6 Hal Murah yang Bisa Dilakukan Saat Kantong Tipis

Siapa bilang kalau ingin liburan dan bersenang-senang harus punya banyak uang? Enggak juga kok. Buktinya, 6 hal murah ini bisa Anda lakukan saat kantong tipis, lho. Yuk, simak!

Untuk mereleksasikan tubuh dan pikiran, salah satu cara paling tepat adalah menyusun rencana liburan ke berbagai lokasi wisata. Pastinya, hal itu bisa terwujud apabila sebelumnya Anda telah merancang bujet khusus untuk berlibur. Seperti diketahui bahwa liburan bukanlah hal yang murah.

Namun, bagaimana jika ingin liburan tapi keadaan uang tidak memungkinkan? Tenang, masih ada hal-hal murah yang tetap bisa dilakukan dan tentunya bikin senang, lho. Yang terpenting adalah tidak perlu keluar uang banyak.

Apa saja? Inilah 6 hal murah yang bisa dilakukan saat kantong tipis.

Bersepeda Keliling Kota

Jikalau selama ini Anda lebih sering bepergian naik kendaraan bermotor, maka kini saatnya mencoba berkeliling kota dengan menggunakan sepeda. Ajaklah teman, keluarga, atau orang tersayang untuk berkeliling menikmati indahnya pemandangan kota.

Anda akan mendapatkan sensasi berbeda dibandingkan naik motor atau mobil. Meski bakal cape, tapi bersepeda punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, lho. Cape juga akan terbayar dengan keseruan saat bersepeda. Anda bisa melihat sekeliling kota secara lebih dekat.

Nah, bagi yang ingin menurunkan berat badan, bersepeda juga bisa membantu mewujudkannya lho. Salah seorang pemuda berusia 20 tahun, dapat menurunkan berat badan sebanyak 13 kg dalam 6 pekan karena ia rajin bersepeda saat Car Free Day.

Selain membuat badan sehat, tentu bersepeda tidak akan membutuhkan banyak uang, bukan?

Marathon Nonton DVD Film

Untuk menghilangkan rasa penat, Anda bisa mulai mencari lagi koleksi DVD film yang sudah lama menumpuk di laci/lemari. Siapa tahu ada film yang belum sempat ditonton. Maka, ini saat tepat menghabiskan waktu untuk maraton nonton film.

Atau bila tidak punya koleksi DVD, Anda bisa pinjam ke teman. Mungkin saja teman Anda mengoleksi DVD film. Nontonlah bersama teman, keluarga, atau orang tersayang sambil ditemani sebungkus popcorn. Serasa nonton di bioskop, tapi tidak perlu mengeluarkan banyak uang.

Berkunjung ke Museum

Liburan itu tidak selalu harus keluar kota, lho. Berwisata meski hanya di dalam kota pun tetap bisa disebut liburan kok. Dan pastinya akan lebih hemat, karena tidak perlu memikirkan bujet untuk transportasi dan penginapan.

Anda juga akan lebih hafal rute jalannya. Jadi tidak ada salahnya liburan dengan mengunjungi tempat wisata yang ada di kota Anda, misalnya museum. Selain harga tiket masuknya murah, juga bisa menambah pengetahuan.

Membaca Buku

Ungkapan buku adalah jendela dunia itu benar dan tidak berlebihan. Sebab melalui buku, orang bisa tahu banyak hal tentang sesuatu meski orang tersebut belum pernah mengalami atau tahu tentang suatu tempat meski belum pernah ke sana.

Saat butuh kegiatan refreshing yang tidak perlu keluar uang banyak, salah satu cara tepat adalah baca buku.

Dengan baca buku, imajinasi Anda diajak jalan-jalan oleh sang penulis buku. Jadi, walaupun secara fisik belum bisa jalan-jalan, minimal pikiran sama imajinasi Anda sudah jalan-jalan.

Makan Coklat Bikin Senang

Hasil survei menunjukkan bahwa biji cokelat mengandung bahan Phenylethylamine yang bisa membuat bahagia. Zat ini berfungsi menghasilkan hormon endorfin dalam tubuh. Sementara, hormon endorfin sendiri adalah hormon yang bisa membuat seseorang merasa bahagia.

Jadi jika Anda ingin bahagia dengan cara cepat dan tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah banyak, makan cokelat adalah solusinya.

Bermain Musik

Punya alat musik di rumah dan bisa memainkannya? Mainkan saja. Karena ternyata, selain bisa dijadikan ‘teman’ untuk menemani Anda sehari-hari, bermain musik juga memiliki manfaat lebih dari sekadar itu, lho.

Bermain musik dapat menghilangkan stres, menumbuhkan kreativitas, memperkuat daya ingat, melatih kesabaran, melatih kerja sama, dan masih banyak lagi.

Itulah 6 kegiatan murah yang bisa dilakukan saat kantong tipis. Apakah Anda punya cara lain untuk bersenang-senang dengan bujet murah? Yuk, share di sini.

Baca juga: Tetap Bisa Berlibur Walaupun Biaya Hidup Meningkat

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama