Begini Cara Hemat Merawat Rumah di Musim Hujan

Cuaca ekstrem saat musim hujan bisa membuat rumah menjadi tidak terawat. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk merawat rumah di musim hujan.

Hujan lebat yang disertai petir belakangan ini makin sering terjadi. Cuaca ekstrem saat musim hujan tanpa disadari bisa membuat rumah kita menjadi tidak terawat karena hampir setiap hari rumah terguyur oleh air hujan.

Oleh sebab itu, dibutuhkan keterampilan tersendiri agar untuk merawat rumah di musim hujan. Karena jika tidak segera dilakukan, maka bisa menyebabkan keretakan pada struktur rumah, kebocoran, hingga tumbuhnya jamur.

Cara Merawat Rumah di Musim Hujan

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk merawat rumah di musim hujan.

1. Atap

Sebagai bagian utama yang melindungi rumah dari guyuran air hujan, pertama kalinya Anda wajib untuk memeriksa dan merawat atap rumah.

Caranya, bisa dengan memperbaiki atau mengganti bagian-bagian atap yang rusak, retak, berkarat, atau berlubang.

Jangan lupa, bagian genteng pun sebaiknya tidak terlupakan. Pastikan tidak ada genteng yang pecah, lapuk, atau tidak terpasang sempurna. Jika ditemukan kerusakan, segeralah ganti dengan yang baru.

Pastikan bahwa tidak ada lubang dan juga karat di semua bagian genteng dan talang air atap. Apabila pada talang terdapat karat atau bocor segera perbaiki sebelum karatnya meluas.

Terakhir, pada sambungan genteng ada baiknya diberikan cat anti bocor agar atap rumah Anda aman dari kebocoran.

2. Langit-langit

Setelah atap, jangan lupa juga untuk memeriksa bagian langit-langit rumah.

Saat hujan, jika terjadi rembesan air, segeralah untuk memperbaikinya. Sebab jika didiamkan, rembesan air tersebut bisa menimbulkan jamur yang bisa menyebabkan perubahan warna dinding dan langit-langit rumah Anda.

3. Dinding

Saat musim hujan, dinding di rumah juga biasanya berjamur dan mengelupas, hal ini disebabkan karena masuknya air dari dinding luar yang meresap hingga ke dalam.

Jangan dibiarkan terlalu lama, sebab dikhawatirkan jika dinding dalam rumah berjamur terlalu lama akan menyebabkan rapuh.

Solusinya berikan cat pelapis anti bocor dan anti jamur pada dinding luar Anda sehingga dinding dalam Anda pun akan aman dari rembesan air hujan.

4. Saluran Air dan Selokan

Hal penting lain yang harus Anda perhatikan adalah saluran air.

Pastikan bahwa saluran-saluran air di rumah Anda tidak tersumbat. Karena apabila ada yang tersumbat dan terlambat diperiksa, saat hujan besar kemungkinan bisa menyebabkan banjir.

Cek juga selokan di sekitar rumah Anda. Pastikan airnya mengalir, dan kalau aliran airnya tersumbat, Anda bisa mulai membersihkan selokan Anda sendiri atau melaporkan ke RT agar diagendakan kerja bakti bersama.

Hal ini bertujuan selain untuk mencegah terjadinya banjir, juga mencegah berkembangbiaknya nyamuk-nyamuk malaria atau demam berdarah yang sering datang muncul di musim hujan.

5. Aliran Listrik

Hal ini juga penting Anda lakukan. Periksa dengan teliti kabel-kabel yang ada di dalam rumah ataupun di dalam rumah, jangan sampai terkena air hujan.

Pastikan keadaannya terbungkus dengan rapi, rapat, dan tidak ada yang terkelupas. Sebab jika ada kabel yang terkelupas, harus segera perbaiki atau ganti dengan yang baru.

Hal ini tentunya agar tidak terjadi hubungan pendek arus listrik dan tidak ada yang tersengat listrik apabila bersentuhan langsung dengan kabel.

Jika rumah rawan banjir, segera pindahkan juga furnitur dan peralatan elektronik ke lantai atas atau tempat yang lebih tinggi.

6. Interior dan Eksterior Rumah

Perhatikan juga keadaan interior dan eksterior rumah yang sering terkena rembesan air hujan. Air hujan bisa melembabkan kelembababn dan kelembaban bisa membuat penampilan interior dan eskterior rumah menjadi buruk

Interior rumah yang harus Anda rawat misalnya seperti perlengkapan rumah tangga dan perlengkapan furnitur lainnya.

Khusus di musim hujan, Anda harus memperhatikan bagian eksterior rumah seperti cat, kayu yang lapuk, atau bagian taman yang rusak agar nilai estetika sebuah rumah dapat bertahan di segala kondisi cuaca.

7. Membersihkan Rumah

Membersihkan rumah secara teratur juga wajib Anda lakukan untuk merawat rumah di musim hujan.

Membersihkan rumah dapat melindungi rumah Anda dari kelembaban di saat musim hujan. Tetapi, jika tidak punya waktu untuk membersihkan rumah, Anda bisa menitipkan pekerjaan ini pada asisten rumah tangga atau jasa cleaning service.

Selain itu,jika rumah Anda sudah waktunya direnovasi, seperti banyak atap yang bocor atau desain rumah semakin berantakan karena hujan, maka Anda harus segera melakukannya.

Tetapi yang menjadi masalah terbesarnya adalah adakah dana untuk merenovasi rumah Anda dalam waktu dekat ini?

Belum lagi kebutuhan yang kian meningkat dan tabungan sudah terkuras untuk biaya kebutuhan yang lainnya. Lalu kemanakah Anda harus mencari solusi dana tambahan untuk merenovasi rumah?

Merenovasi Rumah Tapi Tak Punya Dana, Ini Solusinya

Ingin merenovasi rumah namun terbentur masalah biaya? Anda tidak perlu waktu yang lama untuk memiliki cukup uang untuk biaya merenovasi rumah Anda. Berikut solusinya.

Kredit Tanpa Agunan (KTA) atau pinjaman pribadi adalah solusi yang paling tepat karena mudah pencairannya. Pinjaman KTA Anda hanya membutuhkan waktu hitungan hari untuk pencairan dana.

Salah satu produk pinjaman KTA terbaik adalah Standard Chartered Bank KTA. Standard Chartered Bank KTA bisa melengkapi kebutuhan renovasi rumah Anda dengan kucuran dana hingga Rp 200 juta.

Proses pinjaman akan dilakukan dalam kurun waktu yang cepat yaitu hanya 3 hari saja, setelah semua dokumen dipenuhi.

Keistimewaan yang patut jadi unggulan adalah suku bunganya yang ringan dan flat dengan cicilan per bulannya tetap hingga 5 tahun.

Ayo mulai merenovasi rumah dari sekarang sebelum terlambat. Ajukan pinjaman modal secara online, serta raih untung lebih banyak bersama KreditGoGo!

Baca Juga: Renovasi Rumah Tapi Tak Punya Dana, Inilah Solusinya
Pinjaman Cair 3 Hari, Bunga di Bawah 1%

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama