6 Cara Liburan Long Weekend Tanpa Kuras Kantong

Banyak long weekend bukan berarti kantong jebol. Ada trik dan tips menarik agar keuangan tetap aman. Nikmati long weekend tanpa perlu habiskan dana besar dengan beberapa cara ini!

Sudah lihat kalender Anda? Ya, tahun ini ada beberapa hari libur yang mepet dengan akhir pekan alias long weekend. Ini bisa jadi kesempatan Anda untuk beristirahat sejenak dari kesibukan dan menikmati quality time bersama orang tercinta.

liburan hemat

Tapi bagaimana jika kenyataannya bujet buat liburan sudah berkurang atau bahkan habis karena digunakan untuk keperluan lain yang lebih penting? Jangan khawatir, masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk menikmati libur long weekend tanpa harus menguras kantong.

Film, Hiburan Setiap Generasi

Nonton film bisa jadi salah satu kegiatan asyik menikmati long wekeend. Dibandingkan dengan nonton di bioskop, nonton di rumah memang lebih hemat. Tapi pengalaman nonton di ruangan bioskop memang tak tertandingi. Sensasinya akan terasa sangat berbeda.

Jika keuangan sedang tidak terlalu bagus, Anda bisa memanfaatkan fasilitas dari kartu kredit. Misalnya, bagi pengguna Citibank Telkomsel Visa Platinum yang memberikan fasilitas atau fitur 'Buy 1 Get 1' di XXI favorit Anda.

Baca juga: Manfaatkan Air Miles Untuk Efisiensi Budget Traveling

Dari Hobi Jadi Sumber Pendapatan

hobi jadi bisnis

Long weekend bisa jadi pilihan waktu yang pas untuk menyalurkan hobi, misalnya memasak. Saat libur panjang ini, Anda bisa coba belajar memasak. Tidak usah seperti para chef profesional, tetapi cukup bisa memasak menu sehari-hari saja. Toh dengan bisa memasak, Anda nantinya sesekali bisa bawa bekal makan siang untuk di kantor. Jadi lebih hemat dan puas kan nantinya?

Memasak sendiri di rumah juga lebih higienis karena kita mengetahui bahan-bahan dan proses memasaknya.

Bahkan, bukan tidak mungkin hobi memasak ini bisa jadi ladang penghasilan Anda. Jika dirasa sudah percaya diri, mulailah membuat bisnis Anda sendiri. Apalagi bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan.

Modalnya dari mana? Tenang, kini banyak fasilitas dana pinjaman yang tersedia, tinggal pilih yang sesuai kemampuan dan kebutuhan. Selain KTA, Anda juga bisa menjaminkan harta bergharga seperti rumah atau mobil untuk dana pinjaman. Tapi ingat, bijaklah dan disiplin bayar tagihan setiap bulannya.

Jaga Silaturahmi, Kunjungi Teman atau Kerabat

Saat hari-hari normal biasa, sebagian besar dari kita pasti sibuk dengan aktivitas rutin masing-masing. Seringkali kita lupa dengan keberadaan teman atau kerabat. Nah, bagaimana kalau libur long weekend Anda manfaatkan untuk mengunjungi mereka?

Tentu saja Anda harus menghubungi mereka terlebih dahulu via telepon, memastikan bahwa yang akan dikunjungi ada di kediamannya. Jangan lupa bawa sedikit buah tangan untuk teman atau kerabat yang akan dikunjungi. Hal semacam ini selain, mengeratkan tali silaturahmi, bukan tak mungkin juga bisa mendatangkan rasa sukacita tersendiri bagi yang dikunjungi.

Jalan-Jalan ke Taman Kota

Sejak beberapa waktu lalu pemerintah DKI Jakarta giat menata keberadaan ibukota tercinta. Salah satunya adalah dengan konsisten menata taman-taman kota. Hasilnya kini banyak sekali taman-taman kota di beberapa area di Jakarta yang kini bisa dimanfaatkan oleh warga Jakarta.

Buat Anda yang tinggal di luar Jakarta pun bisa menikmati keindahan dan kenyamanan taman di kota masing-masing. Saat ini sudah banyak pemerintah kota di berbagai daerah yang mulai menata taman kotanya.

Taman kota kini terlihat makin apik, terawat, dan menyenangkan untuk dikunjungi. Kita bisa berolahraga, piknik, dan melakukan aktivitas bareng teman-teman komunitas juga. Sesekali rasakan suasana outdoor yang lumayan asri dengan beragam tanaman dan pepohonan yang sengaja ditanam di taman-taman kota deh!

liburan di taman kota

Di tengah hiruk-pikuk ibukota, masih bisa menikmati sedikit kesejukan seperti ini merupakan hal yang bisa bikin kita semangat lagi. Bonusnya lagi, Anda tak keluar uang untuk bisa menikmati fasilitas ini. Jangan lupa bawa bekal makanan dan minuman sendiri jika ingin hemat ya!

Baca juga: Liburan Hemat dengan Cashback dan Point Reward

Wisata ke Museum

Di era yang serba gagdet dan internet seperti sekarang, anak-anak maupun orang dewasa makin banyak yang kehilangan minat untuk datang berwisata ke museum. Padahal dengan mengunjungi museum-museum kita jadi makin kaya akan wawasan dan ilmu pengetahuan.

Apalagi sekarang museum sudah makin diperhatikan keberadaannya sehingga pengunjung dibuat makin tertarik untuk mengunjungi museum dan betah berwisata di museum. Banyak lho museum yang tiket masuknya sangat terjangkau, ada yang mulai dari Rp2000 seperti Museum Kebangkitan Nasional.

Bahkan ada museum yang gratis seperti Museum Polri di kawasan Blok M, Jakarta Selatan. Coba deh sebelum berwisata ke berbagai musem, Anda browsing informasinya dulu di internet. Aktivitas yang satu ini, selain hemat, jadi jalan-jalan yang bermanfaat kan?

Traveling Hemat

Bujet terbatas dan durasi libur long weekend yang singkat bukan kendala jika hasrat traveling sudah tak terbendung. Saat kepepet seperti ini lah kita sah-sah saja menggunakan kartu kredit.

Tak perlu jauh-jauh, pilih destinasi traveling yang jaraknya dekat namun tetap asyik buat wisata singkat. Jauh-jauh hari kumpulkan informasi seputar promo wisata dari dan manfaatkan juga fasilitas mileage yang ada pada kartu kredit Anda.

Dengan kartu kredit, Anda bisa terbang gratis, diskon penginapan hingga gratis akses airport lounge di manapun. Asyik banget kan kalau bisa traveling tapi kantong tidak jebol?

Nah, gimana? Sudah tidak galau lagi karena ingin hemat menikmati libur long weekend dong sekarang?

 Masih banyak kegiatan seru dan hemat yang bisa kamu lakukan ketika libur long weekend tiba. Coba manfaatkan kreatifiras untuk menentukan liburan Anda agar lebih menyenangkan. Selamat menikmati libur long weekend hemat ya!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama