Wow, Ternyata Uang Benar-Benar Dapat Membeli Kebahagiaan

Uang bukan hanya merupakan sebuah asset bagi kita, tapi juga dapat memenuhi segala kebutuhan yang kita inginkan sehingga dapat membuat kita jadi lebih bahagia.

Banyak orang yang mengatakan bahwa uang tidak bisa membeli kebahagiaan, namun menurut Laura Vanderkam, penulis “All the Money in the World: What the Happiest People Know About Getting and Spending,” mempunyai perspektif yang berbeda. Dalam bukunya itu, ia menjelaskan bagaimana memikirkan kembali anggaran Anda dan sikap Anda terhadap uang dapat membuat hidup Anda lebih lengkap, dan tentunya lebih menyenangkan.

money quote

Uang bisa membelikan Anda kebahagiaan, selama Anda menghabiskan uang itu, atau menggunakannya untuk membeli “pengalaman” daripada membeli sebuah produk. Inilah yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan kebahagian dari sebuah uang.

Hamburkanlah uang itu

Salah satu cara yang paling memuaskan untuk menghabiskan uang adalah dengan menghabiskannya kepada orang lain. Sebuah studi oleh Chicago Booth School of Business menemukan bahwa orang yang mendapatkan rejeki nomplok melaporkan bahwa tingkat kebahagiaan mereka mengalami peningkatan yang signifikan. Ya, mereka bahagian setelah menghabiskan rejeki itu pada orang lain. Namun, jika tujuan Anda adalah untuk memaksimalkan kebahagiaan Anda sendiri, studi menunjukkan Anda harus menghabiskan uang itu pada pengalaman bersama dengan orang lain daripada sekedar “menyumbangkannya.”

Percobaan lain yang dipimpin oleh Lara Aknin dari Simon Fraser University memberikan diskon makan dan minum kopi di Starbucks untuk mahasiswa. Satu kelompok harus menghabiskan uang pada diri mereka sendiri, satu kelompok harus memberikan kartu itu dan satu diberitahu untuk mengobati orang lain untuk kopi Starbucks - dengan ketentuan bahwa siswa tersebut harus menghabiskan waktu dengan orang yang mereka inginkan

Carilah ketenangan pikiran

Apa yang membuat Anda bangun di malam hari? Apakah Anda khawatir tentang rumah Anda yang dibobol atau mobil Anda dicuri? Salah satu alasan orang enggan memakai jasa asuransi adalah bahwa kebanyakan orang menghabiskan lebih banyak pada premi dari yang mereka terima dalam pembayaran. Meskipun itu adalah proposisi kehilangan, orang masih membeli asuransi untuk satu dari dua alasan: Konsekuensi dari tidak memiliki asuransi bisa menjadi bencana besar, atau mereka ingin memiliki pikiran yang tenang. Alasan ini juga yang menyebabkan orang untuk membeli properti, kesehatan atau asuransi mobil; tapi dengan yang kedua, Anda memiliki lebih banyak kebijaksanaan.

Jika Anda benar-benar khawatir tentang pencurian, membeli properti atau asuransi sewa untuk meredakan kekhawatiran Anda. Jika Anda stres tentang berpotensi harus membatalkan perjalanan, Anda mungkin harus mempertimbangkan asuransi traveler. Ini mungkin tidak masuk akal keuangan dari perspektif mengasuransikan risiko, tetapi dalam kasus ini, Anda berhasil membeli ketenangan pikiran.

Ambil liburan, minimalisir potensi stres

Penelitian telah menunjukkan bahwa pengalaman membeli kebahagiaan yang lebih abadi daripada benda-benda material, tapi ada lebih banyak nuansa dari itu. Jika Anda menghabiskan 300 juta pada perjalanan epik ke Paris, atau akankah Anda bahagia jika hanya menghabiskan 300 juta untuk pergi ke hotel bintang lima dan sarapan yang biasa? Jika Anda mencoba untuk membuat perjalanan eksotis mungkin, atau meregangkan keluar untuk selama mungkin?

Sebuah studi pada tahun 2009 mengatakan bahwa berlibur ke tempat yang jauh menunjukkan bahwa panjang perjalanan tidak mempengaruhi kebahagiaan. Sebaliknya, faktor kunci dalam perasaan yang baik abadi adalah stres. Mereka yang memiliki liburan santai yang jauh lebih bahagia setelah perjalanan daripada mereka yang melaporkan perjalanan stres atau netral.

Menghabiskan uang Anda dengan bijaksana untuk melakukan perjalanan sebagai santai mungkin. Mengawasi keluar untuk tanda-tanda bahwa Anda atau keluarga Anda merasa terburu-buru, dan menghabiskan cerdas untuk menghindari stres lebih lanjut.

Pergi keluar untuk menyantap makan malam yang istimewa

Katakanlah anggaran makanan bulanan Anda adalah 2 juta. Jika Anda ingin mencoba bahagia, kenapa tidak mencoba pergi keluar untuk makan malam di tempat yang mampu menghabiskan 2 juta dalam satu malam? Seperti yang terjadi, makan malam seharga 2 juta akan membuat Anda lebih bahagia. Jika Anda melakukan sesuatu yang cukup sering bahwa Anda menganggapnya rutin. Bahkan mansion terbesar menjadi hanya sebuah rumah ketika Anda sudah tinggal di sana cukup lama. Penelitian juga menunjukkan bahwa mengantisipasi suatu peristiwa sering meningkatkan kebahagiaan lebih dari acara itu sendiri.

Beli waktu

Cara terbaik uang meningkatkan kebahagiaan adalah ketika itu membeli waktu Anda. Hal ini dapat mengambil beberapa bentuk: penurunan perjalanan Anda dengan mendekatkan diri ke pekerjaan, mempekerjakan seseorang untuk membantu di sekitar rumah atau menyewa seorang asisten untuk membersihkan urusan rumah tangga Anda dari tugas biasa yang akhirnya merampok Anda waktu yang berharga. 

Jika Anda memiliki penghasilan tambahan, gunakanlah untuk lebih menyisihkan waktu luang yang membebaskan Anda. Ini dapat memiliki dampak yang paling signifikan pada kesejahteraan Anda.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama