Cara Mendapatkan Visa Amerika

Ada yang bilang pengurusan Visa Amerika adalah yang paling sulit. Sebenarnya tidak sulit asalkan mengikuti prosedurnya secara baik dan benar.

Ada yang bilang pengajuan visa Amerika adalah yang paling susah. Sejak tragedi 11 September 2001 silam, AS menerapkan standar tinggi untuk memberikan Visa bagi para traveler yang ingin berkunjung ke negara yang dijuluki negeri Paman Sam ini.

Tetapi sebenarnya pembuatan Visa Amerika tidak susah kok, asalkan sesuai dengan prosedur dan jangan gugup. Terlebih jika niat Anda hanya berlibur pembuatan Visa Amerika pasti tidak susah sebab 90% warga negara Indonesia bisa memenuhi persyaratan visa non-imigran, termasuk salah satunya adalah Visa turis.

Langkah-Langkah Mengurus Visa Amerika

Nah, kami akan menjelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan jika ingin mengurus Visa Amerika Non-Imigran. Berikut ini 5 langkah utama yang harus dijalankan:

1. Membayar Biaya Pengajuan Visa Non-Imigran

Biaya pengurusan visa

Langkah pertama yang harus dilakukan Adalah membayar aplikasi NIV dengan cara Electronic Fund Transfer (EFT) melalui akun bank dengan mata uang Rupiah, atau dengan pembayaran tunai di kantor cabang bank CIMB Niaga. Pembayaran biaya visa Amerika non-imigran bisa dilakukan di Bank Standard Chartered atau Permata Bank.

Untuk prosedur pembayaran Amerika bisa diunduh dalam Bahasa Inggris atau dalam bahasa Indonesia. Pembayaran dilakukan secara perorangan tidak bisa menggabungkan pembayaran untuk keluarga atau kelompok dalam satu bukti pembayaran. Pembayaran dilakukan maksimal 12 bulan sebelum jadwal wawancara.

Khusus untuk pemegang paspor Diplomatik yang akan mengajukan permohonan Visa jenis apapun, dan pemohon Visa jenis A, G, C-3, NATO dan J (hanya untuk kantor-kantor yang resmi berpartisipasi pada program pertukaran yang disponsori oleh Pemerintah AS), tidak perlu membayar atau gratis.

Untuk mengetahui informasi mengenai biaya dan cara pembayaran visa terbaru harap lihat di sini

2. Melengkapi Aplikasi Visa Elektronik Non-Imigran (DS-160)

Kemudian Anda harus mengisi Aplikasi Visa Elektronik Non-Imigran (DS-160) secara online. Setelah selesai, cetak lembar halaman konfirmasi yang harus dibawa pada saat Anda wawancara. Halaman konfirmasi DS-160 harus dicetak di kertas ukuran surat atau A4 dengan format portrait.

Cetaklah di mesin pencetak resolusi tinggi, agar staf Kedutaan dapat memindai (scan) barcode pada jadwal wawancara Anda. Isi semua informasi yang diperlukan secara lengkap dan benar, termasuk dalam memilih jenis visa non-imigran yang sesuai. 

Apabila aplikasi DS-160 tidak lengkap, atau dalam pengisiannya ada kesalahan informasi lebih dari dua kesalahan, maka jadwal wawancara Anda akan ditunda. Jadi jangan ada kesalahan karena staf Kedutaan akan memeriksa aplikasi Anda saat datang untuk wawancara.

3. Mengatur Jadwal Wawancara

wawancara pengajuan visa

Untuk mengatur jadwal wawancara Anda bisa login di website resmi ustraveldocs. Pilihlah bagian“Go to Schedule Appointment” dan ikuti petunjuk-petunjuk yang ada di situs tersebut. Waktu wawancara tersedia setiap hari kerja pada jam 07.00 dan 09:00 kecuali untuk beberapa hari libur nasional Amerika dan Indonesia.

Ajukan permohonan Visa Anda lebih awal untuk mempersingkat waktu tunggu wawancara, terkadang akan lebih lama jika masuk musim liburan. Disarankan Anda mengajukan setidaknya 30 hari sebelum jadwal keberangkatan ke Amerika, sehinggga dapat menerima Visa dengan baik sebelum rencana perjalanan ke Amerika.

Jangan lupa cetak lembar konfirmasi jadwal wawancara dan bawa pada saat wawancara. Jika Anda memperbarui visa Anda, Anda mungkin memenuhi syarat untuk program tanpa wawancara dan tidak perlu hadir langsung untuk wawancara.

4. Siapkan Dokumen yang Harus Dibawa Pada Saat Wawancara

arsip visa

Setiap pemohon Visa Amerika non-imigran harus membawa semua dokumen berikut:

1. Halaman konfirmasi jadwal wawancara

2. Paspor dengan masa berlaku 6 bulan, di luar pada saat masuk ke Amerika.

3. Tanda bukti pembayaran dari Bank Standard Chartered atau Permata Bank untuk setiap pemohon visa.

4. Halaman konfirmasi DS-160 dicetak pada kertas ukuran surat atau A4 dalam format portrait.

5. Satu lembar foto terbaru, menghadap depan ukuran 5cm x 5cm, dengan latar belakang warna putih yang di buat tidak lebih dari 6 bulan terakhir.

6. Untuk pelajar atau pertukaran kunjungan (visa jenis F, M, J):

Formulir asli I-20, I-20M atau DS-2019

Bukti pembayaran SEVIS, dibayar di Student and Exchange Visitor Program: biaya SEVIS I-901.

Bukti kepemilikan dana untuk membiayai pendidikan, paling sedikit satu tahun pertama biaya pendidikan, dan biaya hidup.

7. Untuk Visa pekerja sementara atau perpindahan (Visa jenis H, L, O, P , Q): Dokumen “Notice of Action” (I-797).

8. Apabila Anda sebelumnya pernah tinggal di AS: perlihatkan dokumen yang dapat membuktikan status keimigrasian atau status Visa Anda, dokumen resmi dari Departemen Homeland Security (DHS).

9. Catatan kriminal/pengadilan atas setiap penangkapan atau hukuman dimanapun, walaupun Anda telah dibebaskan atau telah diberi pengampunan di kemudian hari.

10. Suami/istri dan anak harus menyertakan akte kelahiran, akte nikah, dan fotokopi Visa milik orangtua/suami/istri yang masih berlaku.

Bawa juga beberapa dokumen tambahan berikut ini, dokumen-dokumen ini dapat membantu Pejabat Konsul untuk mengevaluasi aplikasi anda menjadi lebih cepat. Harap membawa dokumen asli, jangan fotokopi.

Dokumen tersebut diantaranya bukti terbaru atas pendapatan, pembayaran NPWP, kepemilikan properti atau badan usaha, atau aset; buku tabungan atau rekening koran; surat keterangan bank atau deposito. Surat dari perusahaan yang menjelaskan mengenai jabatan, pendapatan perbulan, masa kerja, ijin masa cuti; dan apabila untuk tujuan bisnis, jelaskan apa tujuan Anda ke AS.

5. Melapor untuk Wawancara

Sebelum wawancara Anda harus melapor ke pintu gerbang Kedubes AS, Jalan Medan Merdeka Selatan 5, tidak lebih dari 15 menit lebih awal dari jadwal wawancara Anda. Semua pemohon Visa non-imigran harus datang sendiri untuk wawancara dan pengambilan sidik jari (kecuali pemohon visa A1, A2, G1, G2, G3, G4, NATO dan C3, dan bagi pemohon visa non-imigran yang berusia dibawah 14 tahun atau berusia 80 tahun ke atas).

Pada akhir wawancara, Anda akan menerima salah satu dari dokumen berwarna berikut ini:

1. Putih, berarti bahwa aplikasi disetujui dan menjelaskan bagaimana dapat mengambil paspor Anda yang sudah ada visa.

2. Hijau, berarti bahwa Anda diminta datang kembali untuk memberikan informasi tambahan sebelum Pejabat Konsul membuat keputusan.

3. Kuning, berarti bahwa permohonan Visa Anda dikenakan proses administrasi tambahan dan kami akan memberitahu anda apabila prosesnya telah selesai. Umumnya proses administrasi tambahan selesai dalam waktu 60 hari, meskipun jangka waktu proses berbeda disesuaikan dengan keadaan dari masing-masing permohonan Visa.

4. Merah muda, berarti bahwa pada saat ini anda belum memenuhi syarat untuk mendapatkan Visa non-imigran.

5. Biru, apabila pengisian aplikasi tidak lengkap, Anda diberi kesempatan untuk kembali dengan aplikasi yang sudah lengkap.

Apakah Anda sudah siap menjalankan semua prosedurnya? Sebelum melakukan pembuatan Visa Anda bisa membaca langkah-langakh di atas terlebih dahulu, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat.

Baca juga: Cara Mengurus Visa ke Jepang

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama