Wanita Adalah Akuntan Keluarga

Peran wanita semakin penting, terutama di dalam rumah tangga yang dimana seorang istri dapat sekaligus menjadi pengatur keuangan rumah tangga.

Uang. Bicara soal uang, pasti yang terlintas dibenak kita adalah mau diapakan uang itu? Terkadang, kita suka dilenakan oleh uang. Begitu melihat ada uang banyak dikantong, tanpa berfikir panjang kita langsung meluncur menuruti hawa nafsu dengan cara menghambur-hamburkannya untuk hal yang sama sekali tidak penting. Entah itu untuk hangout dengan teman atau sekedar memberi kado istimewa buat pacar. 

Sewaktu masih single/pacaran, mungkin uang bukanlah poin utama dalam hidup kita. Tapi,begitu memasuki tahap perkawinan,uang baru menjadi sasaran utama untuk melangsungkan hidup yang serba tidak gratis lagi. Dan dalam hal ini, pasangan muda yang sering menjadi korbannya. Para lelaki biasanya suka memanjakan pasangan wanitanya diawal pernikahan mereka dengan cara memberikan berbagai kemewahan agar pasangannya merasa senang. 

Andai saja hal itu hanya dilakukan pada saat-saat tertentu, mungkin tidak akan berdampak sangat buruk bagi keuangan mereka, tapi yang menjadi permasalahan disini, pasangan muda sering melakukannya hanya untuk kesenangan semata. Kaum pria selalu menganggap bahwa kesenangan wanita itu terletak pada kemewahan. Dan mereka baru sadar ketika istri mereka telah meninggalkan mereka karena sudah tidak mampu untuk menyediakan kemewahan seperti sedia kala. Maka dari itu,bagi pasangan muda harus punya planning sebelumnya agar uang mereka tidak terbuang sia-sia. 

Beromantis-romantis ria memang tidak salah. Namun alangkah lebih bijaksananya kalau suasana romantis itu disajikan dalam kesederhanaan yang indah. Dalam hal ini, wanita mempunyai peranan penting untuk merealisasikannya. Apalagi semakin kebelakang kebutuhan hidup semakin komplek saja, maka sejak dini harus tertanam dalam jiwa kaum wanita untuk menjadi akuntan dalam keluarga agar dalam hidup berumah tangga tidak mengalami kebingungan atau bahkan ketidakseimbangan antara income dan pengeluaran sejak dari awal pernikahan. Apalagi kalau kita lihat, pendapatan mereka cukup lumayan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. 

Peran Penting Seorang Istri

Kalau semua terencana sejak awal, tidak akan ada pasangan muda yang akan mengalami masa-masa sulit mengenai keuangan pasca mereka dikaruniai seorang anak. Bahkan,untuk anak-anak selanjutnya. Untuk itu, bagi kaum istri haruslah pandai-pandai me-manage keuangan keluarga. 

Jangan karena suami-suami kalian sudah memberikan wewenang penuh atas keuangan kalian, lantas kalian bebas membelanjakan uang kalian hanya untuk hal-hal yang disebut kesenangan. 

Suami Harus Percaya dengan Kemampuan Istri

Seharusnya, kepercayaan para suami bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin oleh para istri untuk mengatur keuangan mereka dengan sebaik-baiknya. Jangan biarkan usaha suami sia-sia hanya karena istri ingin memiliki barang mewah seperti wanita-wanita lain yang suaminya mempunyai penghasilan lebih. 

Jika istri mengatur keuangan keluarga, maka antara pendapatan dan pengeluaran bisa seimbang, atau malah bisa memiliki uang cadangan untuk menunjang hidup mereka kelak. 

Karena bukan tidak mungkin, kalau kita suatu hari nanti akan menghadapi masa yang dihadapkan pada kebutuhan uang yang banyak, contohnya uang untuk pendidikan anak. Jadi,kaum ibu-ibu harus punya planning sebagai berikut:

Pertama-tama istri harus membuat tabel pengeluaran agar tidak kebablasan. Jangan mudah tergiur melihat barang orang lain,agar tidak timbul hasrat ingin memiliki,sampai-sampai suami disuruh mencari uang siang malam tanpa henti untuk memenuhi keinginannya. Justru,wanita yang harus menjadi rem agar suami tidak hidup secara konsumtif.
Kedua, istri harus bisa menilai mana barang yang memang benar-benar butuh atau hanya sekedar ingin saja. Jadi,kalau misalnya uangnya hanya pas-pasan saja,lebih baik mendahulukan barang yang lebih dibutuhkan daripada barang yang hanya menjadi kesenangan mata yang sesaat saja agar tidak terjadi tumpang-tindih. Sehingga suami tidak perlu berhutang kesana-kemari untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Jadi, jauhilah istilah"tutup lobang gali lobang".
Ketiga, istri harus menyisakan uangnya untuk ditabung agar punya cadangan untuk kebutuhan yang akan datang.
Apabila semuanya terlaksana sesuai rencana,niscaya hidup akan terasa lebih indah dan sempurna.

(Source Image)

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!

  • @hendiyantozaki

    Setuju banget, hidup dan masa depan memang harus direncanakan sebaik-baiknya. Sebisa mungkin semua kebutuhan pokok terpenuhi tanpa harus mengorbankan yang lain.

    Reply
    • Moh.Ali Nizar

      Terimakasih atas tanggapan positifnya

      Reply
    • yuliana

      setuju bro

      Reply
      • Moh.Ali Nizar

        Terimakasih dan jangan lupa diterapkan.. Semoga berhasil

        Reply
      • warsito

        Setuju masbro
        wanita emang jadi penentu pengeluran keluarga meski pandai2 mengatur keuangan

        Reply
        • Moh.Ali Nizar

          Bener sekali. Kesuksesan di balik seorang laki-Laki ada sorang wanita di belakangnya... waktu kita kecil seorang wanita yang bernama Ibulah yang menentukan kesuksesan kita. Dan setelah kita menikah peran itu di ganti oleh seorang istri.

          Reply
        • Ayu Tamara

          setuju sama ini artikel, istri harus bisa memanage uang sebaik-baiknya untuk keluarganya.

          Reply
          • Moh.Ali Nizar

            Sip.. terimasih udh baca artikel saya..

            Reply
          • Dini Maulida

            setuju sekali dengan ketiga point diatas, memang seorang istri harus mampu mengelola keuangan rumah tangga agar pengeluaran dan pendapatan seimbang. Jangan sampai pengeluaran lebih besar dari pendapatan. Akan lebih baik lagi jika seorang istri mempunyai penghasilan sendiri disamping penghasilan suami.

            Reply
            • Moh.Ali Nizar

              Ya benar sekali.. terimakasih udah baca artikel saya.

              Reply
            • Ilham Gema Akbar Kandira

              Setuju Banget, Karena Seorang istri memang harus bisa mengelola keuangan dalam rumah tangganya agar besar pengeluaran dan pendapatan seimbang kalau bisa pengeluaran lebih rendah dibanding pendapatan..

              Reply
              • Moh.Ali Nizar

                Terimakasih udh baca artikel saya.

                Reply
              • @UlaDjokam

                saya sangat setuju banget! itu adalah ide cemerlang yang belum pernah terdengar oleh telinga saya.... thanks :)

                Reply
                • Moh.Ali Nizar

                  Ya.. jangan lupa diterapkan dalam ke;uarga.. terimakasih udah baca artikel saya.

                  Reply
                • Sepri Kholishodin

                  gue juga setuju tuh

                  Reply
                  • Moh.Ali Nizar

                    Terimakasih udah baca

                    Reply
                    • Moh.Ali Nizar

                      Terimakasih udah baca artikel saya.

                      Reply
                    • Ali Rizal

                      cocok buat istri saya ni

                      Reply
                      • Moh.Ali Nizar

                        Terimakasih udah baca. Jangan lupa di terapkan dalam rumah tangga.

                        Reply
                      • firza

                        bagus bgt buat refrensi pas udh nikah nanti

                        Reply
                        • Moh.Ali Nizar

                          Terimakasih udah baca artikel saya.

                          Reply
                        • azrif alkatiri

                          poin2'y ringkas padat dan mudah diterapkan dalam keluarga

                          Reply
                          • Moh.Ali Nizar

                            Semoga berhasil yah memperaktekkan dalam rumah tanggannya. Terimakasih udah baca artikel saya.

                            Reply
                          • Ririn Hadrony

                            artikelnya bagus bgt... harus siap2 celengan ayam ne..

                            Reply
                            • Moh.Ali Nizar

                              So pasti,semua harus direncenakan. semoga berhasil yah.. Terimakasih udah baca artikel saya.

                              Reply
                            • aas raysa

                              Pendek Artikelnya tapi sudah mencakup semua..

                              Reply
                              • Moh.Ali Nizar

                                Terimakasih atas masukanya,semoga lebih gampang di praktekkan. Terimakasi juga udah baca artikel saya.

                                Reply
                              • Rendra

                                bgus bgt artikelnya,,,semoga gua dapetin istri kyk di atas

                                Reply
                                • Moh.Ali Nizar

                                  AMIN. Terimakasih udah baca artikel saya.

                                  Reply
                                • Dion sanjaya

                                  Bagus bgt cmn kurang panjang aja,,, siapa tau klo panjang lebih bnyak lg ilmu yang di tuangkan..

                                  Reply
                                  • Moh.Ali Nizar

                                    Terimakasih udah baca artikel saya,terimakasih juga atas masukannya. Mungkin dengan artikel yang pendek ini bisa mewakili penjelasan yang panjang Dan lebih mudah di praktekkan..

                                    Reply
                                  • Zara Nadia

                                    peran pnting seorang wanita memang berpengaruh skali untuk klangsungan rumah tangga bahagia

                                    Reply
                                    • Moh.Ali Nizar

                                      Yes bener sekali.. Terima kasih udah baca artikel saya.

                                      Reply
                                    • Nabila

                                      sipz..betul..betul.. setuju bangaet..ngetz...

                                      Reply
                                      • Moh.Ali Nizar

                                        Terima kasih udah baca artikel saya..

                                        Reply
                                      • Ainun MZ

                                        Kenapa gak dua2nya yang mengatur keuangannya,,knp hanya istri saja yg berperan disisni..?

                                        Reply
                                        • Suudin

                                          artiekel yang bagus di tunggu artikel yang lainnya

                                          Reply
                                          • Moh.Ali Nizar

                                            Terimakasih. di tunnggu saja.

                                            Reply
                                          • Titis Oktafia

                                            Ditunnggu artikel yang husus anak remaja. Top untuk artikel ini.

                                            Reply
                                            • Moh.Ali Nizar

                                              Sip di tunggu saja

                                              Reply
                                            • Dewi Maulida

                                              Good POINT

                                              Reply
                                              • Moh.Ali Nizar

                                                Makasih ya udah baca artikel saya

                                                Reply
                                              • Nuril Umami

                                                Wanita memang tidak bisa di pandang sebelah mata. tanpa wanita laki2 bkn apa2..artikel yg bgus

                                                Reply
                                                • Moh.Ali Nizar

                                                  Makasih ya udah baca artikel saya.

                                                  Reply
                                                • Rifki

                                                  bagus artikelnya

                                                  Reply
                                                  • Rizal

                                                    artikel yang sy cari slm ne..

                                                    Reply
                                                    • valiza

                                                      hmhm bagus bgt..

                                                      Reply
                                                      • Marvel

                                                        bagus artikelnya cmn kurang panjang.. tapi poinnya udh kena..

                                                        Reply
                                                        • R caem

                                                          artikel yang bagus

                                                          Reply
                                                          • andra

                                                            peran penting wanita memang berpengauh

                                                            Reply
                                                            • candra prayuda

                                                              artikenya oke binggit..

                                                              Reply
                                                              • ella elly

                                                                wah,ini baru artikel yang aku cari selama ini

                                                                Reply
                                                                • Lily Zivilia

                                                                  good luck buat artikelnya

                                                                  Reply
                                                                  • Nazirah tarmum

                                                                    Artikel ini cukup mewakili betapa pentingnya seorang wanita

                                                                    Reply
                                                                    • Farah Balafif

                                                                      Artikel yang bgus,, secara gw ne cwe...

                                                                      Reply
                                                                      • Enis yulia

                                                                        Makasih artikelnya,, ne artikel yg sangat membantu..

                                                                        Reply
                                                                        • Caa Livia

                                                                          Untuk pelajar spt sy harus bc ini,supaya nanti gk kaget pas udah nikah..

                                                                          Reply
                                                                          • Maya Iskandar

                                                                            Harus berjuang demi masa depan.. thnk atas refrensinya..artikel yg bagus.

                                                                            Reply
                                                                            • Nazril Irham

                                                                              Kumpulan ibu2 semua ne,,,tapi bgus artikelnya biar ngajarin ibu2 g boros..hehehe

                                                                              Reply
                                                                              • Rara Lehoy

                                                                                artikel yg memotivasi

                                                                                Reply
                                                                                • Noval Ramadan

                                                                                  Sering2 buat kyk gni,biar para cwe g matre

                                                                                  Reply
                                                                                  • Cecep teguh

                                                                                    Sebenarnya bkn cwe saja yg brperan penting, bknkah lbh baik bekera sama..

                                                                                    Reply
                                                                                    • Tika Aidini

                                                                                      artikelnya bgus... harus belajar dr skrg,,

                                                                                      Reply
                                                                                      • Tika Aidini

                                                                                        artikelnya bgus... harus belajar dr skrg,,

                                                                                        Reply