Sukses Menawar Barang Layaknya Jagoan

Katanya, kalau beli barang tapi tak ditawar, ibarat makan sayur tanpa garam. Kurang lengkap! Temukan cara sukses menawar barang hingga setengah harga disini!

Tawar menawar merupakan hal wajib dilakukan saat ingin membeli barang, apalagi kalau transaksinya di pasar tradisional atau pedagang kaki lima. Rasanya kurang afdol kalau tak ada sesi ‘adu ngotot’ dengan pedagang.

Bicara masalah kemampuan menawar, ada yang mengatakan bahwa kemampuan ini adalah bakat dari lahir, tapi ada juga yang bilang kemampuan ini diperoleh dari pengalaman bertahun-tahun belanja di pasar tradisional.

Nah, jika merasa tidak punya bakat atau tidak punya pengalaman sama sekali, jangan bingung. Kami punya trik supaya Anda bisa jadi jagoan menawar.  Ini dia tips jitunya!

Survey Harga Terlebih Dulu

Sebelum belanja suatu barang, cek dulu harga di pasaran.

Hal ini penting dilakukan untuk mendapatkan harga yang tepat.Jika penjual memberikan harga terlalu tinggi, Anda bisa langsung tahu berapa tawaran harga yang bisa diberikan.

Bersikap Akrab dan Ramah ke Penjual

Ketika melakukan tawar – menawar, jangan lupa bersikap akrab dan ramah. Bersikap tegas, sok tahu,dan ngotot justru dapat membuat penjual menjadi jengkel. 

Gunakan senyum manis dan tutur kata sopan serta halus, agar penjual luluh dan memberikan harga yang diminta. Anda dapat juga memberikan selingan canda tawa sehingga proses tawar menawar tidak kaku dan dapat meluluhkan hati si penjual.

Pelajari Bahasa Daerah Penjual

Cara lain untuk mendapatkan harga murah adalah mengetahui bahasa lokal penjual. Sudah jadi rahasia umum bahwa penjual akan memberikan harga lebih murah untuk calon pembeli dari daerah yang sama. 

Tenang, tidak perlu sampai membeli kamus dan mempelajari seluruh kosa kata dalam bahasa penjual. Cukup hafalkan kata-kata yang sering digunakan saat jual beli. Misalnya: “berapa” dan “bisa kurang atau tidak”,

Bersikap Cuek

Meski barang incaran adalah barang yang sudah lama diidam-idamkan, tetaplah bersikap cuek dan santai.

Seorang penjual biasanya dapat mengenali calon pembelinya. Jika tahu bahwa Anda sangat menginginkan barang jualannya, maka harga barang tidak akan diturunkan. Tunjukkan saja bahwa Anda serius, tapi tidak akan membeli jika harganya tidak cocok.

Tawar Setengah Harga

Jangan ragu untuk menawar! Selama tidak dilarang, tawarlah sesuka Anda. Namun, tetap harus menggunakan angka yang logis.

Salah satu trik untuk mendapatkan harga lebih murah adalah menawar separuh harga dari penawaran si penjual. 

Dari situ Anda bisa bernegosiasi dengan penjual. Biasanya sih, Anda akan mendapatkan potongan diskon 20% - 30% dari harga awal. Lumayan kan?

Pura-puralah Menghitung

Negosiasi dengan penjual berjalan alot? Tidak ada tanda-tanda penjual akan luluh? Ambillah jeda dan pura-puralah menghitung.

Dalam kondisi ini, Anda harus terlihat seperti sedang mempertimbangkan apakah harga akhir yang diberikan oleh si penjual sudah cukup rendah untuk membeli barang tersebut.

Jika si penjual benar-benar menginginkan barangnya laku, maka ia pasti akan menurunkan lagi harga barang tersebut.

Pergi Ketika Harga Tidak Cocok

Taktik jual mahal ini merupakan cara terakhir untuk mendapatkan harga yang diinginkan.

Ketika tawar menawar sudah berjalan lama tapi tidak juga mendapatkan titik temu, tinggalkan si penjual. Jika beruntung, Anda akan dipanggil untuk kembali oleh pedagang.

Tidak semua toko atau penjual mengizinkan barang dagangannya ditawar. Jika sudah ada tanda “Harga Pas”, maka jangan buang waktu Anda untuk mencoba menawar. Buang-buang waktu saja!

Punya tips menawar harga yang lain? Bagikan di kolom komentar!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama