Berapa Biaya untuk Membuat Pesta Barbeque Sendiri?

Tahun baru hanya tinggal menghitung hari, Anda bisa mengisinya dengan Pesta barbeque. Berapakah biaya yang harus disiapkan? Berikut ini rinciannya

akhir tahun pesta barbeque

Menyambut akhir tahun pesta barbeque menjadi salah satu pilihan menghabiskan waktu di malam tahun baru bersama dengan keluarga. Nah, buat Anda yang ingin mengadakan pesta BBQ-an, tentunya Anda harus tau apa saja yang harus dipersiapkan supaya acara berjalan sukses?

Karena malam tahun baru tinggal 2 hari lagi, ada baiknya mulailah bersiap-siap dari sekarang. Belanja bahan plus menyiapkan peralatannya. Apa saja yang perlu di perhatikan dan berapakah biayanya? Simak info berikut ini!

1. Panggangan

 pesta BBQ-an,

Alat pemanggang adalah bagian terpenting yang harus dipersiapkan dari pesta BBQ. Di pasaran banyak tersedia berbagai jenis alat pemanggang. Alat pemanggang tersebut bisa berupa dengan bara api arang, gas atau listrik.

Panggangan arang bisa dibilang yang paling  laris manis, karena harganya sangat ramah di kantong. Selain itu, pemanggang model ini memberi aroma harum pada bahan yang dimasak.

Harga untuk alat pemanggang pun beragam tergantung dengan jenis dan bentuknya, dimulai dari harga puluhan ribu hingga ratusan ribu. Seperti di supermarket untuk pemanggang dengan berbagai pilihan dari Maspion, dimulai dari harga Rp 121.000.

2. Arang

kebutuhan BBQ

Pemanggang dengan arang paling banyak disukai karena lebih praktis dan mudah didapat. Karena itu perhatikan dengan teliti saat membeli arang. Belilah arang dari batok kelapa yang benar-benar kering agar panasnya lebih kuat dan awet. 

Jika memakai arang kayu, pilihlah yang utuh, dan benar-benar kering agar api arang cukup kuat panasnya. Anda bisa mencarinya dipasr ataupun pedagang-pedagang yang khusus menjual semua kebutuhan BBQ. Harganya sebesar Rp 4.500 per Kg.

3. Bahan Makanan

 Bahan Makanan BBQ

Bahan makanan apa saja yang bisa diolah menjadi BBQ? Hampir semua bahan makanan bisa Daging sapi, daging kambing, ayam, seafood, daging olahan (aneka sosis, bakso) atau sayuran. 

Khusus untuk daging sapi, sebaiknya belilah yang berkualitas bagus agar benar-benar empuk dan enak saat dimakan. Sedangkan untuk seafood, pilihlah yang paling segar, kalau perlu belilah ke pasar ikan atau pasar tradisional.

Harga untuk bahan makanan pun beragam. Seperti ayam broiler Rp 24.500 per ekor, kentang Granola curah Rp 1.490 per 100 gr, daging family pack Rp 11.750 per 100 gram, ikan Mas Rp 3.990 per 100 gram, serta masih banyak lagi bahan makanan lainnya, tentunya dengan harga spesial.

4. Bumbu

Terdapat banyak pilihan bumbu. Kalau Anda mau praktis, bisa membeli aneka bumbu BBQ siap pakai dalam kemasan botol. Ada yang buatan Amerika (hot BBQ Saus, Natural BBQ Sauce atau Smoke BBQ Sauce) atau yang gaya Asia (bumbu asam manis, lada hitam, lemon).

Untuk daging bisa diberi bumbu BBQ sederhana berupa campuran saus Inggris, saus tomat, merica, garam dan sedikit air jeruk nipis. Untuk seafood bisa memakai bumbu kecap (cabai dan bawang putih dihaluskan lalu ditambah kecap manis) atau bumbu kuning yang berupa bawang putih, kunyit, kemiri, merica dan garam yang dihaluskan. Anda bisa membelinya di pasar tradisional ataupun supermarket. Harganya pun bisa berbeda-beda.

Estimasi Biaya Pesta Barbeque

Estimasi Biaya Pesta Barbeque

No Barang Harga
1 Panggangan arang Rp 154.000
2 Arang batok Rp 5000
3 Ayam Rp 30.000 / ekor
4 Daging Rp 110.000 / kg
5 Sosis Rp 22.000 / pack
6 Ikan mas Rp 25.000 / kg
7 Bumbu Barbeque Rp. 17.000 / 388 gr
8 Saus Rp 8.800 / botol
9 Kecap Rp 15.900 / 540 ml
10 Cabe Rp 32.000 / kg
11 Mentega Rp 8000 / cup
12 Bawang merah Rp 32.000 / kg

Total Rp 459.700

Harga diatas hanyalah estimasi saja, jika Anda sudah memiliki bebrapa peralatan bekas tahun kemarin, Anda hanya tinggal belanja bahan makanan saja dan pelengkap lainnya. Ataupun beberapa supermarket banyak yang memberikan promosi menarik dengan paket pesta tahun baru. 

Selain itu supermarket juga memberikan banyak potongan diskon menarik untuk produk-produk tertentu dengan menggunakan kartu kredit. Jadi Anda bisa memanfaatkan promosi semaksimal mungkin untuk mendapat harga lebih ekonomis.

Baca juga: Disini, Anda Bisa Belanja dengan Harga Murah

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama