5 Cara Ampuh Menghemat Pulsa Smartphone

Pulsa Anda yang cepat habis karena pemakaian paket data internet tidak terkontrol, bagaimana cara menghematnya? lakukanlah lima tips ampuh berikut ini.

Banyak pengguna smartphone yang sering mengeluhkan pulsanya sering terpotong tanpa sebab yang jelas ataupun pemakaian pulsa untuk paket internet terlampau boros. Kemudahan akses komunikasi saat ini yang ditawarkan oleh provider internet seringkali menjebak Anda untuk lebih konsumtif.

Terasa sangat sulit apabila Anda pun tidak bisa membatasi penggunaan internet pada smartphone sehingga pulsa regular sering kali habis. Jika tidak hati-hati kebutuhan internet akan membuat kantong Anda kering. Lalu, bagaimanakah cara menghematnya?

Jika Anda sering mengalami hal tersebut atasilah dengan melakukan beberapa tips berikut ini agar pulsa smartphone lebih hemat dan keuangan tidak terganggu.

1. Gunakan Koneksi Internet Sesuai kebutuhan

Sebenarnya tidak setiap saat Anda harus tersambung ke internet, gunakanlah koneksi internet sesuai dengan kebutuhan. Anda tidak harus setiap detik membutuhkan browsing ataupun mengecek media sosial.

Agar kuota internet tidak habis untuk sesuatu yang sia-sia, Anda bisa mematikan dan menghidupkan koneksi internet yang ada pada ponsel smartphone tersebut. Dengan begitu, Anda dapat mengontrol dengan mudah pemakaian data internet.

JIka Anda sedang berada di tempat yang tersambung dengan koneksi WiFi manfaatkanlah fasilitas tersebut. Untuk mengupdate beberapa aplikasi Anda bisa memanfaatkan koneksi WiFi seperti di café, kantor, ataupun mall.

2. Hentikan Auto Sync pada Smartphone

Auto Sync adalah sebuah fitur yang mengatur agar aplikasi Android dapat melakukan sinkronisasi dengan server Google maupun dengan server aplikasi yang digunakan. Mematikan fitur auto sync berguna untuk menghemat paket datamu yang digunakan untuk me-retrieve e-mail, mention di berbagai media sosial, dan akun lain yang terhubung.

Bila Auto Sync menyala, berarti aplikasi "diijinkan” untuk melakukan sinkronisasi data secara otomastis. Sedangkan Bila Auto Sync dimatikan, Anda tidak akan menerima informasi secara real time. Dengan mematikan fitur tersebut Anda dapat menghentikan akses koneksi internet terhadap beberapa aplikasi yang sedang tersinkronisasi secara otomatis.

Anda bisa melakukan beberapa pengaturan dasar seperti menekan tombol Home - pilih Setting - pilih Accounts & Sync. Setelah itu Anda tinggal memilih pengaturan sinkronisasi yang akan dipergunakan. Ada sinkronisasi otomatis dan sinkronisasi data latar belakang/pendukung. Usahakan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan Anda sendiri.

3. Pilih Paket Sesuai Pemakaian

Dalam memilih paket internet ketahuilah dahulu pemakaian yang Anda perlukan. Misalnya, Anda seorang gamer sejati ataupun senang sekali browshing, pilihlah paket internet unlimited sehingga tidak boros kuota. Jika Anda menggunakan paket internet kuota dan habis dengan cepat maka Anda pun harus mengeluarkan biaya tambahan untuk mengisi pulsa kembali.

4. Manfaatkan Promo dan Bonus dari Provider

Banyak Provider selular yang memberikan bonus, baik bonus bicara atau bonus sms ika telah mencapai pemakaian tertentu. Anda bisa manfaatkan kesempatan itu dengan memaksimalkan hubungan telepon ketika bonus itu sudah berjalan.

Selain itu walaupun banyak bonus yang ditawrkan, provider juga sering memberikan beberapa fasilitas tambahan seperti i-ring. Anda harus berhati-hati jangan tergiur langsung tawaran mengaktifkan fasilitas dari operator selular tertentu jika tidak benar-benar dibutuhkan

Yang sering terjadi aktivasi dari fasilitas tersebut tidak penting dan hanya akan menyedot pulsa saja dan anda tidak bisa menghentikannya, walau dengan unreg sekalipun.

5. Rajin Memeriksa Penggunaan Kuota


Agar bisa berhemat, Anda harus mengetahui bagaimana pemakaian internet tersebut, sebenarnya aplikasi apa saja yang bisa bikin boros. Dari sekian banyak aplikasi yang ada di ponselmu pasti ada satu sampai dua aplikasi yang paling banyak memakan kuota data.

Caranyapun mudah Anda hanya harus rajin memeriksa penggunaan kuota tersebut. Anda bisa mengatur data limit di ponsel android atau juga rajin memeriksa cellular data usage bagi pengguna iPhone. Dari sanalah Anda dapat mengetahui aplikasi mana yang paling  memakan kuota dan itu wajib lebih jarang dibuka jika ingin berhemat.

Jika tidak ingin boros Anda harus bijak dalam menggunakan fasilitas di smartphone, jadi tidak ada lagi cerita Anda kehabisan pulsa karena urusan internet.

Baca juga: Perbandingan Harga Kuota Internet dari Tri, Indosat, XL dan Telkomsel

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama