4. Solusi bisa berupa Penggantian Produk atau Refund (jika produk tidak tersedia). Info selengkapnya, silakan baca langsung di website Blibli.

zalora

3. Zalora

Dalam memenuhi pelayanan bagi konsumennya ZALORA berupaya untuk menghadirkan produk dan layanan yang terbaik untuk pelanggannya. Jika Anda merasa tidak puas dengan produk yang diterima (ukuran, warna dan kualitas), Anda bisa mengembalikan atau menukar barang yang sudah dibeli.

Syarat dan ketentuan pengembalian produk yang berlaku di ZALORA adalah pengembalian tidak lebih dari 30 hari sejak produk diterima. Pengembalian produk tidak berlaku untuk lingerie/pakaian dalam, pakaian renang (swimwear), produk kecantikan, anting, jam tangan dan kacamata (glasses/sunglasses).

Jika mengalami ketidakpuasan Anda bisa mengikuti langkah berikut ini

Tatacara pengembalian produk:

1. Isi detail pengembalian di online return form di website Zalora. Isi detail barang yang ingin dikembalikan dan cara pengembalian yang Anda pilih

2. Packing barang dan tempel stiker pengembalian. Jangan lupa tempelkan return slip pada bagian luar box sebelum mengirimkan barang ke warehouse Zalora.

3. Pilih metode pengembalian yang diinginkan. Terdapat dua metode yang bisa Anda pilih yaitu, Permintaan Pick up melalui kurir Zalora, Kirim paket melalui PT POS atau kirim melalui jasa pengiriman pilihan Anda.

4. Request Return form telah diterima

Semoga dua contoh diatas dapat membantu Anda jika mengalami masalah tersebut. Jadi Anda tidak perlu merasa khawatir jika barang yang diterima rusak karena toko online menjamin dengan pelayanan pengembalian barang.

Baca juga: 5 Trik Berhemat Saat Belanja Online

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama