Memanfaatkan Pinjaman untuk Investasi, Apakah Menguntungkan?

Ingin pinjam uang untuk investasi? Sebelum Anda memanfaatkan KTA atau kredit multiguna untuk investasi, baca dulu artikel ini.

Seiring dengan menjamurnya perusahaan fintech di Indonesia, sekarang masyarakat sudah lebih paham mengenai pentingnya kesadaran finansial. KreditGoGo sebagai perusahaan fintech yang membantu masyarakat membandingkan berbagai produk finansial, asuransi, dan internet melihat ketertarikan masyarakat untuk berinvestasi kian meningkat. Apakah Anda salah satunya?

Bagaimana jika Anda ingin investasi tapi tidak punya cukup uang? Apakah mengajukan pinjaman seperti KTA dan kredit multiguna untuk investasi menguntungkan? Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memanfaatkan pinjaman untuk investasi:

Tentukan Jenis Investasi yang Sesuai dengan Anda

Ada berbagai macam investasi, seperti emas batangan, reksa dana, saham, deposito, dan properti. Tidak semua investasi menghasilkan keuntungan dengan cepat, seperti emas batangan, reksa dana dan deposito. Pinjaman KTA untuk investasi-investasi tersebut kurang tepat karena tenor waktu pinjaman pendek, sementara Anda baru dapat meraup untung setelah satu tahun atau lebih.

Jika Anda sangat mahir bermain saham, memanfaatkan pinjaman seperti KTA atau kredit multiguna untuk investasi akan membuahkan keuntungan. Selain itu, memanfaatkan pinjaman untuk membeli properti yang akan Anda sewakan kembali juga dapat membuahkan keuntungan. Kuncinya adalah mempertimbangkan apakah Anda sanggup membayar cicilan serta meraih keuntungan dari investasi Anda.

Perhatikan Kondisi Pasar Sebelum Pinjam Uang

Sering-seringlah mengecek kondisi pasar apakah harga emas, saham atau properti sedang turun. Bagi Anda yang sudah menentukan jenis investasi yang diinginkan, membeli saham saat harga sedang rendah tentu lebih menguntungkan. Misalnya, Anda memanfaatkan pinjaman untuk menambah jumlah saham reksa dana, maka jumlah unit yang Anda dapat akan lebih banyak dibandingkan saat harga saham tersebut naik.

Baca juga: Panduan Terlengkap untuk Mengajukan Pinjaman

Perhatikan Bunga Pinjaman

Sebelum pinjam uang, perhatikan dulu bunga KTA atau kredit multiguna tersebut. Selain harus membayar cicilan, Anda juga harus membayar bunga yang telah ditetapkan serta masih harus menunggu hingga investasi Anda membawa keuntungan.

Meskipun begitu, bagi Anda yang ingin investasi emas batangan dengan uang pinjaman lebih baik memanfaatkan kartu kredit dengan fitur cicilan 0%. Biasanya, pihak bank akan membebaskan Anda dari bunga jika dapat melunasi cicilan dalam kurun waktu yang telah ditetapkan.

Manfaatkan Pinjaman Sebagai Dana Tambahan Investasi

Pinjam uang untuk keperluan investasi beresiko mendatangkan kerugian, karena itu sebaiknya investasi Anda tidak bersumber dari pinjaman semata-mata. Gunakan juga sebagian uang milik Anda untuk berinvestasi sehingga Anda tidak perlu pinjam uang dalam jumlah besar. Misalnya, investasi Anda berasal dari 70% uang peribadi dan 30% uang pinjaman. Dengan begini, cicilan yang harus Anda bayar menjadi lebih ringan.

Baca juga: Ramai Penipuan Berkedok Pinjaman Online, Kenali Ciri-cirinya!

Pinjam Uang dari Instansi Resmi

Ada kalanya harga saham atau properti tiba-tiba turun sehingga Anda membutuhkan pinjaman uang cepat untuk investasi. Hati-hati, ajukanlah KTA atau kredit multiguna dari instansi resmi yang terpercaya seperti bank dan fintech P2P lending yang telah diakui oleh OJK. Pinjaman dari sumber yang mencurigakan biasanya memiliki bunga yang sangat tinggi atau bertujuan menipu.

Selagi Anda mengerti jenis investasi dan ketentuan pinjaman yang Anda inginkan, tidak perlu ragu memanfaatkan KTA atau kredit multiguna untuk investasi. Pinjam uang untuk investasi justru bisa membantu kondisi finansial Anda di masa depan, seperti menghadapi inflasi dan sebagai dana pensiun. Semakin cepat Anda berinvestasi, semakin besar keuntungan yang akan Anda raih nantinya. 

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama