Utang Adalah Penyebab Utama Seseorang Menjadi Stres

Pernah Anda mengengar bahwa berutang seringkali berujung terhadap penyakit kejiwaan? Anda harus berhati-hati terhadap uang yang Anda pinjam, karena jika tidak membayar kesehatan Anda bisa menjadi taruhannya.

Utang, stres dan kesehatan

Berdasarkan survei di negara adidaya Amerika Serikat, utang seringkali menjadi penyebab utama manusia menjadi stress. Menurut salah satu lembaga survei disana, mereka yang mengalami stress berdampak terhadap kesehatan mereka. Ini meliputi sakit kepala, serangan jantung, depresi, cemas berlebihan. Ini tentu sudah menjadi bukti yang kuat bahwa dengan berutang dapat mengganggu, bahkan merusak kesehatan seseorang.

Masih segar dipikiran kita, pada bulan Maret kemarin satu keluarga di Pekalongan melakukan aksi bunuh diri karena terlibat utang yang mencapai 700 juta. Lalu ada Ny. Anita asal Cirebon yang bunuh diri di salah satu hotel di kota Udang tersebut. Menurut polisi, motif tersebut dilakukan stress karena utang.

bill

Fakta mengejutkan tentang stres akibat utang

Menurut temuan survei, satu dari lima responden mengalami stress tingkat yang cukup tinggi yang mengakibatkan insiden kerusakan kesehatan mental dan fisik. Survei tersebut juga menemukan bahwa ciri-ciri orang stress akibat utang adalah:

  • Lebih dari 13 kali mengalami kesulitan untuk tidur di malam hari
  • Lebih dari 7 kali memiliki kecemasan yang berlebihan
  • Hampir 7 kali lebih berisiko mengalami stress dibandingkan orang lain
  • Hampir 6 kali lebih berisiko mengalami depresi berat
  • 4 kali lebih memiliki berisiko penyakit kulit atau masalah pencernaan lainnya
  • 2 kali lebih berisiko memiliki masalah jantung dan migrain

Menakutkan, bukan? Anda harus ingat bahwa dengan kekayaan belum tentu Anda akan mencapai kebahagiaan. Tapi, bukan berarti Anda melupakan peranan penting uang dalam roda kehidupan. Anda harus tahu, bahwa penyebab pertama seseorang mengalami stress itu adalah tingkat tertinggi, jika dibandingkan dengan kesehatan.

Namun, Anda jangan khawatir, Anda bisa menurunkan risiko stress akibat utang dengan memperhatikan beberapa langkah yang dapat bermanfaat bagi Anda dalam mengelola keuangan.

Buatlah rencana

Jika stress Anda berhubungan dengan utang, langkah pertama yang mesti Anda lakukan adalah membuat rencana untuk pembayaran utang. Setidaknya pembayaran ini dapat membantu Anda mengurangi stress akibat kehidupan keuangan yang kacau. Jika Anda khawatir tentang mobil perbaikan tak terduga Anda dapat memanfaatkan atau meningkatkan dana darurat Anda. Ketika Anda mulai khawatir, yakinkan bahwa diri Anda bahwa Anda sudah mempersiapkan diri.

Mengidentifikasi cara-cara negatif Anda dalam mengatasi stres

Ini adalah cara yang sama dalam mengatasi jenis lain pada stress, dan sering kali cara kita berurusan yang merusak kesehatan kita dan kesejahteraan keuangan kita: alkohol, merokok, perjudian, menghindari interaksi sosial, belanja kompulsif, mengkritik diri sendiri karena Anda merasa tidak berguna, atau putus asa.

Berperilaku hidup sehat

Jika Anda sehat, maka hidup Anda pun akan terasa lebih mudah. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pengobatan. Apalagi jika Anda tidak dilindungi oleh asuransi, sudah barang tentu Anda akan mengalami kesulitan. Langkah terbaik yang bisa Anda lakukan adalah mempunyai asuransi untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.

Ini seperti lingkaran setan, karena tekanan keuangan akan berubah menjadi masalah kesehatan. Biaya kesehatan yang mahal, pada akhirnya dapat meningkatkan tingkat stress pada kondisi keuangan kita. Hubungan dan prestasi kerja kita juga dapat menderita, membuat lubang yang lebih besar daripada sebuah keputusasaan. Tampaknya tidak peduli tahap apapun yang kita capai, kita harus berhati-hati untuk tidak membiarkan uang menjadi sumber stress, yang tentu saja dapat mengambil alih hidup kita.

(source image)

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama