8 Cara Untuk Hidup Hemat

Anda ingin kaya? Cobalah dengan berhemat. Karena selain dapat menimbulkan gaya hidup yang sederhana, berhemat juga dapat memberikan kesehatan dan kebaikan bagi kita semua

  1. bergaya hidup sehat
  2. gunakan transportasi umum
  3. bedakan kebutuhan dan keinginan
  4. bawa bekal ke kantor
  5. beli barang bekas
  6. cari fasilitas liburan yang murah
  7. gunakan kartu kredit jika memungkinkan
  8. biasakan menabung recehan

Anda mungkin sering mendengar slogan “Hemat Pangkal Kaya.” Berbicara tentang hemat akan dekat sekali kaitannya dengan cara hidup seseorang. Hemat itu menyakitkan, tapi terbukti efektif dalam menghemat uang.

Contoh yang paling sederhana adalah hemat dalam penggunaan listrik. Jika Anda terbiasa menghabiskan uang listrik sebesar Rp200.000 dalam setiap bulan. Sudah saatnya Anda menghemat pengeluaran listrik Anda dengan tidak memakai barang-barang elektronik yang menyedot listrik secara berlebihan, seperti air dispenser. Bila itu dapat Anda lakukan, maka tidak mungkin Anda sedikit menghemat pengeluaran uang listrik.

Selain itu, kami memiliki delapan cara yang mujarab dalam menghemat uang. Mau tahu apa saja? Mari simak ulasannya berikut.

1. Bergaya hidup sehat

Ini yang sering dilupakan oleh orang-orang. Bahwa dengan sehat, Anda bisa menghemat hingga berkali-kali lipat. Jika Anda sakit, tentu saja dapat menghabiskan biaya yang tidak sedikit, apalagi jika sampai dirawat inap. Kuncinya adalah berolahraga secara rutin, dan makan secara 4 sehat 5 sempurna.

2. Gunakan transportasi umum

Apakah Anda hidup di sekitaran Jabodetabek? Maka Anda bisa memanfaatkan krl Commuter Line untuk bepergian ke tempat kerja. Anda bisa jauh menghemat biaya jika sudah terbiasa menggunakan transportasi umum. Meski setiap hari berjejalan di kereta atau bus Transjakarta, tapi Anda akan menghemat biaya transport yang jauh sekali berbeda dibanding naik kendaraan pribadi.

3. Bedakan antara kebutuhan dan keinginan

Ini seringkali berkesinambungan. Ini yang seringkali mengalami tabrakan. Kadang keinginan seseorang belum tentu menjadi kebutuhannya. Jadi mulai dari sekarang, Anda harus memprioritaskan apa yang menjadi kebutuhan Anda. Ingat dengan peribahasa, “besar pasak daripada tiang.” Yang punya makna lain, jangan memaksakan kehendak.

4. Membeli barang bekas

Barang bekas bukan berarti itu adalah murahan. Anda mungkin membutuhkan kipas angin dengan harga murah, dan kualitas yang masih prima? Anda bisa mencarinya di Pasar Rumput JakartaMall Rongsok Depok, ataupun Babe (Barang Bekas) di Bandung. Selain harganya yang murah, kualitasnya pun terjamin kok.

5. Gunakan kartu kredit jika memungkinkan

Apakah Anda mempunyai sejarah kredit lancar? Maka Anda mempunyai peluang dalam menerima cashback sebanyak 5% dari setiap pembelian. Kita juga bisa memanfaatkan promo kartu kredit yang memang seringkali mengenakan bunga 0 %.

6. Cari fasilitas liburan yang murah

Liburan memang dibutuhkan, apalagi jika rutinitas pekerjaan Anda sangat menyita waktu Anda. Sewaktu-waktu Anda akan membutuhkan waktu untuk refreshing. Anda bisa coba mencari agen travel yang sering menawarkan fasilitas liburan yang murah serta terjangkau.

7. Bawa bekal sendiri ke kantor

Ini terbukti efektif dalam menghemat pengeluaran Anda dalam setiap harinya. Jika Anda bisa menghabiskan Rp50.000 s/d Rp100.000 hanya untuk makan siang saja, maka dengan membawa bekal sendiri, Anda akan menghemat biaya sekitar 50 %.

8. Biasakan menabung recehan

Sudah tentu Anda sering belanja ke supermarket, minimarket maupun warung-warung. Nah, biasanya Anda sering mendapatkan kembalian recehan nih. Lebih baik, uang recehan hasil kembalian itu Anda simpan atau masukan celengan.

Itu dia 8 langkah jitu untuk Anda berhemat dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Anda tidak perlu bersikap berlebihan dalam berhemat. Tapi mulailah dari kegiatan yang biasa Anda lakukan, karena sekecil apapun penghematan Anda, sudah tentu akan membawa perubahan besar kelak. 

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama