Strategi Keuangan yang Harus Diperhatikan oleh Pasangan Baru

Bagi dua insan yang baru menikah, ada beberapa strategi yang dapat Anda pertimbangkan untuk mengatur pengeluaran, supaya Anda sadar akan kebutuhan finansial yang tinggi, sehingga masa depan Anda dan keluarga akan terjamin.

  1. Strategi keuangan yang harus diperhatikan pasangan baru
  2. Strategi untuk mengatur pengeluaran

Komunikasi menjadi pondasi awal yang penting dalam membangun rumah tangga bersama pasangan hidup. Bagi dua insan yang baru menikah haruslah memperhatikan hal yang mendasar ini dan menjadi elemen vital. Sehingga jika ini terjalin dengan baik, maka Anda dapat membangun keluarga yang sejahtera. Karena terkadang pertengkaran kecil sering timbul akibat permasalahan keuangan bagi pasangan baru.

Ada beberapa strategi yang dapat Anda pertimbangkan untuk mengatur pengeluaran, supaya Anda sadar akan kebutuhan finansial yang tinggi, sehingga masa depan Anda dan keluarga akan terjamin.

1. Anda harus mempunyai manager financial

Manager financial artinya, ia yang mempunyai kendali penuh atas pengeluaran dalam setiap bulan, namun ia harus mempunyai syarat yang mutlak, yaitu tidak boros. Dengan begitu ia tidak akan menghambur-hamburkan uang dengan membeli barang yang tidak perlu.

2. Selalu prioritaskan kebutuhan utama

Jika pasangan suami dan istri mampu menjalankan yang ini, niscaya kebutuhan lain pun akan terpenuhi. Karena untuk melakukan ini dibutuhkan perencanaan yang cukup matang dan membutuhkan pengorbanan.

3. Asuransi memang seakan menjadi penyelamat di dalam berbagai keadaan

Asuransi dapat menolong keluarga Anda dikemudian hari, yang dalam arti lain bertujuan untuk melindungi risiko finansial apabila terjadi kecelakaan, dsb.

4. Siapkan dana darurat

Ini merupakan salah satu langkah “sedia payung sebelum hujan.” Dana ini biasanya berkisar sepertiga penghasilan Anda dalam setiap bulan.  

Menjadi pasangan baru memang awal-awal yang menyenangkan, namun juga berisiko, apalagi jika keduanya masih sama-sama muda. Apabila Anda mengikuti langkah-langkah yang kami anjurkan, bukan tidak mungkin masalah demi permasalahan dapat Anda lalui bersama, tanpa adanya perselisihan.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama