Strategi Keuangan untuk Gaya Hidup Generasi Milenia

Generasi milenial lebih menyukai menghabiskan uang demi sebuah pengalaman daripada untuk barang-barang mewah seperti mobil dan rumah. Mereka perlu sekali startegi keuangan yang tepat.

Menggunakan uang orang tua adalah jalan pintas bagi generasi milenial ketika berhadapan dengan masalah keuangan. Generasi ini terlalu fokus terhadap perkembangan teknologi informasi, dan tidak memperdulikan mengenai pengelolaan keuangan yang memadai.

Zaman teknologi seperti sekarang sudah menjadi bagian dari gaya hidup untuk generasi milenia. Mereka memahami secara maksimal teknologi informasi. Tentu generasi ini berbeda dengan generasi sebelumnya. Sehingga memerlukan rencana keuangan yang berbeda.

cara mengatur keuangan

Survei Pola Keuangan Gaya Hidup Generasi Milenia

Dalam riset berbasis media sosial menunjukan bahwa dalam melengkapi gaya hidupnya,para generasi milenial cenderung memiliki perilaku menabung untuk hal-hal yang bersifat konsumtif. 

Ditemukan sebanyak 41% dari 7.809 perbincangan mengenai alasan utama menabung adalah demi keperluan konsumtif.

Kemudian temukan lainnya, menunjukan sebanyak 38% dari 7,757 responden masih menggunakan uang dari ibu atau orang tua mereka dalam melakukan metode pembayaran, selain penggunaan kartu debit atau kartu kredit yang populer saat ini.

Hal tersebut juga tidak diimbangi dengan pemikiran jangka panjang. Dibuktikan dari hasil survei online yang digelar Facebook dan Crowd DNA terhadap 1.000 responden berusia 13-24 tahun.

Dalam survei tersebut, sebanyak 79% responden memikirkan mengenai pentingnya menabung, namun hanya 62% yang seirus memikirkan perencanaan keuangan masa depan secara detil. 

Jadi Agar tak salah langkah penting bagi generasi milenia tersebut mulai merencanakan keuangan.

Perencanaan Keuangan untuk Generasi Milenia

Banyak yang bilang Millennial adalah generasi yang boros, suka menghambur-hamburkan uang dan cenderung lebih konsumtif dari generasi sebelumnya. Berikut ini adalah perencanaan keuangan yang bisa dilakukan para generasi milenia.

1. Sisihkan Dana Menabung dan Investasi

Generasi milenia harus menyadari pentingnya proteksi dan investasi untuk perencanaan keuangan di masa yang akan datang. Salah satu indikator yang baik dalam hidup adalah seberapa banyak uang yang Anda simpan. 

Menabung dan berinvestasi adalah jalan yang tepat untuk menyimpan uang lebih banyak.

Dengan memprioritaskan kebutuhan keuangan Anda, Anda dapat menghemat 10-15 persen dari gaji Anda. Mulailah menabung sejak usia 20-an, ini adalah cara paling akurat untuk memastikan bahwa Anda akan aman secara finansial di masa pensiun.

cara mengatur keuangan

2. Mengelola Dana Untuk Konsumsi Bulanan

Anda bisa membagi pemasukan setiap bulan dalam rumus 50% dari penghasilan dialokasikan untuk kebutuhan hidup, 20% untuk tabungan, dan 30% untuk rekreasi.

Dengan asumsi 20% dana digunakan untuk menabung dan investasi, dana untuk konsumsi bulanan bisa dibagi menjadi beberapa pos.

Misalnya saja dana untuk sedekah atau berbagi 10%, dana untuk membeli makanan 20%, dana membayar sewa atau cicilan rumah 15%, dana untuk membeli pakaian 10%, dana untuk transportasi 10%, dana hiburan dan lain-lain 5%.

3. Gunakan Teknologi Perencanaan Keuangan

Generasi milenia dikenal sebagai jajaran yang melek teknologi. Saat ini perencanaan keuangan dapat dilakukan semudah menekan tombol di ujung jari Anda. 

Berbagai aplikasi finansial sekarang hadir dalam smartphone Anda, tinggal unduh dan lakukan semua perencanaan dalam genggaman tangan.

Seperti kalkulator finansial, teknologi tersebut akan membantu dan memungkinkan siapa saja untuk merencanakan keuangan dan memahami tujuan serta kebutuhan finansial sesuai profil kehidupan.

cara menghemat keuangan

4. Manfaatkan Kartu Kredit untuk Rencana Belanja

Generasi milenia biasanya selalu mengikuti dan up to date dengan tren terkini, dan berusaha mencari peluang bisnis dengan caranya sendiri. 

Mereka tidak segan untuk menguncurkan uang untuk belanja produk fashion atau kosmetik terbaru, gadget terpintar, otomotif teranyar, sewa jasa transportasi premium online, atau makan di cafe dan restoran kekinian.

Sehingga mereka perlu sebuah media pembayaran yang fleksibel dan banyak fitur unggulan. Salah satu kartu kredit yang hadir khusus untuk melengkapi generasi milenia menunjang semua kebutuhan adalah Kartu Kredit HSBC Visa Platinum, melengkapi hidup dengan beragam rewards dalam setiap transaksi.

Belanja fashion, makan di restoran, gadet terbaru semua dipenuhi dengan satu kartu. Nikmati penawaran redhot shopping di berbagai outlet ternama dan special privileges di lebih dari 25 brand fashion pada berbagai outlet. 

Selain itu dengan tambahan reward poin Anda akan menghemat belanja hingga 20%.

Menawarkan kemudahan dalam belanja dan berbagai hal bukan berarti Anda tidak cermat dalam menggunakan. Manfaatkanlah fitur yang benar-benar sesuai kebutuhan. Kartu kredit HSBC juga hadir dengan keuntungan apabila mengajukan kartu kredit melalui KreditGoGo.

Nikmati bonus voucher belanja senilai Rp 1 juta untuk berbagai brand fashion terkenal di MAP. Lengkapi gaya hidup Anda dengan kartu kredit visa platinum, ajukan sekarang di KreditGoGo!

Baca juga:
Kartu Kredit Gaya Hidup untuk Generasi Y
Pilihan Investasi untuk Kaum Muda

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama