6 Tips Mudah Menghemat Air di Rumah

Setiap tahun persediaan air bersih semakin berkurang. Langkah apa yang harus dilakukan? Anda bisa memulainya dengan menghemat air dirumah dengan enam cara berikut ini.

Hemat Air

Saat ini air bersih diperkotaan mulai langka, sebagian wilayah tidak bisa mengakses fasilitas air bersih karena minimnya persediaan. Tidak dapat dipungkiri air memiliki arti penting dalam kehidupan manusia. Air berperan untuk banyak hal, khususnya kebutuhan sehari-hari seperti minum, mandi, mencuci dan masih banyak lagi.

Tahukah Anda bahwa Bumi kita terdiri dari 72%, tetapi dengan jumlah seperti itu kenapa kita masih saja mengalami kelangkaan air di beberapa tempat. Kenyataannya dari persentase air yang ada di bumi, kita hanya bisa menggunakannya 1%. Selebihnya adalah air yang tidak dapat dikonsumsi.

Sehingga kelangkaan dan kesulitan mendapatkan air bersih dan layak pakai, mulai menjadi masalah di banyak tempat. Solusi ketersediaan air bersih khususnya di Ibu Kota bisa datang dari cara yang paling sederhana. Anda bisa berhemat air dengan mulai melakukannya di rumah.

Cara apa saja yang bisa dilakukan untuk menghemat air? Berikut ini adalah enam cara berhemat air yang bisa Anda lakukan di rumah.

1. Kontrol Penggunaan Mesin Cuci

 Penggunaan Mesin Cuci

Selain memakan listrik yang banyak penggunaan mesin cuci juga bisa mengakibatkan boros air. Hindarilah penggunaan mesin cuci setiap hari atau bila pakaian hanya sedikit. Gunakan mesin cuci hanya bila pakaian Anda sudah cukup banyak untuk memenuhi kapasitas tabung mesin cuci Anda.

2. Kurangi Penggunaan Air

Membatasi penggunaan air bisa dengan berbagai cara pertama ketika Anda mandi usahakan tidak membuang-buang air saat mandi pastikan keran tertutup dengan baik jika bak mandi sudah terisi penuh. Investasikan toilet rumah yang memiliki fitur menyiram secara ekonomis.

Ketika Anda menggosok gigi matikan keran dan tampung air dalam satu gelas. Ketika mandi Anda juga bisa menggunakan karena tiga kali lebih hemat dibandingkan dengan menggunakan gayung atau berendam. Ketika Anda mencuci hindarilah melakukan pembilasan berulang kali.

3. Cuci Kendaraan di atas Rumput Hias.

Cuci Kendaraan

Anda sering mencuci mobil, maka sebaiknya cucilah kendaraan Anda diatas rumput halaman rumah.Tapi jika tidak memungkinkan untuk membawa kendaraan tersebut di atas rumput karena areanya sempit, maka usahakan Anda mencuci di permukaan yang lebih tinggi dari permukaan rumput hias Anda.

Buatlah sedikit daluran air agar aliran tersebut menuju ke rumput hias Anda. Sehingga kendaraan Anda bersih, dan Anda tidak perlu membuang waktu Anda untuk menyirami rumput karena sudah tersirami secara otomatis dari air sisa mencuci kendaraan Anda.

4. Manfaatkan Air Bekas

Air bekas mencuci jangan langsung dibuang Anda bisa menggunakannya kembali untuk beberapa hal seperti menggunakan air bekas cucian pakaian untuk mencuci mobil atau motor. Menggunakan air bekas cucian beras untuk menyiram tanaman.

Air dari pendingin ruangan atau kulkas bisa juga Anda manfaatkan untuk mengepel lantai sebab airnya tidak kotor. Bagi Anda yang memiliki bintang peliharaan seperti burung, dapat menggunakan bekas air cucian baju untuk menyemprot burung karena terbukti sangat ampuh membunuh kuman, terutama flu burung.

5. Gunakan Softener Satu Kali Bilas.

 Gunakan Softener

Saat ini sudah banyak ibu rumah tangga yang menggunakan softener pada bilasan terakhir untuk mengharumkan pakaiannya. Jika Anda termasuk salah satunya, maka gunakanlah softener sekali bilas. Softener sekali bilas tidak hanya berfungsi untuk mengharumkan cucian Anda, namun juga menghilangkan busa.

Jadi jika Anda biasanya membilas pakaian hingga 3 kali bilasan, maka dengan softener sekali bilas, Anda tidak hanya menghemat banyak air, tapi juga menghemat tenaga dan waktu Anda.

6. Bawa Botol Minuman dari Rumah.

Membeli air dalam kemasan justru bisa menyebabkan boros air bersih. Untuk memproduksi botol-botol tersebut diperlukan banyak sekali air. Selamatkan lingkungan dengan mengurangi pembeliannya , dan beli botol minuman berbahan alumunium yang dapat dipakai berulang-ulang dalam jangka waktu lama.

Nah, hemat air tidak sulit bukan? Awali dengan menghemat air di rumah kesayangan Anda. Lingkungan terjaga, kantong Anda pun lebih hemat.

Baca juga: Tarif Listrik Akan Naik? Yuk Berhemat!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama