UMP 2018 Naik! Atur Keuangan Lebih Baik

Upah Minimum Provinsi akan naik sebesar 8.71% pada 2018. Meski gaji bakal mengalami peningkatan, tapi inflasi juga turut mendampingi. Rencanakan secara bijak keuangan Anda tahun depan!

Awal November lalu, Pemerintah telah mengumumkan besaran kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) bakal naik sebesar 8.71% untuk tahun 2018. Dengan adanya kenaikan UMP ini, tentunya besar harapan para buruh dan karyawan untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Tetapi, harus diakui juga bahwa kenaikan tersebut tidak semerta-merta membuat kondisi keuangan akan membaik. Pasalnya, inflasi tetap terjadi dan tidak semua perusahaan mampu memenuhiketentuan tersebut.

Butuh pengaturan keuangan yang tepat, agar penghasilan mencukupi kebutuhan setiap bulan. Kami berikan Anda enam cara paling mudah!

Buat Anggaran Bulanan

Hal pertama yang harus Anda lakukan setiap kali menerima gaji yaitumenentukan anggaran bulanan. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah mengontrol pengeluaran.

Bila anggaran sudah ditentukan, usahakan selalu menuruti skema keuangan yang telah Anda tetapkan. Jika ada kebutuhan mendadak di luar budget, alokasikan dana tambahan ke dalam anggaran bulan berikutnya.

Hal ini diperlukan demi mencegah terjadinya kekurangan dana dalam anggaran yang sedang berjalan.

Gunakan Kendaraan Umum

Dengan menggunakan kendaraan umum, Anda bisa menghemat untuk tidak mengeluarkan biaya parkir dan bensin kendaraan. Meskipun tarif bbm yang mahal juga bisa disiasati dengan pembayaran kartu kredit yang memberikan cashback setiap kali isi bensi.

Baca juga: Bahaya Tak Punya Rencana Keuangan Sebelum Usia 25

Tetapi, Anda lebih diuntungkan karena tidak perlu lelah nyetir dengan menaiki transportasi umum. Apalagi, sistem pelayanan transportasi publik kini lebih baik dengan sistem yang semakin teratur. Waktu Anda juga lebih efisien karena jalur transportasi publik ibu kota melewati lajur khusus.

Belanja Saat Diskon

Biasanya butik dan department store menggelar tiga kali sale dalam satu tahun: awal tahun, tengah tahun, dan akhir tahun menjelang natal serta tahun baru.

Bila Anda ingin belanja lebih hemat, inilah saatnya. Departemen store biasanya akan menggelarsale untuk menghabiskan stok barang di gudang. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan barang dengan kualitas terbaik plus harga yang murah.

Promo Toko Online

Keunggulan dari toko online tidak hanya dalam mempermudah proses belanja Anda, tetapi juga lebih sedikit biaya yang dikeluarkan. Dengan berbelanja online, Anda tidak perlu mengeluarkan ongkos tambahan untuk transportasidan bayar parkir di mall.

Baca juga: Update: Situs Toko Online Terbaik dengan Promo Kartu Kredit

Anda juga bebas dari godaan mencicipi makanan di kafe yang baru dibuka. Harga barang di toko online pun cenderung lebih murah karena pajaknya berbeda dengan gerai di mall.

Bawa Bekal Makan Siang

Dengan membawa bekal makan siang dari rumah, Anda bisa menghemat banyak pengeluaran harian untuk makan Anda sehari-hari. Memang cara ini akan membuat Anda seperti anak sekolahan, tetapi cara ini cukup ampuh untuk menjaga pengeluaran ketika gaji Anda masih pas-pasan.

Bayangkan bila Anda bisa menghemat Rp30 ribu setiap hari untuk makan siang. Maka dalam satu bulan Anda bisa mengumpulkan hampir Rp1 juta rupiah yang bisa digunakan untuk keperluan lain.

Makan dengan Kartu Kredit

Banyak restoran yang bekerja sama dengan penerbit kartu kredit untuk memberikan pelayanan khusus pada para pelanggannya. Misal, dengan kartu kredit Citi Anda bisa mendapatkan voucher makan gratis hingga Rp200 ribu di Sushi Masa.

Cari Penghasilan Tambahan

Bila memang Anda tidak bisa mengurangi konsumsi bulanan, maka sebaiknya Anda mencari penghasilan tambahan selain menjadi pegawai di kantor. Untungnya saat ini teknologi sudah memberikan berbagai kemudahan untuk mencari penghasilan tambahan melalui internet.

Anda bisa ikut mendaftar sebagai mitra perusahaan transportasi online atau membuka usaha toko secara online. Selain itu, Anda juga bisa menjadi pekerja lepas sebagai konsultan melalui berbagai macam situs pencari kerja yang ada saat ini.

Baca juga: Jual Beli Online Segera Kena Pajak, Pelajari Aturannya!

Itulah tujuh cara yang bisa Anda lakukan untuk menyiasati penghasilan Anda yang pas-pasan hingga naik gaji. Ingat, tetap berbelanjalah secara bijak dan sesuai dengan kemampuan Anda agar tidak menjadi beban di masa depan.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama