Melunasi Utang ketika Nasabah Meninggal, Bagaimana Caranya?

Ketika debitur meninggal dunia sebelum sisa utang dilunasi apa yang akan terjadi? Apakah sisa utang tersebut harus dilunasi atau dianggap lunas oleh bank?

Kecelakaan atau musibah yang menyebabkan nasabah meninggal akan menyisakan utang pinjaman yang harus dibayarkan. Dalam suatu perikatan utang piutang, pada prinsipnya utang tersebut harus dilunasi oleh debitur.

Jadi ketika debitur meninggal dan masih menyisakan utang, apa yang harus dilakukan? Jika utang tersebut sedikit tidaklah menjadi beban yang berat, tapi jika dalam jumlah banyak pastilah akan membenani ahli waris.

Karena adanya risiko seperti itu bank menyertakan asuransi pada setiap pinjaman atau kredit yang dikeluarkan mereka. Dengan adanya asuransi itu ahli waris bisa terbebas dari tunggakan utang jika debitur meninggal dunia.

Namun, jika debitur tidak menyertakan asuransi pada pinjaman atau kredit mereka maka apabila debitur kemudian meninggal sebelum dilunasinya utang tersebut, maka utang tersebut dapat diwariskan kepada ahli warisnya untuk dilunasi.

Apa Itu Asuransi Pinjaman/Kredit?

Asuransi kredit antara lain diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan RI No. 124/PMK.010/2008 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Lini Usaha Asuransi Kredit dan Suretyship (“PMK 124/2008”). Pasal 1 angka 2 PMK 124/2008 tersebut menyatakan:

“Asuransi Kredit adalah lini usaha asuransi umum yang memberikan jaminan pemenuhan kewajiban finansial penerima kredit apabila penerima kredit tidak mampu memenuhi kewajibannya sesuai dengan perjanjian kredit”

Asuransi ini dikenal dengan istilah asuransi jiwa kredit (credit life insurance). Asuransi ini termasuk dalam lingkungan asuransi jiwa dalam bentuk perlindungan kepada debitur terhadap risiko macetnya pelunasan sisa pinjaman.

Asuransi jiwa kredit meng-cover ketidakmampuan debitur dalam melunasi sisa pinjaman akibat risiko meninggal dunia, mekanisme asuransi berjalan pada saat debitur meninggal dunia. Jadi peran asuransi ini dapat meringankan beban ahli waris ketika debitur tersebut meninggal, sisa utang yang belum dibayarkan akan dianggap lunas.

Baca juga: Credit Shield Insurance, Solusi atau Beban Premi?

Besar Premi Asuransi

Asuransi kredit ini juga memiliki premi, tetapi ada juga beberapa bank yang menawarkan jenis asuransi tanpa premi apapun. Biasanya untuk utang jenis kartu kredit, nasabah akan ditawarkan fitur asuransi dengan membayar premi tiap bulan.

Sedangkan untuk jenis pinjaman pribadi, beberapa bank menerapkan jenis asuransi yang dibayar dimuka ketika awal pengajuan kredit atau dipotong dari jumlah pinjaman tersebut.

Jumlah premi biasanya beragam, masing-masing bank berbeda-beda dan biasanya tergantung pada:

1. Usia Debitur

Premi biasanya akan lebih tinggi untuk Anda yang berumur lebih tua atau mendekati masa pensiun dari pekerjaan Anda.

2. Jumlah Pinjaman

Jika jumlah pinjaman Anda tinggi, maka pembayaran premi juga akan lebih tinggi karena bank memiliki kewajiban yang lebih tinggi pada hal ini.

3. Lama Pinjaman

Jika periode pembayarannya lebih lama, premi yang harus dibayar juga biasanya akan lebih tinggi.

Nilai premi asuransi jiwa yang harus di bayar oleh nasabah biasanya relatif kecil sehingga tidak akan memberatkan nasabah.

Cara Melunasi Sisa Utang

Contohnya Ayah Anda memiliki pinjaman di sebuah bank kemudian suatu waktu mendapat musibah yang menyebabkan sang ayah meninggal dunia sebelum cicilan pinjaman tersebut lunas. Jadi Anda harus menerima sisa cicilan pinjaman untuk dilunasi, apa yang harus dilakukan?

Pertama ketahui dulu apakan pinjaman tersebut sudah disertai oleh asuransi, jika sudah disertakan maka Anda hanya perlu mengurus surat keterangan kematian dan surat ahli waris. Dengan demikian yang melunasi seluruh utang bila debitur meninggal adalah asuransi jiwa tersebut.

Sebaliknya, apabila ayah Anda tidak mengikuti asuransi kredit, itu artinya tagihan kartu kredit ataupun pinjaman tersebut tetap harus dibayar. Berdasar Pasal 833 ayat (1) KUHP Perdata menyatakan bahwa ahli waris dengan sendirinya memperoleh hak milik atas segala barang, piutang dan hak dari si pewaris.

Jadi yang beralih pada ahli waris bukan hanya harta dan hak saja, melainkan juga utang dan kewajiban. Untuk itu sisa cicilan pinjaman dialihkan ke ahli waris untuk melunasinya.

Manfaat dari Asuransi Pinjaman/Kredit

Berdasarkan penjelasan diatas tentunya Anda sudah paham dengan manfaat dari asuransi kredit ini. Pada dasarnya asuransi pinjaman atau kredit akan memberikan perlindungan pada tagihan kartu kredit ataupun sisa cicilan pinjaman.

Dengan adanya asuransi ini Anda akan mendapatkan perlindungan risiko keuangan pada nasabah dan keluarga, sehingga tidak akan mengganggu keadaan finansial ahli waris dari debitur yang meninggal dunia.

Baca juga: Inilah 5 Klaim Asuransi Paling Aneh

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!

  • iqbal

    sya ingin bertanya bagaimana jika klaim kpd asuransi ada sisa yg dari nilai tertanggung untuk mmbayar sisa kredit? apakah dikembalikan kepada asabah ataukah jadi milik bank? karna akadnya yg bersangkutan dengan pihak asurance.tksih

    Reply
    • siti

      Asuransi jiwa itu dr pihak bank. Atau dari pihak mobil nya?
      Saya lagi bingung. Karena suami saya 2 minggu lalu meninggal dunia, dan meninggalkan mobil yang masih ada angsurannya, saya tidak paham soal seperti ini.

      Reply
      • mila

        kalo menurut saya asuransi mobil itu adanya di pihak penjual mobilnya bu. ibu bisa hubungi pihak deler yang menjual mobil milik alm suami ibu agar segera di klim karna jika tida secepatnya bisa2 biaya penyetoran lebih besar karna sudah jatuh tempo. bank hanya sebagai pelantara menstarsfer uang dari rek suami ibu ke rek perusahan yang menjual mobil tersebut.

        Reply
        • khlik

          kalo sisa utangnya masih banyak dan ibu sudah tidak mampu membayarnya.lebih baik mibilnya di over kerdit keorang laen dan tidak usah ikut aturan maen pihak lesing.ibu jangan takut sama pihak lesing.

          Reply
        • Rendi

          Kenapa bank danamon memberikan pinjaman padahal usia debitur belum selesai asuransinya.asuransinya di tolak karna usia.mohon solusinya

          Reply
          • siti anisaj

            Saya bertanya,misal x surat kematian blm jadi apa ahli waris tetap membayar pinjaman

            Reply
            • Mardius

              Mengapa bank BRI meminta sejumlah uang dimuka saat saya menyelesaikan hutang sementara debitur telah meninggal dunia...?

              Reply
              • Ronald

                Seandainya saya melunasi sisa pinjaman kredit sebelum jatuh tempo, apakah biaya asuransi saya yang di potong ketika waktu akat kredit bisa di ambil kembali atau bagaimana?

                Reply
                • vina

                  Bagaimana jika ahli waris untuk melunasinya dgn uang sendiri utang debitur yg meninggal sedang kredit sudah ditanggung oleh asuransi,apakah tetap diterima atau tidak oleh pihak bank?

                  Reply
                  • KreditGoGo

                    Hi Vina, di sinilah peran Asuransi sangat membantu Anda dalam melunasi permasalahan utang. Anda tidak perlu lagi mengeluarkan dana pribadi jika terjadi hal yang tak terduga

                    Reply
                  • assalamualaikum..saya maubrtanya dan saya butuh pertolongan jawaban...ibu saya hutang pada sebuah bank sebesar 600jta rupiah.tentu ada asuransi jiwanya..,tiba2 ibu sy jatuh sakit...dsn telat bayar bank tp dalam jangka wktu 2 bulan bru bayar sblmnya lancar2 saja bayarnya baru waktu jatuh sakit ibu sy tlt2 bayar ...tiba2 piHak bank bilang asuransinya dicabut pdhl tdk ada perjsnjiam atau pemberitahuan trlebih dhulu klo telat bayat akan dicabut kami pun telat bayar paling lama cm 2 bulan saja...mohon pencerahanya terimakasih banyak

                    Reply
                    • KreditGoGo

                      Sebaiknya, Anda kembali mengecek buku polis yang diberikan oleh pihak asuransi. Pelajari dan pahami setiap poin yang tertulis dalam buku polis. Anda bisa melaporkan permasalahan ini kepada pihak asuransi jika memang ketentuan tersebut menyalahi aturan :)

                      Reply
                    • Ivan suldani

                      Ass... Tlong di brikan sy solusi... Papa sy brusan meningal di bulan 6 2017. Sblum mninggalnya almarhum ada bermohon krdit koran dan di acc oleh bank bri balut.... Dan krditnya 750 juta. Smntra bru bulan perma caair almrhum sd meninggal.. Dan sy tanya ke pihak bank bri bgmn apa ada asuransi jiwanya? Kta pihak bang tdk ada. Yg mnjadi asuransi wajib ialah asuransi kebakaran. Dan sktang ibu sy pusing krna untk mlanjutkan kredit. Krna msuk dlam ketgori kredit renteng.. Dengan tdk ada nya asuransi jiwa dr almarhum bgmn solusi untuk membayar kreditnya? Apa ada cra untuk mengholangkan sisa kreditnyA? Atw langkah2 apa spy sy bisa mndapatkan asuransi jiwa nya almarhu. Tlong ya.

                      Reply
                      • afif assyty

                        Tiap kredit pasti ada asuransinya karna yang di asuransikan bank adalah modal yang bank keluarkan untuk nasabah, jadi apabila terjadi musibah pada nasabah, pihak ahli waris bisa ajukan klim untuk pemutihan ke bank dan itu adalah hak nasabah karna polis asuransinya yang bayar adalah nasabah bukan bank

                        Reply
                        • afif assyty

                          Sekarang harus pintar2 bertanya karna banyak mafia berdasi di dalam bank

                          Reply
                          • yuli

                            selamat malam, saya mau bertanya, suami saya meminjam uang di bank sbesar 150.000.000 baru berjalan 2 tahun,suami saya mengalami kecelakaan dan meninggal dunia, saat peinjaman saya sudah membayar uang ansuransi tapi saya hanya menerima nota bukti pembayaran saja, dan tidak diberikan buku polis, saat pengurusan ke pihak bank tidak di terima, bagai mana solusinya, terimakasih

                            Reply
                            • Hori

                              Apakah ada sanksi pidana bagi Bank perkreditan rakyat yg memberikan pinjaman bagi nasabah yg sdh lanjut usia (69thn).ditambah lagi satu tahun kemudian debitur tsb meninggal dunia ,apakah ahli waris punya tg jwb utk melunasi,sementara pd saat meminjam usia debitur sdh tdk penuhi syarat,mhn pencerahan.tks

                              Reply
                              • Eko S

                                Adakah talangan sementara dari asuransi kepada nasabah KUR yang gagal mengangsur kredit. Talangan dari asuransi ditarik kembali ketika debitur akan melunasi.

                                Reply
                                • dayank

                                  Assalamualaikum.mhn ijin pak.sy mau tanya apakah nasabah setiap kredit di Bank punya asuransi jiwa..

                                  Reply
                                  • Ita

                                    Apakah aturan itu berlaku sama pada setiap bank?? Bagaimana bank Daerah??

                                    Reply
                                    • puindra irawan

                                      Setuju, karena sangat membantu wawasan pengetahuan masalah kredit.

                                      Reply
                                      • KreditGoGo

                                        Semoga infonya bermanfaat.. :)

                                        Reply