Pengantin Baru? Simak Tips Keuangan Ini!

Masalah utama setelah menikah adalah keuangan. Anda pengantin baru tapi belum memiliki rencana untuk mengelola keuangan? Kami punya tipsnya untuk Anda.

Mengarungi bahtera rumah tangga tidaklah mudah. Apalagi soal mengelola keuangan bersama-sama. Kebiasaan mengelola keuangan saat masih single tentu berbeda dengan waktu Anda menikah. Sebab, menikah adalah bagaimana bisa menyatukan pola pikir dua insan yang berbeda latar belakangdan kepribadian. Yuk, simak tips keuangan bagi si pengantin baru.

Menetapkan Anggaran Bulanan

Anggaran bulanan bisa ditetapkan berdasarkan jumlah pendapatan suami dan istri. Tentukan berapa banyak anggaran yang bakal Anda pakai untuk berbagai keperluan rumah tangga seperti tagihan rumah, transportasi, makan hingga liburan. Pastikan bahwa Anda berdua menyisihkan sebagian untuk investasi. Tentukan juga berapa banyak kontribusi dari kedua belah pihak.

Tentukan Prioritas Utama

Setelah menikah, apa hal pertama yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan? Rumah atau mobilkah? Jika rumah yang Anda pilih, maka hal itu akan berpengaruh besar bagi anak-anak Anda kelak. Secara jangka panjang, memiliki rumah cenderung memperkuat ikatan keluarga. Namun, tidak ada salahnya jika Anda memilih mobil sebagai prioritas utama. Selain fungsional, mobil juga bisa dijadikan solusi saat Anda membutuhkan dana yang tidak sedikit, yakni melakukan pinjaman uang dengan jaminan BPKB mobil.

Melakukan Pinjaman Uang yang Tepat

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di kehidupan rumah tangga Anda. Tak jarang, sesuatu yang mendadak terjadi, seperti membutuhkan dana yang cukup besar untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak. Beberapa cara dilakukan oleh pasangan suami-istri untuk menutupi dan memenuhi kekurangan dana yang diperlukan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah melakukan pinjaman uang dengan menggadaikan BPKB mobil. Menggadaikan BPKB mobil adalah salah satu cara untuk mendapatkan pinjaman dana atau uang tunai. Pastikan Anda memilih tempat resmi sehingga keamanan dan agnunan (jaminan) Anda terjamin. Ada 2 tempat yang sering menjadi pilihan orang untuk menggadaikan BPKB mobil, yaitu bank dan lembaga pembiayaan (Multifinance).

Menabung untuk Masa Depan Anak

Jika Anda masih berpikir bahwa menabung untuk biaya sekolah anak-anak Anda adalah hal yang terlalu dini, pemikiran ini adalah salah. Jika suatu hari nanti ingin memiliki buah hati, bantulah diri Anda sendiri dan mulailah menabung untuk biaya sekolah anak Anda. Dengan menabung sejak dini, Anda akan sangat mengurangi tekanan untuk menabung di kemudian hari.

Menabung untuk Hari Tua

Kalimat ‘saat usia senja, Anda hanya perlu menikmati hidup’, sebaiknya perlu Anda terapkan kelak. Jika Anda berusia sekitar 20-an, Anda memiliki sekitar 40 tahun untuk menabung sebelum memasuki usia pensiun. Mulailah tabungan pensiun sedikit demi sedikit untuk hari tua Anda. Dengan begitu, masa tua Anda bersama pasangan akan indah.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama