Ya, Anda Bisa Terbebas dari Utang

Berbicara mengenai utang. Ini sudah menjadi kebiasaaan yang dilakukan oleh manusia. Mau itu kaya atau miskin, semua pernah berutang. Bahkan ada yang sampai berutang terus-menerus selama hidupnya. Tapi, tahukah Anda ada cara yang efektif untuk membebaskan Anda dari hutang.

Ada dua tipe utang

Utang membantu perusahaan membiayai pertumbuhan dan menciptakan lapangan kerja. Utang memungkinkan siswa dari lingkungan yang kurang mampu untuk menjadi dokter. Utang membantu keluarga muda membeli rumah. Lalu utang bisa juga dapat membiayai bisnis Anda. Sayangnya, ada garis tipis antara berapa banyak utang dapat mengangkat situasi keuangan Anda dan utang yang bisa menghancurkan hidup Anda.

Terlalu banyak utang pribadi dapat menjadi kanker (kantong kering) dalam keuangan kita. Saking banyaknya utang, kita selalu membayar bunga yang tumbuh dan tumbuh terus menerus sampai tidak ada cukup uang tersisa untuk membayar sewa. Ketika itu terjadi, kita mungkin hanya meminjam lebih banyak untuk mencegah kehancuran keuangan kita.

Anda perlu berhenti hidup pada uang hutang dan mulai hidup pada uang penghasilan. Jika Anda memutuskan untuk berhutang, pastikan utang itu Anda gunakan untuk investasi, bukan untuk konsumsi pribadi.

Utang disebabkan kebutuhan dan keinginan

Alasan pertama, dan paling utama Anda berutang adalah Anda menghabiskan lebih dari yang Anda hasilkan, sehingga Anda perlu untuk mengubah itu, dengan memperoleh lebih atau pengeluaran kurang atau keduanya.

Jika Anda hanya memiliki saldo kartu kredit yang tak sedikit, tetapi memiliki penghasilan untuk melunasinya dalam satu atau dua tahun, serta memiliki reputasi kredit lancar. Anda dapat melakukan transfer saldo kartu menuju cicilan 0 persen dan menggunakannya secara bijak, mungkin menjadi pilihan yang mudah.

Namun, jika limit kartu kredit Anda sudah mencapai maksimal atau telah mencoba penangguhan pembayaran, mungkin sekarang sudah terlambat. Yang bisa Anda lakukan adalah mencari bantuan dari sebuah perusahaan konsolidasi utang yang bisa saja membantu permasalahan keuangan Anda.

Strategi melunasi utang

Mulai buat strategi untuk melunasi hutang. Kalau uang kita terbatas, cari utang dengan bunga tertinggi untuk dilunasi. Pada tahap awal kita akan fokus untuk melunasi utang dengan bunga yang tertinggi. Ini dilakukan agar Anda tidak terlalu terbebani dengan bunga yang tinggi, yang tentu saja memberatkan langkah Anda selanjutnya.

Bagaimana dengan utang yang lain? Bayar utang lainnya dengan pembayaran minimum. Contoh: Kita fokus melunasi hutang kartu kredit dengan bunga paling tinggi, kartu kredit lain dibayar minimum ditambah sedikit.

Selanjutnya, Anda harus bisa membedakan antara 2 pilihan utang. Utang baik adalah utang yang tujuannya untuk menambah aset. Sebaliknya utang buruk adalah utang yang sifatnya konsumtif, hura-hura, menturuti keinginan. Nah, sekarang apakah membeli mobil termasuk utang baik atau hutang buruk? Contoh kita ambil cicilan untuk mobil sport. Padahal kita tidak perlu mobil sport, melainkan mobil keluarga. Maka inilah yang biasa disebut sebagai utang buruk.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama