Mengapa Anda Gagal Jadi Jutawan?

Bagi sebagian orang, menjadi kaya adalah akibat dari bentuk warisan yang datang dari orang tua. Namun sesungguhnya, menjadi kaya justru akibat dari seberapa keras kita bersungguh-sungguh dalam melakukan sesuatu,

mengapa anda gagal jadi jutawan?

Setiap kita diberi jatah waktu yang sama oleh Tuhan Sang Pencipta, yaitu 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu. Namun mengapa hasil jerih payah tiap orang berbeda? Ada yang tetap terpuruk dalam kemiskinan, lainnya bisa melejit kaya hanya dalam hitungan beberapa tahun saja. 


“Ah itu kan karena beda gelar pendidikannya, coba kalau aku juga mampu bersekolah setinggi dia..”, mungkin demikian sanggah beberapa orang. Padahal kita tahu bersama kalau gelar tidak menentukan kesuksesan seseorang. Coba hitung di luar sana, ada berapa banyak tokoh dunia/ masyarakat yang walau hanya lulusan SD namun bisa jadi jutawan, sementara yang ber-title sarjana masih sibuk ke sana-sini mencari pekerjaan tetap. Terbukti bahwa pendidikan atau gelar bukanlah alasan utamanya.

Jangan Jadikan Talenta dan Fisik Sebagai Penghalang 

Sanggahan lain adalah soal talenta atau kemampuan fisik tiap orang yang berbeda. Lagi-lagi kita melihat bahwa itupun bukanlah penghalang. Lihat saja Habibie kecil yang sukses di dunia online meski harus bersusah payah mengetik di atas kursi rodanya. 

Pihak lain percaya bahwa warisan keluargalah yang bisa membuat seseorang kaya. Namun, kalau tidak diolah dengan benar, warisan pun bisa habis bukan? Well, setelah mengamati dan merenungkan kehidupan beberapa rekan di lingkungan sendiri, saya mempelajari sebuah rahasia menarik tentang mengapa orang A berhasil menjadi jutawan, dan B gagal. Kuncinya sederhana saja, ketekunan sekaligus kecerdasan dalam mengelola uang yang didapat.
Berikut ilustrasi sederhananya:
1. Setelah mendapat gaji pertama, B segera merayakannya dengan berpesta bersama teman-temannya, sementara A mulai menyisihkan sedikit demi sedikit uangnya untuk diinvestasikan.
2. Saat ponsel dirasa sudah ketinggalan zaman, B dengan segera meluncur ke toko untuk membeli handphone baru, sementara A harus menahan diri memakai ponsel yang body-nya harus dikencangkan dengan karet gelang.
3. Ketika muncul produk sepatu baru, B tak segan merogoh kocek dalam-dalam untuk memperolehnya, sementara A sudah merelakan diri untuk tetap memakai sepatu lama, bahkan menjahit sendiri ujung sepatu bututnya yang terbuka.


Anda melihat perbedaan keduanya? Yang satu ‘tampil’ kaya sekarang (si B), namun A berencana untuk benar-benar kaya di masa mendatang. Ini jugalah yang merupakan alasan di balik ungkapan: “orang yang tampak seperti bos biasanya takkan pernah menjadi bos.” Perbedaan pola pikir dan keputusan dalam mengelola uanglah yang menjadikan keduanya memiliki peruntungan dan jalan hidup berbeda di masa depan.


Ini tentu tidak berarti bahwa kita harus selalu tampil melarat hanya agar bisa kaya di masa depan, namun lebih kepada bagaimana keputusan kita soal pembelanjaan uang. Sangat tidak mengapa bila sesekali kita membeli pakaian bagus, makanan enak, atau handphone canggih, namun pertanyaannya kembali ke dasar: apakah semua itu memang benar-benar perlu, ataukah sekedar untuk menaikkan gengsi di hadapan teman-teman? 


Betapa mahalnya harga sebuah gengsi yang dipertahankan. Jangan membiarkan gengsi mengimpit mati peluang kaya di masa depan. Gengsi tak memberi keuntungan apapun pada Anda, ia hanya membuat keuangan dan kesuksesan masa depan hancur berantakan. Sebab bukankah lebih baik dianggap miskin namun sebenarnya kaya, daripada disangka kaya padahal melarat tanpa tabungan? Tentu saja ini hanyalah perenungan, keputusan soal keuangan tetap ada di tangan Anda. You are what you decide. Good luck!

(Source image)

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!

  • Deny

    Setuju, karena manusia yang gengsi ga akan dapat apa2. Kan sebenernya Indonesia itu kaya, tongkat aja bisa jadi tanaman.

    Reply
    • pia

      Deal

      Reply
      • jilviv

        Bravoo

        Reply
        • adi

          Ya saya setujuuh

          Reply
          • mica

            *Siap 'buang' tampang bos, ambil peruntungannya saja

            Reply
            • nto

              Betapa mahalnya harga sebuah gengsi yang dipertahankan. >> Like it

              Reply
              • Mantapp :-D , memang kita mesti bijak dan tahu mana kebutuhan dan keinginan karena itu semangat menabung untuk hal yg tidak terduga kelak.

                Reply
                • @hendiyantozaki

                  Hiduplah sesuai dengan kemampuan kita, pilah mana yang kita perlukan mana yang tidak

                  Reply
                  • yen yen

                    good article ^^

                    Reply
                    • Dwi Ambarwati Santoso

                      Setuju bgt dah. Banyak bgt orang yang maunya keliatan kaya, tapi mereka gak mikirin masa depannya gmn :D

                      Reply
                      • susan wijanarko

                        Gagal itu awal dari keberhasilan..selalu berharap dan berharap dengan gagal kita harus banyak belajar dan berpikir positif.

                        Reply
                        • jamalcute`

                          Straight Up !!!

                          Reply
                          • warsito

                            Gengsi Tak kan membuahkan hasil apa apa!
                            Cuma buat kesenangan sementara saja
                            pandai- pandailah mengatur keuangan anda untuk masa depan yang lebih baik
                            Good Article

                            Reply
                            • nto

                              Tak penting terlihat kaya, yg penting kaya beneran nggak????

                              Reply
                              • hehe

                                Lumayan juga nih buat pertimbangan

                                Reply
                                • Ayu Tamara

                                  Setuju sama artikel ini! intinya kita ya harus pintar dalam memanage uang, bukan pintar ngabisin uang ^^

                                  Reply
                                  • pret

                                    Iyo, bener2 jgn cuma bisa ngabisin uang aja hahaha, tp jg kudu pinter nabung kalau mau kaya

                                    Reply
                                    • ryry

                                      jatah waktu sama, hasil berbeda, inilah alasannya

                                      Reply
                                      • vinco

                                        sekarang mending sepoh, drpd seneng tapi nantinya sepoh

                                        Reply
                                        • req

                                          ubah pemikiran = ubah peruntungan

                                          Reply
                                          • vin

                                            cakep

                                            Reply
                                            • dhita

                                              yg penting hindari utang juga deh, cukupkan diri dgn apa yg ada

                                              Reply
                                              • yuni

                                                seeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeppppppppppp ^^

                                                Reply
                                                • vic

                                                  ya ya ya saatnya perubahan pikiran kalau mau nasib dan masa depan berubah jugak

                                                  Reply
                                                  • pet

                                                    Sisihkan setiap bulan, lama2 ntar jadi bukit uangnya

                                                    Reply
                                                    • dha

                                                      siaaap

                                                      Reply
                                                      • ok

                                                        ya ya ya

                                                        Reply
                                                        • hend

                                                          gogogo jutawan

                                                          Reply
                                                          • minq

                                                            Rupawan banget nih artikelnya wkwkw

                                                            Reply
                                                            • kiki

                                                              acung jempol

                                                              Reply
                                                              • gusta

                                                                mantap

                                                                Reply
                                                                • winda

                                                                  #senggoljutawansemuanya

                                                                  Reply
                                                                  • hasan

                                                                    bahaya mmg kalau nggak bisa itung2 pengeluaran

                                                                    Reply
                                                                    • @UlaDjokam

                                                                      ya betul jadikan kekurangan dalam diri kita menjadi sebuah kelebihan yang luar biasa, thanks atas artikelnya karena bisa membangkitkan semangat hidup sya dan orang2 yang membacanya :).

                                                                      Reply
                                                                      • mega

                                                                        terima kasih kembali, thanks buat yg udah vote ya :)

                                                                        Reply
                                                                      • Sepri Kholishodin

                                                                        bagus

                                                                        Reply
                                                                        • Nabila

                                                                          setuju banget

                                                                          Reply