Tanda Anda Perlu Jasa Konsultan Keuangan

Apakah Anda merasa kondisi finansial Anda sehat? Jika tidak, segeralah minta bantuan konsultan keuangan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Banyak orang yang merasa dirinya tidak membutuhkan bantuan orang lain untuk mengatur keuangannya. Namun, tanpa disadari, rupanya ada beberapa hal yang membuat kita menjadi sangat memerlukan para ahli untuk melakukan hal tersebut.

Ya, bantuan ahli, dalam hal ini, sudah banyak orang yang tidak sadar kalau keuangannya sudah dalam keuangan hancur. Karena itu mereka membutuhkan tenaga konsultan keuangan untuk mengatur uangnya.

Jasa konsultan keuangan sebenarnya sudah banyak dibutuhkan dan digunakan oleh masyarakat yang hidup di negara maju seperti Amerika Serikat. Berbeda dengan negara berkembang seperti Indonesia, pekerjaan ini lebih banyak dipakai oleh konsumen perusahaan yang ingin memperbesar pasarnya dan orang-orang kaya yang tidak punya waktun untuk mengatur perencanaan keuangan pribadi.

Menghitung Pengeluaran

Padahal, bagi siapapun , pengelolaan keuangan adalah hal yang sangat penting. Sudah banyak orang yang tidak mampu mengatur dinansialnya sendiri sehingga terjebak dalam berbagai masalah, seperti salah berinvestasi, terjerat utang, berkehidupan boros, dan sebagainya. Hal tersebut tidak perlu terjadi kalau kita paham cara mengelola aset atau mau menggunakan jasa konsultan keuangan.

Terkait dengan penggunaan konsultan keuangan, ada beberapa tanda yang menunjukkan kalau kita membutuhkan jasa mereka loh. Apa saja, ini ulasannya.

1. Penggunaan uang tidak jelas peruntukannya

Setiap orang pasti mengetahui dari mana saja pemasukkannya berasal setiap bulan. Namun, ternyata masih banyak orang yang tidak bisa membaca ke mana saja uang miliknya dikeluarkan.

Dalam hal ini, anda sudah mengalami hal yang dinamakan “lebih besar pasak daripada tiang” yang berarti, lebih banyak pengeluaran daripada pemasukan. Sebagai contoh, Anda mendapat gaji setiap tanggal 25, namun karena terlalu sering berbelanja, uang tersebut selalu habis di tanggal 10. Bila hal itu sudah terjadi, sebaiknya segera gunakan jasa konsultan keuangan.

2. Tidak mampu memanfaatkan polis asuransi

Banyak orang yang membeli polis asuransi seperti jaminan sosial kerja, jaminan kesehatan, jaminan kendaraan, dan lainnya dari berbagai perusahaan. Namun, meski sudah memilikinya, ternyata tidak semua mengerti hak dan kewajibannya.

Akibat ketidak mengertian ini, banyak pengguna asuransi justru mendapat kerugian. Sebagian lagi, malah merasa tertipu karena hak-nya sebagai konsumen malah dipelintir oleh perusahaan asuransi.

Karena itu, sangatlah penting untuk memahami manfaat dan kendala dari polis asuransi yang dibeli terhadap keuangan Anda. Jika merasa tidak mampu memahami hal tersebut, gunakan jasa konsultan keuangan.

3. Tidak mengerti instrumen investasi

Pada dasarnya, investasi bukan merupakan produk kebutuhan primer, jadi tidak semua orang merasa perlu memilikinya. Namun, bila berbicara mengenai keuangan jangka panjang, investasi jelas dibutuhkan untuk menjamin pemenuhan hal tersebut, terutama ketika Anda sudah masuk masa pensiun.

Berbelanja Secara Berlebihan

boros

Masalahnya, investasi memiliki berbagai instrumen yang masing-masing diantaranya memiliki aturan dan nilai resiko yang tidak diketahui oleh orang awam. Seperti emas, yang memiliki nilai resiko rendah namun margin keuntungannya kecil, dan saham yang sangat berfluktuatif dan beresiko namun mampu menawarkan keuntungan besar.

Bila ingin berinvestasi namun tidak memahami untung rugi dan tingkat risikonya, datang saja ke kantor konsultan keuangan.

4. Tidak mengerti pembagian warisan

Nah, ini dia yang jangan sampai disepelekan, terutama bagi Anda yang sudah berusia lanjut. Banyak yang menganggap pembagian warisan adalah hal yang sensitif. Salah membagi, dampaknya bisa sangat buruk, bahkan bisa menjadi bencana bagi keluarga.

Entah sudah berapa banyak keluarga yang bersengketa bahkan saling membunuh akibat merasa tidak mendapat jatah warisan yang sesuai. Karena itu, bila Anda tidak mengerti hukum pembagian warisan baik secara agama maupun secara hukum negara, ada baiknya untuk meminta bantuan konsultan keuangan.

Memang, sebenarnya lebih baik bila Anda mampu mengatur keuangan sendiri. Sebab, pada dasarnya, kebutuhan seseorang hanya bisa diketahui oleh dirinya sendiri dan orang terdekat. Namun, bila sudah menyadari bahwa ternyata kita membutuhkan tenaga konsultan untuk mengatur keuangan, mungkin itu adalah langkah awal agar kondisi finansial bisa semakin baik.

Jadi, kenali tanda-tanda tersebut dan jangan ragu gunakan jasa konsultan keuangan. Namun, jangan sampai mereka mendikte kita ya.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama