Tidak Punya Dana Darurat? 5 Hal Buruk Ini Bisa Menimpa Anda

Sedia payung sebelum hujan. Itulah peribahasa yang sekiranya menggambarkan tentang dana darurat. Dengan adanya dana darurat, maka membantu Anda terhindar dari hal-hal buruk di masa depan.

Kehidupan layaknya seperti roda berputar. Begitu pun dalam hal keuangan. Terkadang bisa saja laju keuangan berjalan mulus, tapi tidak menutup kemungkinan kondisi keuangan bisa berubah menjadi sulit. Oleh karena itu, perencanaan dan antisipasi dalam hal keuangan sangat perlu dilakukan.

Wujud perencaaan dan antisipasi terbaik dalam hal keuangan adalah dana darurat. Namun, dana darurat seringkali terlupakan dalam perencanaan keuangan. Banyak orang tidak memiliki dana darurat yang bisa dipakai saat genting.

Padahal, ada baiknya Anda menyisihkan dana khusus untuk darurat. Karena sebagai manusia, kita tidak akan pernah tahu kapan keadaan darurat datang secara tiba-tiba.

Dana darurat akan sangat diperlukan di situasi-situasi mendadak seperti perbaikan mobil mendadak, tagihan rumah sakit akibat kecelakaan tidak terduga, ataupun terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

Nah, jika tidak memiliki dana darurat, maka sama saja seperti mempersilakan hal-hal buruk masuk dan membiarkannya, lalu membuat kondisi keuangan semakin parah. Inilah 5 hal buruk yang bisa terjadi jika Anda tidak memiliki dana darurat.

1. Terpaksa Berutang

Biasanya, ketika seseorang sedang membutuhkan pinjaman dana tunai cepat cair untuk kebutuhan mendadak, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah meminjam uang atau mencairkan tabungan.

Padahal jika memiliki dana darurat, Anda tak perlu lagi melakukan cara-cara tersebut. Karena berutang atau menghabiskan uang tabungan akan membuat kondisi finansial semakin memburuk.

Sebagai catatan, jika ingin mempersiapkan dana darurat, maka harus berbentuk uang. Ini dimaksudkan agar Anda mudah bertransaksi ketika ada kebutuhan mendadak.

2. Kondisi Finansial Keluarga Bisa Terancam

Bagi yang sudah berkeluarga, sangat disarankan menyisihkan sebagian penghasilan untuk dialokasikan sebagai dana darurat.

Cara ini dapat melindungi dari kemungkinan buruk , misalnya saja kehilangan pekerjaan atau bisnis bangkrut. Akibatnya, Anda tak memiliki penghasilan lagi untuk jangka waktu yang belum ditentukan.

Jika menyiapkan dana darurat, tentu kehidupan finansial keluarga tidak akan terancam paling tidak sampai Anda memiliki pekerjaan atau membangun usaha baru.

3. Tidak Ada Biaya untuk Tumbuh Kembang Anak

Ketika memutuskan ingin memiliki buah hati, salah satu hal yang wajib dipersiapkan adalah biaya untuk membesarkannya. Dalam proses tumbuh kembang anak, uang yang dibutuhkan sangatlah besar. Belum lagi jika ada kebutuhan mendadak, misalnya tiba-tiba anak sakit.

Salah satu biaya terbesarnya adalah saat proses kelahiran. Seperti diketahui bahwa biaya persalinan dan perawatan bayi tidaklah murah, apalagi jika si anak dilahirkan dengan metode caesar. Dengan adanya dana darurat, tentu biaya untuk tumbuh kembang anak bisa terlindungi.

4. Bisa Terjadi Konflik Rumah Tangga

Meskipun bukan satu-satunya penyebab utama terjadinya konflik rumah tangga, akan tetapi persoalan finansial kerap menjadi alasan mengapa hal tersebut terjadi.

Misalnya jika bisnis bangkrut atau terkena PHK tiba-tiba dan tidak ada sumber penghasilan lain, sementara tagihan dan cicilan terus berjalan. Hal ini tentu akan membuat kekacauan mental dan emosional, bukan?

Secara psikologis, kondisi semacam ini pasti akan membuat seseorang lebih mudah marah dan memicu konflik-konflik tidak konstruktif.

Untuk itu, keberadaan dana darurat sangat membantu mengurangi ketegangan emosional di rumah, sehingga masalah dapat didiskusikan dengan kepala dingin. Dana darurat dapat dipakai tanpa harus memikirkan dari mana meminjam uang atau bagaimana cara membayarnya.

5. Tidak Memiliki Biaya Pengobatan di Rumah Sakit

Bila penyakit datang, tentu tidak ada seorang pun bisa menghindarinya. Dan kini, biaya untuk pengobatan atau perawatan di rumah sakit bisa dibilang sangat mahal. Apalagi jika pelayanannya semakin baik, umumnya biaya yang dibutuhkan juga semakin mahal.

Dalam hal ini, dana darurat bisa berupa uang atau asuransi kesehatan. Dengan asuransi kesehatan, sudah pasti Anda memiliki dana antisipasi untuk fasilitas dan pelayanan kesehatan yang diperlukan. Ada segudang alasan mengapa asuransi itu penting untuk dimiliki.

Jadi, apakah Anda sudah mempersiapkan dana darurat? Dana darurat dapat menghindarkan Anda dari kemungkinan buruk di masa depan. Hidup tenang, masa depan pun lebih terjamin.

Baca juga: Cara Menyiapkan Dana Darurat

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama